PELATIHAN PEMBUATAN KUIS INTERAKTIF DENGAN APLIKASI QUIZIZZ DAN MENTIMETER BAGI GURU-GURU SDIT AL-KAUTSAR CIKARANG

Nuraini Purwandari, Hilman Jihadi, Dade Maulana, B. Harjo Baskoro, Muhammad Zulfikar, Sofwan Muhammad Kelmah

Abstract


Abstrak: Evaluasi belajar yang berjalan pada SDIT Al-Kautsar Cikarang adalah menggunakan lembar jawaban ujian ataupun melalui kertas ujian yang diisi oleh siswa dan guru sebgai pengawasnya menyebabkan kurang efektif dan efisien. Oleh karna itu, metode kuis interaktif menjadi model yang cocok digubakan dalam evaluasi belajar. Adapun tujuannya adalah memberikan program pelatihan kepada guru-guru SDIT Al-Kautsar mengenai pembuatan kuis interaktif menggunakan aplikasi quizziz dan Mentimeter dalam rangka peningkatan softskill dan hardskill. Dengan pelatihan ini, guru-guru dapat mengembangkan kreativitas, dalam merancang kuis yang interaktif, meningkatkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi dengan siswa serta meningkatkan penguasaan aplikasi quiziz dan mentimeter sebagai bentuk hasil evaluasi pembelajaran siswa dikelas agar lebih interaktif dan semua siswa dapat mengerti materi yang diberikan guru dikelas. Metode pengabdian ini dilakukan dengan memberikan pelatihan atau workshop kepada guru-guru SDIT Al-Kautsar Cikarang secara luring. Hasil yang telah dicapai dari evaluasi pelatihan tersebut sebesar 51,77% peserta sangat puas dengan adanya pelatihan ini karena dapat meningkatkan pemahaman serta kemampuan praktikal guru tentang komputer dan aplikasi yang digunakan.

Abstract: The learning evaluation that takes place at SDIT Al-Kautsar Cikarang is using exam answer sheets or through exam papers filled in by students and teachers as supervisors, causing it to be less effective and efficient. Therefore, the interactive quiz method is a suitable model to use in learning evaluation. The aim is to provide a training program to SDIT Al-Kautsar teachers regarding creating interactive quizzes using the quizziz and Mentimeter applications in order to improve soft skills and hard skills. With this training, teachers can develop creativity, in designing interactive quizzes, improve collaboration and communication skills with students and improve mastery of the quiziz and mentimeter applications as a form of evaluation of student learning in class so that it is more interactive and all students can understand the material provided by the teacher in the classroom. This service method is carried out by providing offline training or workshops to SDIT Al-Kautsar Cikarang teachers. The results achieved from the training evaluation were 51.77% of participants who were very satisfied with this training because it could improve teachers' understanding and practical skills regarding computers and the applications used.


Keywords


Training; Teacher; Application; Quizizz; Mentimeter.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Fauzi, A., Purwandari, N., Aryanti Kristantini, R., & Jihadi, H. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Daring Bagi Guru-guru SDIT Al-Kautsar Cikarang. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 5–8. https://doi.org/10.53008/abdimas.v3i1.221

Firmansyah, B., Kristantini, R. R. A., Jihadi, H., Machdum, D. M., Baskoro, B. H., & Zulfikar, M. (2023). ISSN : 2746-6507. 4(1), 76–82.

Herlawati, Nidaul Khasanah, F., & Sari, R. (2021). Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 1(1), 42–52. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.454

Hermawan, A., & Dewi, L. (2023). Pemanfaatan Mentimeter dalam Pembelajaran Pelatihan Daring untuk Meningkatkan Interaksi Peserta. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 111. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6049

Hidayat, S., Cahya, W., & Prasetya, Y. (2023). ISSN : 2746-6507. 4(2), 189–194.

Hidayat, S., Silvanie, A., Rifiyanti, H., Syah, S., & Kurniawan, A. (2023). Bimbingan Teknis Perancangan Jaringan dan Keamanan Internet bagi Siswa SMK. Surya Abdimas, 7(3), 442–449. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.3179

Lia, L., Isroqmi, A., & Indasari, M. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2017, 5, 288–297.

Machdum, D. M., & Ardhianto, E. (2020). Analisis Belajar Daring Pada Pandemi Covid-19 Di Jurusan Sistem Informasi Institut Bisnis Dan Informatika Kosgoro 1957. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 1(2), 96–103. https://doi.org/10.55122/junsibi.v1i2.177

Maulana, C., Kusumaningrum, Y., & Waluyo, Y. A. (2022). Pelatihan Penggunaan Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring di SDN Karanganyar Gunung 01 Semarang. Tematik, 4(1), 5–8. https://journals2.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/4663%0Ahttps://journals2.usm.ac.id/index.php/tematik/article/download/4663/2613

Noviana, W., Widihastuti, H., & Wahyuni, S. (2022). Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Wordwall Untuk Guru SMP Islam Hidayatul Athfal. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(10), 1325–1331.

Purwandari, N., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Technopreneur Dasar Bagi Guru-Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar Tingkat Kecamatan Cikarang. 9(1).

Purwandari, N., Kristantini, R. A., Hernalia, H., & Djulfikri, M. (2020). Program Peningkatan Kapasitas Dan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Pemanfaatan Teknologi Internet. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 185–192.

Purwandari, N., Sefina Samosir, R., & Kusumawati, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Sebagai Bekal Persiapan Memasuki Dunia Kerja Bagi Siswa SMK Abdi Negara 2 Cibarusah. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.53008/abdimas.v1i1.23

Riyantie, M., Fatoni, A., & Gultom, R. (2023). ISSN : 2746-6507. 4(2), 195–201.

Syah, S., & Angellia, F. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Daring Mahasiswa Ibi Kosgoro 1957 Selama Pandemi Covid-19 Dengan Regresi Logistik Ordinal. Junif, 1(1), 43–56. http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junif/article/view/30




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nuraini Purwandari, Hilman Jihadi, Dade Maulana, B. Harjo Baskoro, Muhammad Zulfikar, Sofwan Muhammad Kelmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: