PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Darmawati Darmawati, Evi Suryawati, Yustina Yustina, Irda Sayuti, Darmadi Darmadi, Arnentis Arnentis, Diah Anugrah Dipuja

Abstract


Abstrak: Analisis situasi pada guru-guru biologi SMA yang bergabung di MGMP kota Dumai menunjukkan masih sulit menerapkan model pembelajaran pada kurikulum Merdeka. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran pada kurikulum merdeka. Mitra pengabdian ini yaitu MGMP biologi SMA di kota Dumai yang terdiri dari 11 orang guru. Kegiatan terdiri dari (1) Persiapan; (2) Pelaksanaan; dan (3) Evaluasi. Untuk mengukur ketercapaian tujuan kegiatan yang dilakukan digunakan instrumen soal pretest dan posttest masing-masing 10 soal. Berdasarkan hasil yang diperoleh terjadi peningkatan nilai rerata pretest yang awalnya 45.45 meningkat menjadi 83.64 dengan nilai N Gain 0.70 (tinggi). Pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru biologi SMA yang bergabung di MGMP kota Dumai dalam menerapkan model pembelajaran pada kurikulum merdeka.

Abstract: An analysis of the situation for high school biology teachers who joined the Dumai City MGMP showed that it was still difficult to implement the learning model of Merdeka curriculum. This service activity aimed to increase teachers' knowledge and skills in implementing learning models in the Merdeka curriculum. This submission partner was the MGMP Biology High School in the Dumai city which consisted of 11 teachers. The activities consisted of (1) Preparation; (2) Implementation; and (3) Evaluation. To measure the objectives achievement of the activities carried out, pretest and post est question instruments were used. Based on the results obtained, there was an increase in the average pretest score, which was initially 45.45, increasing to 83.64 with an N Gain value of 0.70 (high). This submission could be concluded that training activities could improve the knowledge and skills of high school biology teachers who join the Dumai City MGMP in implementing the learning model in the Merdeka curriculum.

 


Keywords


Teacher Competency; Merdeka Curriculum; Learning Model; Training.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Azhari, N. S., Simangunsong, H. H., Hrp, I. A. A., Afdilani, N. A., & Tanjung, I. F. (2022). Penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 SMA N 2 Percut Sei Tuan pada Materi Gen. Jurnal PTK dan Pendidikan, 8 (2), 107-115. https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.6806

Azizah, D. N., Irwandi, D., & Saridewi, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 11 (1), 12-18. https://doi.org/10.21009/JRPK.111.03

Gunawan, A. R., Hikmawati, H., Gunada, I. W., & Susilawati, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Kappa Journal, 5 (2), 166-173. https://doi.org/10.29408/kpj.v5i2.3973

Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12 (1). https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.9497

Jirana, J., Nur, S., Damayanti, M., & Wijaya, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Artikel Populer terhadap Literasi Sains Peserta Didik di SMA Negeri 1 Mamasa. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 5 (2). 287-295. https://doi.org/10.36339/jhest.v5i2.111

Juwati, J., Satinem, S., & Nugroho, A. (2021). Sosialisasi Model Pembelajaran Inovatif bagi Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Cemerlang : Pengabdian Pada Masyarakat, 4 (1), 88-97. https://doi.org/10.31540/jpm.v4i1.1424

Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. In Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1), 1-17. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Mayasari, A., Arifudin, O., Juliawati, E., & Sabili Bandung, S. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran, 3 (2), 167-175. Jurnal Tahsinia, https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Nugraha, M. I., Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar , 1 (2), Pinisi Journal Of Education. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25908/13090

Nugrohadi, S., & Anwar, T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. 16 (1), 77–80. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.11953

Pajriah, S., & Suryana, A. (2023). Pendampingan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Dokdak bagi Guru di SMAN 1 Baregbeg Kabupaten Ciamis. Abdimas Galuh, 5 (2). 1545-1552. https://doi.org/10.25157/ag.v5i2.11670

Paramita, D. L., Baity, N., & Andari, T. (2023). Peningkatan Kreativitas Melalui Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran IPA. Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13 (1), 89-100. https://doi.org/10.30736/rf.v13i1.807

Prijowuntato, S. W., Suratno, I. B., & Astuti, C. W. R. (2023). Penguatan Pembelajaran Berbasis PJBL dan PBL Pada Guru-Guru di Yayasan Insan Mandiri Denpasar. Share: Journal of Service Learning, 9 (1), 1-6. https://doi.org/10.9744/share.9.1.1-6

Shamdas, G., Bialangi, M., & Buntu, A. (2022). Penyuluhan dan Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Lesson Study pada Guru SMP di Palu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4 (1). 86-93 https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4659

Wulan, O., & Taufina, D. (2020). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). 4 (10), 98-107. http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd98

Yulmi, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan guru dalam Menyusun Kelengkapan Mengajar Melalui In-House Training. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6 (1), 136-141. https://doi.org/10.29210/02823jpgi0005




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Darmawati, Evi Suryawati, Yustina, Irda Sayuti, Darmadi, Arnentis, Diah Anugrah Dipuja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: