PENGUATAN LITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR

Hariyanti Hariyanti, Gigieh Cahya Permady, Saepudin Kartasasmita, Irma Irayanti, Anif Istianah

Abstract


Abstrak: Kegiatan PKM ini penting dilakukan karena mitra membutuhkan penguatan pada sisi literasi. Saat pelaksanaan observasi ditemukan beberapa masalah seputar literasi seperti adanya peserta didik kelas tinggi yang belum lancar membaca serta minimnya kunjungan peserta didik ke perpustakaan. Mitra dari pengabdian ini adalah kepala sekolah, majelis guru, peserta didik SDN 011 Bukit Kapur Kota Dumai dan 5 orang mahasiswa kampus mengajar Angkatan 6, serta dilaksanakan dari bulan Agustus-November 2023. Adapun kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim sebagai berikut: (1) private membaca bagi peserta didik kelas rendah maupun kelas tinggi yang belum lancar membaca; (2) pembuatan poster, dengan beragam tema mengunakan bahan yang didaur ulang; (3) mengaktifkan madding sekolah untuk memancing kreatifitas peserta didik; (4) rutinitas membaca buku di perpustakaan; (5) membuat pojok literasi di perpustakaan dan di setiap ruang kelas; (6) pembiasaan kata Ajaib; (7)private belajar di rumah; (8) mengadakan festival literasi di sekolah. Untuk mengukur keefektifan kegiatan pengabdian dilakukan posttest dan pretest literasi pada kelas 5, Dimana hasilnya menunjukkan bahwa pengetahuan literasi peserta didik meningkat dari angka 69% menjadi 76%.

Abstract: This PKM activity is important because partners need strengthening on the literacy side. During the observation, several problems related to literacy were found, such as the presence of high class students who were not yet fluent in reading and the lack of student visits to the library. The partners for this service are the principal, teacher council, students of SDN 011 Bukit Kapur, Dumai City and 5 students from the 6th teaching campus, and will be held from August-November 2023. The service activities carried out by the team are as follows: (1) private reading for low class and high class students who are not yet fluent in reading; (2) making posters, with various themes using recycled materials; (3) activating school madding to stimulate students' creativity; (4) routine reading books in the library; (5) create a literacy corner in the library and in every classroom; (6) Magic word familiarization; (7) private study at home; (8) holding a literacy festival at school. To measure the effectiveness of service activities, a literacy posttest and pretest were carried out in class 5, where the results showed that students' literacy knowledge increased from 69% to 76%.


Keywords


Strengthening Literacy; Students, Teaching Campus, Elementary School.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Fahmi, A. R., Nopianti, H., Bengkulu, U., Dasar, S., & Mengajar, K. (2021). Pendampingan Mahasiswa Dalam Kegiatan Program. Applicable Innovation of Engineering, XIII, 27–28.

Hariyanti, Gigieh Cahya Permady, irma irayanti, filma alia sari, anif istianah, lisa retnasari. (2023). Campus teaching: an effort to enhance the primary education quality in remote area. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(2), 122–138. http://www.journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/article/view/5145/2596

hariyanti, gigieh cahya permady, saefudin kartasasmita, film alia sari, Al Rafni, S. (n.d.). Kampus mengajar angkatan 4 dan peningkatan literasi numerasi peserta didik berkebutuhan khusus. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(2), 1482–1496.

Hariyanti, dadang sundawa. (2023). Penguatan pendidikan karakter melalui program kampus mengajar di sekolah dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 08(02), 29–42.

Jamaludin, S. N. A. S., & , Sunarto Amus, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709.

Khotimah, N. R., Riswanto, & Udayati. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Di Sd Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan. Sinar Sang Surya ( Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ), 5(2), 194–204.

Lestari, S., & Fatonah, K. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438.

Mengajar, T. P. K. (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023.

Mengajar, T. program kampus. (2022). buku panduan kampus mengajar angkatan 4. In kementerian pendidikan kebudayaan, riset dan teknologi.

Net, W. W. W. P., Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The Impact of “ Kampus Mengajar MBKM Program ” on Students ’ Social Skills. 12(3), 220–225. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23

Pardede, S. D., Pardede, S., & Siregar, H. A. (2022). Analisis Kegiatan Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 4(4), 5422–5431.

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667

Satyahadewi, N., Amir, A., Ashari, A. M., Apindiati, R. K., & Hartanti, L. (2022). Penguatan Literasi Numerasi dan Adaptasi Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 622–628. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.962

Thanzani, A. (2022). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar di Daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan). PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan …, 213–222. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/scfp/article/view/742

Waldi, A., Putri, N. M., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi , Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. 5(3), 284–292.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hariyanti, Gigieh Cahya Permady, Saepudin Kartasasmita, Irma Irayanti, Anif Istianah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: