PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKSIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Asri Asri, Mustamin Mustamin, Muh Syilfa Nooviar, Selvia Deviv, Nur Syamsinar Munir, Muthi Syahidah Arifuddin, Nur Fahmi Akhmad, Amelia Firdhausya Dewi

Abstract


Abstrak: Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan individu serta menjadi fondasi kemajuan bangsa. Tantangan yang dihadapi oleh SMA Negeri 11 Maros adalah keterlibatan dan motivasi siswa yang rendah, yang berdampak pada hasil belajar mereka. Untuk mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan solusi inovatif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran konstruktivisme guna meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui sosialisasi kepada 40 orang guru dan penerapan dalam proses pembelajaran, evaluasi dilakukan dengan memperhatikan tingkat keterlibatan siswa, peningkatan motivasi belajar, dan pemahaman konsep. Implementasi model konstruktivisme telah menghasilkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa, motivasi belajar, dan pemahaman konsep, mencerminkan efektivitas model tersebut dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan peningkatan sebesar 65%. Hasil tersebut didapatkan dengan menerapkan sistem evaluasi post-test, hal ini dilakukan agar diperoleh pemahaman yang lebih baik tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan mengukur efektivitas strategi pembelajaran yang telah diimplementasikan. Keberhasilan ini menegaskan efektivitas model dalam memotivasi siswa dan memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Selain memberikan solusi konkret, keberhasilan ini juga membuka jalan bagi penyebarluasan model konstruktivisme ke berbagai institusi pendidikan.

Abstract: Education plays a crucial role in shaping the character and intelligence of individuals as well as serving as the foundation for the progress of a nation. The challenge faced by SMA Negeri 11 Maros is the low engagement and motivation of students, which impacts their learning outcomes. To address this issue, innovative solutions are needed. This community service activity aims to implement the constructivist learning model to improve student learning outcomes. Through the socialization to 40 teachers and implementation in the learning process, evaluation is conducted by considering the level of student engagement, improvement in learning motivation, and understanding of concepts. The implementation of the constructivist model has resulted in a significant increase in student engagement, learning motivation, and understanding of concepts, reflecting the effectiveness of the model in enhancing the quality of learning and student learning outcomes by 65%. These results were obtained by implementing a post-test evaluation system, which was done to gain a better understanding of the extent to which students have achieved the set learning goals and to measure the effectiveness of the implemented teaching strategies. This success confirms the effectiveness of the model in motivating students and making a significant contribution to improving the quality of education. In addition to providing concrete solutions, this success also paves the way for the dissemination of the constructivist model to various educational institutions.


Keywords


Learning; Constructivism; Students; Learning Outcomes.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alnusra, D. S., & Suaema, A. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi pada Materi Bentuk-Bentuk Permukaan Bumi untuk Siswa Kelas VII SMP Gotong Royong Tobelo. EDUKASI, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.33387/j.edu.v17i2.1511

Fransisca, N. O., Pujiastuti, N. A., Ningrum, P. P., Khairina, A. D., & Suprapto, E. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Bagi Siswa di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4525–4530.

Futri, S. (2022). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas V MIN 10 Bandar Lampung. SKRIPSI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(03), 404–418. https://jist.publikasiindonesia.id/index.php/jist/article/view/385

Lufri. (2020). Metodologi Pembelajaran. Purwokerto: CV IRDH.

Mustangin, M., Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/38821

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.

Pandie, R. D. Y., Zega, Y. K., Harefa, D., Nekin, S. M., Sapalakkai, R. S., & Sophia, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme bagi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(1), 15–29. https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/didache/article/view/150

Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Sari, Y., & Jupriyanto, J. (2023). Pendampingan Kelompok Belajar Siswa Kelas VI pada Muatan Matematika Melalui Metode Drill. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 224–233. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Axiologiya/article/view/11820

Sidik, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Peterongan. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 5(1), 11–17.

Setiawan, M. Andi. (2017). Belajar dan Mengajar. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi Penelitian: Desain Komunikasi Visual. PT Kanisius.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Sleman: CV Budi Utama.

Subakti, Hani., et al. (2022). Teori Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulia.

Subarjo, M. D. P., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Analisis Penerapan Pendekatan Teori Belajar Konstruktivisme pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 313–318. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/834

Sujarwo, S., Asdar, A., & Sabillah, B. M. (2023). PKM Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Digital Literacy Sebagai Upaya Konstruktivisme Karakter Anak Bangsa. Indonesia Berdaya, 4(4), 1639–1650. https://ukinstitute.org/journals/ib/article/view/4443

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/28847

Rizki, K. Aulia. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Drama pada Siswa Kelas XI IPS MA Syamsul Huda Tegallinggah. Jurnal IKA, 16(1), 44–54.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model pembelajaran. Puri Cipta Media.

Widyaningsih, N. P. A., & Ganing, I. N. (2021). Kelayakan Media Komik Berorientasi Pendekatan Konstruktivisme Muatan IPA Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 90–100. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/32534

Zam, E. M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Mata Pelatihan Pelayanan Publik dengan Metode Window Shopping pada Latsar CPNS Kabupaten Kampar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 574–582. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1136




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.22127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Asri, Mustamin, Muh Syilfa Nooviar, Selvia Deviv, Nur Syamsinar Munir, Muthi Syahidah Arifuddin, Nur Fahmi Akhmad, Amelia Firdhausya Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: