PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CANVA GUNA PENGEMBANGAN BISNIS

Marissa Winimetha Amegia, Amir Hidayatulloh

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi saat ini yang sangat pesat mengubah metode komunikasi pemasaran, yang sebelumnya bersifat tradisional/konvensional menjadi digital. Saat ini, metode pemasaran digital adalah metode yang diminati oleh konsumen. Beberapa hal yang dapat dilakukan guna meningkatkan dampak media marketing saat pemasaran yaitu dengan menggunakan media sosial dan memanfaatkan perangkat lunak “canva” agar konten yang dihasilkan lebih menarik. Hal ini yang mendorong pengabdi untuk melaksanakan pengabdian dengan tujuan untuk meningkatkan softskill dengan memberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan terkait strategi promosi digital marketing menggunakan perangkat lunak “canva”. Pelatihan dan pendampingan ini ditujukan untuk UPT Logam Yogyakarta. Metode pengabdian menggunakan metode pelatihan dan pendampingan untuk admin media sosial UPT Logam Yogyakarta. Pelatihan dan pendampingan ini berhasil memberikan edukasi digital marketing dan penggunaan perangkat lunak “canva” yang diterapkan di UPT Logam Yogyakarta untuk kegiatan promosi. Pengabdian ini meningkatkan 88% kemampuan softskill desain admin media sosial UPT Logam Yogyakarta. Pelatihan dan pendampingan ini diharapkan dapat terus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Abstract: Current very rapid technological developments are changing marketing communication methods, which were previously traditional/conventional, to digital. Currently, digital marketing methods are methods that are in demand by consumers. Several things that can be done to increase the impact of marketing media when marketing are by using social media and utilizing "Canva" software so that the resulting content is more interesting. This is what encourages service members to carry out community service with the aim of improving soft skills by providing education, training and assistance related to digital marketing promotion strategies using "canva" software. This training and mentoring is aimed at UPT Logam Yogyakarta. The service method uses training and mentoring methods for UPT Logam Yogyakarta social media admins. This training and mentoring succeeded in providing digital marketing education and the use of the "canva" software implemented at UPT Logam Yogyakarta for promotional activities. This service increases 88% of UPT Logam Yogyakarta's social media admin design soft skills. It is hoped that this training and mentoring can continue to be carried out to increase business productivity.


Keywords


Digital Marketing; Canva; Training; Business Development.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aditya, Robby & Rusdianto, R Yuniardi. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

Alford, P., & Page, S. J. (2015). Marketing technology for adoption by small business. Service Industries Journal, 35(11–12), 655–669. https://doi.org/10.1080/02642069.2015.1062884

Choirina, P., Tjiptady, B. C., Fadliana, A. F., Rohman, M., Wahyudi, F., & Darajat, ‪Pangestuti P. (2022). Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33379/icom.v2i1.1195‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬

Dairoh, D., Af’idah, D. I., Handayani, S. F., Pratiwi, R. W., Rachman, A., & Saputra, D. C. A. (2023). Pengenalan Dan Pemanfaatan Aplikasi Virtual Tour Sebagai Media Promosi Wisata. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 12. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11734

Darmawan, Adi; Laksamana, P., Saripudin, & Suharyanto. (2022). Pelatihan Online Content Marketing dan Desain Bagi Pemula Dengan Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Abdimas Perbanas, 3(1), 32–39. https://doi.org/10.56174/jap.v3i1.477

Effendi, N. I., Suliska, G., Marthika, L. D., Ferdian, T., & Wineh, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk Umkm Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Digital Marketing Dengan Graphic Designer Software Canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 643. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6574

Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Khomariah, Nurul Esti&Primandari, Puteri Noraisya . (2021). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pelaku Usaha Toko Ikan “Sub Aquatic” Sebagai Strategi Digital Marketing. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 795–801. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1393

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rizky, N., & Setiawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe sebagai Komunikasi Pemasaran Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 177–190. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.177-190

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07

Savitri. (2022). Strategi Digital Marketing Untuk Menarik Konsumen. Perilaku Konsumen, 5, 179.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Yuniarti, P., Indriyani, F., & Marthanti, A. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Desain Promosi Usaha pada Karang Taruna Desa Sukaharja Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 88–95. file:///E:/S3/Semester 2/Pengembangan Media dan Sumber Belajar/Presentasi 1/Artikel/Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Desain Promosi Usaha pada Karang Taruna Desa Sukaharja.pdf




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Marissa Winimetha Amegia, Amir Hidayatulloh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: