PENGUATAN MODEL KOMUNIKASI INTERAKSIONAL GURU SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KELEKATAN PELAJAR DENGAN GURU DI TADIKA AL-FIKH ORCHARD

Mavianti Mavianti, Nurul Zahriani JF, Rizka Harfiani

Abstract


Abstrak: Penguasaan terhadap model komunikasi interaksional akan memberikan dampak dalam proses interaksi yang dilakukan. Begitu juga dalam proses pembelajaran khususnya dengan anak usia dini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan softskill guru terkait model komunikasi interaksional sebagai upaya meningkatkan kelekatan pelajar dengan guru di Tadika Al-Fikh Orchard. Sehingga akan memberikan dampak baik bagi efektifnya proses pembelajaran di sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan beberapa tahap yaitu tahap persiapan program, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 50 orang baik secara luring dan daring. Setelah pemaparan materi dilakukan diskusi dan tanya jawab serta pengisian kuisioner oleh peserta untuk mengetahui kebermanfaatan kegiatan yang dilakukan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa 90% peserta mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan yang dilakukan sedangkan 10% masuk kategori kurang sebagai dampak ketidakstabilan jaringan internet.

Abstract: Mastery of the interactional communication model will have an impact on the interaction process carried out. Likewise in the learning process, especially with young children. This activity aims to improve teachers' soft skills related to interactional communication models as an effort to increase student attachment to teachers at Tadika Al-Fikh Orchard. So it will have a good impact on the effectiveness of the learning process at school. The method of implementing this activity is carried out in several stages, namely the program preparation stage, implementation stage and evaluation stage. There were 50 participants who took part in the activity both offline and online. After the presentation of the material, there waas a discussion and question and answer session as well as filling out a questionnaire by the participants to determine the usefulness of the activities carried out. The results of this activity show that 90% of participants got a lot of benefits from the activities carried out while 10% were in the less category as a result of internet network instability.


Keywords


Reinforcement; Interactive Communication; Clumsiness; Students and Teachers; Kindergarten.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Bahri, H. (2018). Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini. Nuansa: Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 11(1), 48–57. https://doi.org/10.29300/nuansa.v11i1.1356

Ismaya, Ismaya, Elihami, Elihami, Chabir Galib, A. A. (2022). Pendidikan Literasi: Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Komunikasi Yang Efektif. Edumaspul: Jurnal Pendidikanurnal Pendidikan, 6(1), 1148–1153. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1

Khadijah, K. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i3.401

Mavianti Mavianti, R. H. (2020). The Role Of Hots Learning As An Effort To Improve Critical Thinking On Students In Communication Science Reviews. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 217–225.

Mulyana, D. (2019). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Ni’mah, K. (2018). Pola Komunikasi Keluarga dan Pengasuhan Ramah Anak Sebagai Upaya Membentuk Kepribadian Anak. Komunika : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 23–41. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/komunika.v12i1.1326

Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi Dalam Perspektif Teori Dan Praktik. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=U8hcDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=komunikasi+interaksional+guru+kelekatan+anak&ots=RvlGkt3ur6&sig=yCV8o9cbTsMmP6dp08pLBC5uY5I

Rakhmawati, F. Y. (2021). Komunikasi Ibu Bekerja Dalam Membangun Kelekatan Dengan Anak. Tuturlogi: Journal of Southeast Asian Communication, 2(2), 89–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2021.002.02.1

Sarnoto, A. Z. (2022). Komunikasi Efektif pada ‘Anak Usia Dini dalam Keluarga Menurut Al-Qur’an. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2359–2369. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1829

Skinner, B. F. (2013). Ilmu Pengetahuan Dan Perilaku Manusia. Pustaka Pelajar.

Usman, M. (2015). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. CV. Budi Utama.

Vava Imam Agus, F. (2019). Impementasi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Rumah Citta Yogyakarta. Al-Qalam: Jurnal Kependidikan, 20(1), 1–20.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92–111. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v1i1




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mavianti Mavianti, Nurul Zahriani JF, Rizka Harfiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: