PENINGKATAN KAPASITAS GURU PAUD ‘AISYIYAH DALAM MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI

Irdawati Irdawati, Nadia Nur Imani, Adelia Citra Wardani, Kurniawan Dwi Anggoro

Abstract


Abstrak: Guru TK perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini. Banyak guru di TK kurang memahami tentang cara mendeteksi dan menginterprestasikan tumbuh kembang anak usia dini. Dengan memahami keterbatasan- keterbatasan program sekolah, penting bagi pihak terkait untuk bekerja sama dalam memberikan dukungan, sumber daya, dan pelatihan yang diperlukan untuk membantu guru-guru TK Aisyiyah meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru TK ‘Aisyiyah tentang pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dan pentingnya melakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengetahui adanya keterlambatan maupun kelainan sejak dini. Metode pelaksanaan kegiatan terdapat pengenalan kepada guru TK, pelatihan pemeriksaan tumbuh kembang anak, pendampingan kepada guru TK dan diakhiri dengan tahap evaluasi mendampingi guru TK dalam pengisisan buku monitoring secara mandiri. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah guru TK ‘Aisyiyah Gumpang 1, TK ‘Aisyiyah Ngadirejo 2, dan TK ‘Aisyiyah Ngadirejo 3. Hasil dari kegiatan tersebut kapasitas guru TK meningkat dalam melakukan pemeriksaan tumbuh kembang anak dan deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Dengan diberikan kegiatan ini guru TK dapat menerapkan program berkelanjutan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini di TK ‘Aisyiyah Gumpang 1, TK ‘Aisyiyah Ngadirejo 2, dan TK ‘Aisyiyah Ngadirejo 3.


Abstract: Kindergarten teachers need to have adequate knowledge and skills in optimizing the growth and development of early childhood. Many kindergarten teachers do not understand how to detect and interpret early childhood growth and development. By understanding the limitations of the school program, it is important for related parties to work together to provide the support, resources and training needed to help Aisyiyah Kindergarten teachers improve the quality of the education they provide. This training activity aims to increase the knowledge of 'Aisyiyah Kindergarten teachers about the growth and development of early childhood and the importance of carrying out regular checks to detect any delays or abnormalities from an early age. The method of implementing the activities includes introduction to kindergarten teachers, training in examining children's growth and development, mentoring to kindergarten teachers and ending with the evaluation stage of accompanying kindergarten teachers in filling out monitoring books independently. The partners involved in this activity were teachers from Kindergarten 'Aisyiyah Gumpang 1, Kindergarten 'Aisyiyah Ngadirejo 2, and Kindergarten 'Aisyiyah Ngadirejo 3. As a result of this activity, the capacity of kindergarten teachers increased in conducting child growth and development checks and early detection of growth and development disorders. By providing this activity, kindergarten teachers can implement sustainable programs to optimize the growth and development of early childhood children at 'Aisyiyah Gumpang 1 Kindergarten, 'Aisyiyah Ngadirejo 2 Kindergarten, and 'Aisyiyah Ngadirejo 3 Kindergarten.




Keywords


Early Childhood; Preschool Teacher; Growth and Development.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Cumayunaro, A., Dephinto, Y., & Herien, Y. (2020). Pendidikan Kesehatan dengan Media Booklet Terhadap Perilaku Ibu dalam Melakukan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) pada Anak. NERS: Jurnal Keperawatan, 16(1), 18–26.

Dewi, L. M., Tegar, M., Aji, D., Briliana, F. C., Rahmah, M., Bekti, H. S., Mukti, G. E., & Ningtiyas, D. A. (2022). Skrining Tumbuh Kembang Anak pada Siswa KB Intan Permata Aisyiyah Makamhaji. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(1), 51–57.

Dianita, E. R. (2020). Sterotip Gender Dalam Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(2), 498–509. https://doi.org/10.1108/IJEM-02-2013-0024

Jamil, M. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Dengan Praktik Pencegahan Cedera Pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Surya, 12(1), 16–25. https://doi.org/10.38040/js.v12i1.97

Kemendikbud. (2020). Perkembangan Anak Usia Dini Modul 2 (K. P. dan Kebudayaan (ed.); 2020th ed.). Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemenkes. (2022). Buku Saku Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022. Kemenkes, 1–150.

Nopriansyah, U. (2020). Pengembangan Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile untuk Pemantauan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) Anak Usia 4-6 Tahun. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 98–111.

Nuriatullizan, Lestari, D. D., Jannati, Jayanti, B. N. P., Wahyuningsih, R., & AA Sukarso. (2023). Pelatihan P3K Untuk Guru Tk/Ra Sedesa Penimbung Untuk Meningkatkan Kesadaran Pentingnya P3K Dalam Meminimalisir Maalah Kesehatan Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Gelar Wicara Volume 1, April 2023, 1(35), 23–24.

Rantina, M., Hasmalena, H., & Karmila Nengsih, Y. (2021). Pengembangan Buku Stimulasi dan Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Berbasis ICT. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 155–168. https://doi.org/10.14421/jga.2021.63-05

Ratnaningsih, A., Itsna, I. N., & Oktiawati, A. (2023). Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama dengan Metode Demonstrasi dan Media Booklet dapat Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Guru tentang Pertolongan Pertama. Malahayati Nursing Journal, 5(3), 846–857. https://doi.org/10.33024/mnj.v5i3.8180

Refranisa, R., & Saputra, C. (2020). Pengembangan Desain Ruang Kelas Dalam Upaya Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 406. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3260

Ro’fah. (2016). Posisi dan Jatidiri ’Aisyiyah Perubahan dan Perkembangan. Suara Muhammadiyah, 1, 40–41.

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Setiyaningrum, E. (2018). Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak usia 0-12 Tahun (E. Setiyaningrum (ed.); 1st ed.). Indomedika Pustaka.

Wijayanti, E. T., Risnasari, N., & Aizah, S. (2022). Pengenalan Skrining Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Berbasis Guru PAUD di TK Al Fath Desa Gondanglegi Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(1), 99–105. https://doi.org/10.29407/ja.v6i1.15897

Winarsih, B. D., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Guru Paud Tentang Deteksi Tumbuh Kembang Anak Menggunakan Kpsp. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3(2), 100–108. https://doi.org/10.31596/jpk.v3i2.82

Yuliani, I. (2018). Pelatihan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang ( SDIDTK ) Bagi Guru Dan Wali Murid Paud Pada PAUD Baitunnur Gentan Sinduharjo Ngaglik Sleman. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 1(1), 30–38. http://dharmabakti.respati.ac.id/index.php/dharmabakti/article/view/14

Yuniarni, D. (2019). Peran Paud Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Demi Membangun Masa Depan Bangsa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370

Yuyun, S., Fitri, R., Pratiwi, S. H., Yuniarti, E., Keperawatan, F., Padjadjaran, U., Peternakan, F., & Padjadjdaran, U. (2021). Pendidikan Kesehatan dan Skrining Tumbuh Kembang Balita Media Karya Kesehatan. Media Karya Kesehatan, 4(2), 144–153.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Irdawati, Nadia Nur Imani, Adelia Citra Wardani, Kurniawan Dwi Anggoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: