PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODEL BISNIS CANVAS PADA USAHA MINUMAN HERBAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DI BIDANG KULINER

Novi Haryati, Muhamad Nur Wavi, Putra Irwandi, Rahmat Yoga Pratama, Nur Aini Irbah, Hayyu Nurabida Putri, Hilmi Dzakwan Syarif, Daffa Sandi Lasitya, Muhamad Zahran Nurirozak, Ans Rif’aa, Aulia Sabilatul Fajariyah

Abstract


Abstrak: Era digitalisasi memunculkan persaingan usaha dan tidak dapat dipungkiri bahwa UMKM harus dapat menerapkan manajemen strategi yang baik. Keunggulan kompetitif menjadi penting bagi UMKM Jamu di Kabupaten Mojokerto. Indentifikasi potensi menunjukkan UMKM jamu tersebut memiliki berbagai varian dengan harga terjangkau yang ditawarkan, namun mereka belum dapat memanfaatkan secara maksimal nilai-nilai bisnis yang ada karena tidak adanya kegiatan identifikasi nilai bisnis oleh pemilik UMKM. Pengabdian masyarakat dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi dan meningkatkan soft skill melalui penguatan identitas dan nilai bisnis. Pelatihan dilakukan di bulan Juli 2023 tentang pembuatan Model Bisnis Canvas (BMC) kepada para pemilik UMKM setempat. Metode yang digunakan adalah business coaching yang melibatkan mitra, yaitu pemilik UMKM sebanyak 10 orang secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan dilakukannya program ini, terdapat peningkatan softskill dari 30% menjadi 80%. Pemahaman BMC telah membantu meningkatkan pemahaman dan potensi bisnis UMKM Jamu Di Kabupaten Mojokerto. Saran keberlanjutan kegiatan adalah adanya pelatihan pembuatan konten video untuk digital branding.

Abstract: Digitalization era has increased business competition and forced SMEs to implement effective strategic management. Competitive advantage is important for herbal medicine SMEs in Mojokerto Regency. Potential identification shows that herbal medicine SMEs have various variants at affordable prices, but they had not been able to make maximum use of existing business values because there were no business value identification by SMEs owners. Community service aims to identify and enhance business values through strengthening business identity and worth. Training was held in July 2023 on creating a Business Model Canvas for MSME owners. The method utilized included both socialization and practical engagement with the SME owners, actively involving them in the learning process. Through this program, there was enhancement in softskill from 30% to 80%. Community service activities have helped increase understanding and business potential of herbal medicine SMEs in Mojokerto. A recommendation for the sustainability of this activity is the implementation of training in video content creation for digital branding.

 


Keywords


BMC; SMEs; Competitive Advantage; Soft Skills.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alford, P., & Page, S. J. (2015). Marketing technology for adoption by small business. Service Industries Journal, 35(11–12), 655–669. https://doi.org/10.1080/02642069.2015.1062884

Annaafi, A., Fathonah, S., Pridandi, P., Febriana, T., & Sartika, N. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Umkm dan Pentingnya Branding Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Perekonomian di Masa Pandemi Covid-19. 2021, 1(57), 47–57.

Astiti, S. O. (2022). Analisis Keunggulan Kompetitif Umkm Dimasa Pandemi Covid 19. Management and Sustainable Development Journal, 4(1), 70–84. https://doi.org/10.46229/msdj.v4i1.295

Blackman, A., Moscardo, G., & Gray, D. E. (2016). Challenges for the Theory and Practice of Business Coaching: A Systematic Review of Empirical Evidence. Human Resource Development Review, 15(4), 459–486. https://doi.org/10.1177/1534484316673177

Darmawan, V. E. B. (2022). Implementasi Digital Branding Pada Umkm Bidang Kuliner Di Kota Malang Dalam Rangka Akselerasi Umkm Go-Digital. Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Teknologi (JP2T), 3(1), 33–39. https://doi.org/10.17977/um080v3i12022p33-39

Ernawati, E., Mardikaningsih, R., Darmawan, D., & Sinambela, E. A. (2022). Pengembangan Keunggulan Kompetitif Umkm Melalui Strategi Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 5(2), 144–153. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i2.1338

Habibie, I. A. (2022). Digitalisasi UMKM Dari Hulu Hingga Hilir. Dewan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Wantiknas), 03, 1–14.

Huflejt-Łukasik, M., Jędrzejczyk, J., & Podlaś, P. (2022). Coaching as a Buffer for Organisational Change. Frontiers in Psychology, 13, 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.841804

Kementerian Keuangan. (2022). Majalah Treasury Indonesia: Ekosistem Fiskal untuk Kebangkitan UMKM. Vol 2, 33.

Kurniawan, A., & Asharudin, M. (2018). Small And Medium Enterprises (SMES) Face Digital Marketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 1(2), 115–120. https://doi.org/10.23917/mijeb.v1i2.9367

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184–204. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703

Putri, P. L., & Sari, K. D. C. (2022). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Pelaku UMKM Binaan Rumah Bumn Purwokerto Melalui Orientasi Pasar Dan Inovasi. Among Makarti, 15(2), 233–247. https://doi.org/10.52353/ama.v15i2.323

Setyawati, A. (2015). Keunggulan Kompetitif Dan Inovasi (Studi pada UMKM Sektor Industri Makanan dan Minuman di Bandung Raya). Akademika, 13(2), 41–44.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Bilancia, 11(1), 33–64.

Suardipa, I. P., Widiara, I. K., & Indrawati, N. M. (2021). Urgensi Soft Skill Dalam Perspektif Teori Behavioristik. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 63–74.

Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 633–651. https://doi.org/10.1108/JSBED-05-2013-0073

Tyoso, J. S. P., & Haryanti, C. S. (2020). Perlukah Mempertahankan Keunggulan Kompetitif oleh UMKM? (Studi Kasus UMKM Semarang). Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 123–136. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.496

Yuniarti, E., Fitriani, F., Puji Hartono, D., & Nurmala, N. (2022). Keunggulan Bersaing UMKM Industri Pangan di Bandar Lampung. Journal of Food System and Agribusiness, 6(1), 93–101. https://doi.org/10.25181/jofsa.v6i1.2454




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Novi Haryati, Muhamad Nur Wavi, Putra Irwandi, Rahmat Yoga Pratama, Nur Aini Irbah, Hayyu Nurabida Putri, Hilmi Dzakwan Syarif, Daffa Sandi Lasitya, Muhamad Zahran Nurirozak, Ans Rif’aa, Aulia Sabilatul Fajariyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: