PENINGKATAN MUTU, KEMASAN, DAN DIGITAL MARKETING PADA UKM KERIPIK PISANG DALAM UPAYA KEBANGKITAN EKONOMI PASCA PANDEMIK

Rossi Indiarto, Muhammad Fedryansyah, Edy Subroto

Abstract


Abstrak: Pasca pandemik COVID–19 menuntut pelaku usaha kecil menengah (UKM) pangan untuk bangkit kembali, termasuk pada UKM Marin keripik pisang sebagai mitra utama. Namun yang menjadi permasalahan adalah kualitas produk tidak konsisten, kurang informasi dalam label kemasan, dan aspek pemasaran. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan ketrampilan mitra dalam memproduksi keripik pisang yang efektif dan efisien melalui praktik dan modernisasi mesin pengolahan keripik pisang, meningkatkan daya saing produk melalui labelisasi nutrition facts, dan meningkatkan pengetahuan mitra melalui pelatihan digital marketing, standar pangan untuk ekspor dan penguatan kelembagaan. Metode yang digunakan meliputi wawancara, praktik teknologi tepat guna dan pelatihan tentang digital marketing, standar pangan untuk ekspor dan penguatan kelembagaan yang diikuti 10 pelaku UKM pangan di sekitar Bandung. Hasil yang dicapai menunjukkan terjadi peningkatan ketrampilan mitra dalam mengolah pisang secara efektif dan efisien yang ditunjukkan penurunan lama waktu pemotongan pisang, penirisan minyak, dan pencampuran ingredien masing-masing hingga 87,5%, 96,7%, dan 90,0%. Sedangkan kapasitas bahan baku dan keripik pisang yang dihasilkan mengalami peningkatan masing–masing 66,7% dan 50,0%. Penggunaan continuous sealer dan labelisasi nutrition facts pada kemasan keripik pisang meningkatkan omset penjualan hingga 50,0%. Peserta pelatihan UKM pangan, 100% menyatakan sangat puas terhadap kegiatan ini karena meningkatkan pengetahuan yang baru dan bermanfaat sehingga perlu diadakan kembali pelatihan lanjutan.

Abstract: After the COVID-19 pandemic, small and medium food enterprises (SMEs) are required to revive themselves, including Marin SMEs and banana chips as the main partners. However, the problems are inconsistent product quality, lack of information on packaging labels, and marketing aspects. This activity aims to improve partner skills to produce effective and efficient banana chips through the practice and modernization of banana chip processing machines, increase product competitiveness through labeling nutrition facts, and increase partner knowledge through digital marketing training, food standards for export, and institutional strengthening. The methods used included interviews, appropriate technology practices and training on digital marketing, food standards for export, and institutional strengthening, which were attended by ten food SMEs around Bandung. The results achieved show an increase in partners' skills in processing bananas effectively and efficiently, as indicated by a reduction in the length of time for cutting bananas, draining oil, and mixing ingredients by up to 87.5%, 96.7%, and 90.0%, respectively. The capacity of raw materials and banana chips produced also increased by 66.7% and 50.0%, respectively. The use of continuous sealer and nutrition facts labeling on banana chip packaging increases sales turnover by up to 50.0%. The 100% of the training participants from Food UKM stated that they were very satisfied with this activity because it increased new and useful knowledge, so further training was needed.

 


Keywords


Quality Improvement; Digital Marketing; Banana Chips; Packaging; SMEs.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk. Sosio E-Kons, 10(1), 20–27.

Herawati, E. R. N., Nurhayati, R., & Angwar, M. (2017). Pendugaan Umur Simpan Keripik Pisang Salut Cokelat “Purbarasa” Kemasan Polipropilen Berdasarkan Angka Tba Dengan Metode Aslt Model Arrhenius. Reaktor, 17(3), 118. https://doi.org/10.14710/reaktor.17.3.118-125

Hussain, S., ali, S., Noreen, A., & Fayaz Ahmad, S. (2015). Impact of Product Packaging on Consumer Perception and Purchase Intention. Journal of Marketing and Consumer Research, 10(2011), 3–9. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JMCR/article/view/21725

Ihromi, S., Marianah, & Nurhayati. (2020). IbM Inovasi Teknologi Olahan Berbasis Pisang Untuk Pemberdayaan Ekonomi Wanita Tani Di Sekitar Hutan Lindung Sesaot Desa Pakuan Kecamatan Narmada. Jurnal Agro Dedikasi Masyarakat, 1(1), 30–36.

Ikrima, I. R., Giriwono, P. E., & Rahayu, W. P. (2023). Pemahaman dan Penerimaan Label Gizi Front of Pack Produk Snack oleh Siswa SMA di Depok. Jurnal Mutu Pangan : Indonesian Journal of Food Quality, 10(1), 42–53. https://doi.org/10.29244/jmpi.2023.10.1.42

Jain, V., & Gupta, K. (2004). Food and Nutritional Analysis - Overview. In P. Worsfold, A. Townshend, & C. B. T.-E. of A. S. (Second E. Poole (Eds.), Encyclopedia of Analytical Science: Second Edition (pp. 202–211). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B0-12-369397-7/00175-8

Kamil, I., Ady Bakri, A., Salingkat, S., & Pabisangan Tahirs, J. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce UMKM Assistance through the Utilization of Digital Marketing on the e-Commerce Platform. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 517–526. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.2782

Kramer, A., & Twigg, B. A. (2017). Quality Control For The Food Industry Fundamentals & Applications (3rd Editio). Medtech.

Lanamana, W., Djou, L. D. G., Pande, Y., & Fowo, K. Y. (2022). Pendampingan UMKM Penjual Kripik Kremes Dan Wingko Untuk Meningkatkan Penjualan Melalui Merk, Label Dan Kemasan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3589–3601. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10046

Makarawung, V., Pangemanan, P. A., & Pakasi, C. B. D. (2017). Analisis Nilai Tambah Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang pada Industri Rumah Tangga di Desa Dimembe Kecamatan Dimembe. Agri-SosioEkonomi Unsrat, 13(2A), 83–90.

Manikantan, M. R., Sharma, R., Kasturi, R., & Varadharaju, N. (2014). Storage stability of banana chips in polypropylene based nanocomposite packaging films. Journal of Food Science and Technology, 51(11), 2990–3001. https://doi.org/10.1007/s13197-012-0839-0

Mufti, M., Santoso, E., & Maulana, M. S. (2020). Penyuluhan Mesin Peniris Minyak Keripik Pisang. Share: Journal of Service Learning, 6(2), 76–80. https://doi.org/10.9744/share.6.2.76-80

Patel AD, D. A. (2015). Stainless Steel for Dairy and Food Industry: A Review. Journal of Material Science & Engineering, 04(05), 10–13. https://doi.org/10.4172/2169-0022.1000191

Risma Dewi, P., Trisna Darmayanti, L. P., & Nocianitri, K. A. (2022). Pengaruh Jenis Kemasan Terhadap Karakteristik Cookies Ampas Tahu Selama Penyimpanan. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan (ITEPA), 11(2), 261. https://doi.org/10.24843/itepa.2022.v11.i02.p08

Subroto, E., Ernah, & Indiarto, R. (2023). Peningkatan mutu, produksi, dan daya saing ukm olahan pisang dan singkong dalam upaya kebangkitan UKM pasca pandemi. Jurnal Agro Dedikasi Masyarakat (JADM), 4(1), 1–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jadm

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rossi Indiarto, Muhammad Fedryansyah, Edy Subroto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: