PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENGEMBANGKAN DIGITAL BRANDING PADA USAHA MINUMAN TRADISIONAL

Novi Haryati, Putra Irwandi, Ramadhan Hokian Wibowo, Muhammad Nur Wavi, Hilmi Dzakwan Syarif, Muhamad Zahran Nurirozak, Daffa Sandi Lasitya, Bernica Intan Ifanida

Abstract


Abstrak: UMKM "Jamu Tradisional Di Mojokerto" berkomitmen untuk meningkatkan penjualan dan menjaga kelangsungan bisnis mereka sambil menarik minat konsumen. Dalam rangka mendukung upaya ini, tim pengabdian masyarakat dari Laboratorium Manajemen Produksi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya memberikan bimbingan dalam pembuatan konten visual, seperti foto dan video produk, sesuai dengan kebutuhan UMKM tersebut. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah membantu UMKM mengambangkan softskill seperti keterampilan, kreativitas, kemampuan pemecahan masalah dalam memahami perkembangan era digital, branding yang efektif dengan menciptakan konten yang berkualitas dan mencerminkan identitas merek mereka. Pelatihan dan pendampingan dilakukan untuk 10 umkm Jamu di Mojokerto. Evaluasi dilakukan dengan cara pretest dan posttest. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan UMKM dapat menggunakan dan mengoptimalkan konten visual ini secara strategis dalam media sosial dan platform e-commerce, 20% menjadi 90%.

Abstract: The MSMEs of "Traditional Jamu Di Mojokerto" are committed to increasing sales and maintaining their business continuity while attracting consumer interest. In order to support this effort, the community service team from the Production Management Laboratory of the Faculty of Agriculture, Universitas Brawijaya provided guidance in creating visual content, such as product photos and videos, according to the needs of these MSMEs. The main objective of this service is to help MSMEs develop soft skills such as skills, creativity, problem-solving ability in understanding the development of the digital era, effective branding by creating quality content and reflecting their brand identity. Training and mentoring were conducted for 10 Jamu MSMEs in Mojokerto. Evaluation was carried out by means of pretest and posttest. The training results showed an increase in knowledge of MSMEs can use and optimize this visual content strategically in social media and e-commerce platforms, 20% to 90%.


Keywords


Visual Communication; Digital Branding; MSME.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aji, D. T., & Taju, F. S. (2022). Representasi Visual dan Memori Kolektif dalam Foto Karya Hasan Sakri Ghozali. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 25(1), 7–16. https://doi.org/10.24821/ars.v25i1.5628

Delaperche, M. (2018). Entrepreneurial Branding and Purchase Intention: the Mediating Role of Trustworthiness. AU-GSB E-Journal, 11(1), 47–57.

Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Karangan The Role Of Product Photos As Promotional Media To Increase The Sales Volume Of UKM Karangan Village Products. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 20–27.

Hananto, B. A. (2019). Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA) 2019, 2, 56–61.

Hidayat, F. (2021). Branding Jadi Kendala Utama Pelaku UMKM. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/ekonomi/80

Kemp, S. (2023). Instagram Users, Stats, Data & Trends. Datareportal.Com. https://datareportal.com/essential-instagram-stats?utm_source=DataReportal&utm_medium=Country_Article_Hyperlink&utm_campaign=Digital_2023&utm_term=Indonesia&utm_content=Facebook_Stats_Link

Lipiäinen, H. S. M., & Karjaluoto, H. (2015). Industrial branding in the digital age. Journal of Business and Industrial Marketing, 30(6), 733–741. https://doi.org/10.1108/JBIM-04-2013-0089

Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual Branding Produk Belimbing Olahan Umkm Depok Melalui Desain Logo. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 199–218. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548

Octavia, G., & Sari, W. P. (2019). Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting. Prologia, 2(2), 339–346. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3598

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59–64. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Rifianita, V., Falah, R. M., Pangestu, S., & ... (2022). Pelatihan Branding Produk UMKM dan Digital Branding Kerupuk Kulit “Rambakku “. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ, 2(1), 1–4.

Rossiter, J. R. (2014). “Branding” explained: Defining and measuring brand awareness and brand attitude. In Journal of Brand Management (Vol. 21, pp. 533–540). https://doi.org/10.1057/bm.2014.33

Sari, W. P., & Irena, L. (2021). Komunikasi Visual Di Era Digital Melalui Pelatihan Fotografi. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2), 422–430. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9422

Sari, W. P., Sholihah, Z., & Masali, F. (2023). Digital Branding UMKM Melalui Komunikasi Visual. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 129–134. https://doi.org/10.26740/abdi.v8i2.15923

Sulistiono, S., Mulyana, M., & Firmansyah, M. F. (2020). Pelatihan Pengembangan Merek Dan Kemasan Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 127–134. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i2.512

Yaseen, S., & Mazahir, I. (2019). Impact of Corporate Credibility, Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty on Purchase Intention in the Telecommunication Sector of Karachi. Global Management Journal for Academic & Corporate Studies, 9(1), 86–99.

Yusanda, A., Darmastuti, R., & Huwae, G. N. (2021). Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram (Analisis Isi pada Media Sosial MahasiswaUniversitas Kristen Satya Wacana). Scriptura, 11(1). https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.41-52




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Novi Haryati, Putra Irwandi, Ramadhan Hokian Wibowo, Muhammad Nur Wavi, Hilmi Dzakwan Syarif, Muhammad Zahran Nurirozak, Daffa Sandi Lasitya, Bernica Intan Ifanida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: