PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MADRASAH DINIYYAH TAKMILIYAH AWALIYAH DALAM MEMPERSIAPKAN PESERTA KALIGRAFI PORSADIN
Abstract
Abstrak: Masuknya kaligrafi pada Pekan Olah Raga dan Seni antar Diniyyah (Porsadin), mengharuskan MDTA memiliki guru yang mahir kaligrafi. Sementara guru MDTA Kota Solok belum memiliki keterampilan kaligrafi Porsadin. Tujuan pelatihan ini meningkatkan keterampilan guru dalam bidang kaligrafi, agar dapat membina peserta didiknya belajar kaligrafi yang dilombakan pada kegiatan Porsadin. Pelatihan ini dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan simulasi karya oleh peserta pelatihan. Mitra kegiatan ini guru MDTA Kota Solok sebanyak 20 orang. Untuk melihat pemahaman dan kepuasan peserta pelatihan dilakukan melalui google form. Hasil pelatihan ini dapat memberdayakan guru sebagai agen pembelajaran kaligrafi Porsadin pada MDTA yang mereka bina. Tahapan pelatihan yang dilakukan meliputi. (1) pemberian peralatan dan demonstrasi materi; (2) simulasi kaligrafi dan koreksi langsung (direct corection); serta (3) penugasan terbimbing. Kemampuan peserta menguasai teknis pembuatan kaligrafi Porsadin, diperoleh data 27% sangat setuju dan 73% mengatakan setuju, artinya rata-rata semua peserta memahami urutan kerja pembuatan kaligrafi Porsadin. Kemudian 87% peserta pelatihan dapat mengajarkan teknis kaligrafi Porsadin kepada peserta didiknya.
Abstract: The existence of the calligraphy branch on the annual agenda of the Sports and Arts Week between Diniyyah (Porsadin), requires MDTA to have teachers who are proficient in calligraphy. Meanwhile, MDTA teachers in Solok City do not yet have calligraphy skills for Porsadin. The purpose of this training is to improve the ability of teachers in the field of calligraphy, so that they can foster their students to learn calligraphy which is contested at Porsadin activities. This training was conducted using lecture, demonstration and simulation methods by the trainees. The partners of this activity are MDTA teachers in Solok city, who were selected as many as 20 people. To see the participants' understanding and satisfaction during the training, a Google form questionnaire was used. The results of this training can empower MDTA teachers as agents of calligraphy learning in the MDTAs they foster. The training stages include. (1) provision of materials and equipment; (2) calligraphy demonstration and direct correction; and (3) guided assignments. The ability of the participants to master the technique of making Porsadin calligraphy, obtained data 27% strongly agreed and 73% said they agreed, meaning that on average all participants understood the sequence of work for making Porsadin calligraphy. Furthermore, 87% of the trainees could teach the technique of Porsadin calligraphy to their students.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adi, S. P., Sukerta, P. M., Marianto, M. D., Hadi, S., & Safrudin, F. (2023). Workshop Mix Media Print (Cetak Tinggi dan Kolase Digital) Seni Kaligrafi Arab di The Park Mall Sukoharjo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 75–82.
Dewan Pengurus Pusat, F. K. D. T. (2022). Buku Petunjuk Teknis Pekan Olahraga Dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) Tingkat Nasional Ke V Tahun 2022. Dewan Pengurus Pusat Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (DPP FKDT).
Ferninaindis, N. K. W., Wirawan, I. K. A., & Santosa, H. (2020). Penerapan Konsep Warna Dingin Pada Tata Artistik Program Televisi Dunia Anak TVRI Bali. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(1), 40–47. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i1.715
Ginda, G. (2020). Pemberdayan Karakter Dan Pengembangan Skill Santri Melalui Pendidikan Khatil Qur, An. Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam Dan Pengembangan Masyarakat, 5(1), 1–18. http://dx.doi.org/10.24014/jmm.v5i1.10011
Huda, S., Funabiki, N., Kuribayashi, M., & Kao, W.-C. (2020). A proposal of calligraphy learning assistant system with letter portion practice function using projection mapping. International Journal of Web Information Systems, 16(2), 137–149. https://doi.org/10.1108/IJWIS-07-2019-0032
Ni’mah, K. (2019). Khat Dalam Menunjang Kemahiran Kitabah Bahasa Arab. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6(2), 263–284. https://doi.org/10.52166/dar el-ilmi.v6i2.1724
Pratami, F., Pulungan, N. H., & Hamdanil, H. (2022). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru MDTA Melalui Pelatihan Variasi Gaya Mengajar. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 10(2), 171–178. https://doi.org/10.15548/turast.v10i2.4072
Rahman, F. Y., Purnomo, I. I., Setiawan, A., & Karyadiputra, E. (2022). Pembelajaran Membuat Kaligrafi Menggunakan Software Kelk 2010 Pada Anak Didik Ula Di Pesantren Salafiyah Abnaul-Amin Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 8(2), 257–262. http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i2.5396
Setiawan, A. (2021). model pembelajaran khat AL-Qur’an berbasis cooperative learning pada pembinaan LPTQ di Sumatera Barat [UIN IMam Bonjol Padang]. https://doi.org/10.33367/ji.v12i3.3131
Shafira, A., Syaidah, A. M., Tamara, N. H., & Khatibah, K. (2021). Peran MDTA dalam Implementasi Pendidikan Agama Islam pada Masa Covid-19 di Yayasan Al Yahdi Kelurahan Tanjung Gusta Kec. Medan Helvetia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1993
Sugianto, A., Riyanto, R., & Tajab, M. (2022). Pelatihan Menulis Seni Kaligrafi Bagi Guru Taman Pendidikan Al Qur’an. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3551–3560. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10020
Tabroni, I., & Mukti, S. (2022). The Role The Diniyah Takmilyah Madrasah In Developing Character Learners. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 501–508. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10020
Tracy, S. J. (2019). Qualitative research methods: Collecting evidence, crafting analysis, communicating impact. John Wiley & Sons.
Wahyuni, D., & Dinaloni, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Kaliserayu Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Remaja Desa Catak Gayam Jombang. J-Abdipamas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), Vol. 5(No. 2), 189–197.
Wibowo, M. C. (2022). Teknik Desain Realis dan Tata Warna. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–167.
Zulkifli, Z., Zulkarnainsyah, Z., & Kencana, R. (2022). Pendampingan Latihan Seni Menulis Kaligrafi bagi Santri Pondok Pesantren Baqiyatussa’adiyah di Sanggar Assifa Kabupaten Indragiri Hilir. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 88–95. https://doi.org/10.46963/ams.v3i2.684
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.19861
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Alfurqan, Syafei, Rahmi Wiza, Ardi Satrial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: