PENANAMAN POHON SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN ECOLITERACY BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS

Dyah Ayu Fajarianingtyas, Ach Puniman, Herowati Herowati, Rosydah Rosydah, Firda Firda, Alifia Safitri

Abstract


Abstrak: Muatan ecoliteracy penting diterapkan di tingkat sekolah karena mendorong siswa peka menyadari, merasakan, dan memiliki hasrat bertindak melindungi bumi sebagai upaya menjaga keseimbangan alam. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa untuk menumbuhkan ecoliteracy dalam pembelajaran sehingga membentuk karakter peduli lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Marengan Daya III. Profil mitra memiliki visi dan misi yang mendukung implementasi penanaman pohon. Urgensi pengabdian masyarakat ini terletak pada perlunya dilakukan penanaman pohon di SDN Marengan Daya karena kondisi geografis sekolah ini gersang dan jumlah pohon yang tumbuh di sekolah ini masih minim. Metode Pkm yaitu sosialisasi dan pelatihan. Kegiatan penanaman pohon ini dapat terlaksana dengan baik yang melibatkan partisipasi siswa. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Indikator keberhasilan kegiatan ini ditunjukkan dari respon positif sebesar 100%. Metode evaluasi menggunakan angket yang disebar kepada siswa. Gerakan penanaman pohon ini dilakukan sebagai salah satu wujud peduli masyarakat, khususnya kelompok siswa SDN Marengan Daya bersama civitas Universitas Wiraraja terhadap education sustainable development goals.

Abstract: The content of ecoliteracy is important to apply at the school level because it encourages sensitive students to realize, feel and have the desire to act to protect the earth as an effort to maintain the balance of nature. The aim of community service is to increase students' knowledge and skills to foster ecoliteracy in learning so as to form environmentally caring characters. This activity was carried out at SDN Marengan Daya III. The partner profile has a vision and mission that supports the implementation of tree planting. The urgency of this community service lies in the need to plant trees at SDN Marengan Daya because the geographical condition of this school is arid and the number of trees growing at this school is still minimal. The Pkm method is socialization and training. This tree planting activity can be carried out well involving student participation. The results of this activity show an increase in knowledge and skills. The indicator of the success of this activity is shown by a positive response of 100%. The evaluation method uses a questionnaire distributed to students. This tree planting movement was carried out as a form of caring for the community, especially the Marengan Daya Elementary School student group together with the Wiraraja University community towards education sustainable development goals.


Keywords


Ecoliteracy; Tree Planting; Knowledge; Skills.

Full Text:

PDF

References


Andayani, P., & Suprayitno, S. (2022). Kajian Praktik Ecoliteracy Berorientasi Education For Sustainable Development Pada Kawasan Wisata Trenggalek Agropark Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. JPGSD, 10(9), 2021–2034.

Assagaf, S. A. R. (2020). Pengaruh Pemberian Mulsa Alang-Alang dan Pupuk NPK Phonska Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum). Jurnal Biosainstek, 2(01), 40–46.

Ibrahim, I., Huda, N., Johari, H. I., Sukuryadi, S., Adiansyah, J. S., Nurhayati, N., Kamaluddin, K., Mintasrihardi, M., Hasanah, S., & Hayati, M. (2023). Pengenalan Lingkungan Kepada Anak Usia Dini Pada Desa Rempe Kecamatan Seteluk Sumbawa Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1381–1384.

Linggarwati, T., Haryanto, A., & Darmawan, R. M. A. B. (2022). Implementasi SDGs dI Desa Pandak, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 11(1).

Makmur, I. K. (2019). Program Green Campus melalui Penanaman Pohon Ketapang Kencana (Termenelia mantily) dan Ki Hujan (Samanea saman) dalam Upaya Mengurangi Global Warming. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Https://Journal. Ilininstitute. Com/Index. Php/Caradde, 2, 2621–2796.

Mukson, M., Ubaedillah, U., & Wahid, F. S. (2021). Penanaman pohon sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penghijauan lingkungan. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02).

Noverita, A., Darliana, E., & Darsih, T. K. (2022). Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa. Jurnal Sintaksis, 4(1), 52–60.

Nurwidodo, N., Wahyuni, S., & Hindun, I. (2023). Enhancing environmental literacy using EMKONTAN learning for biology teacher candidates. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 11(1), 175–189.

Pratiwi, D. P., & Muharam, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1).

Pursitasari, I. D., Rubini, B., & Suriansyah, M. I. (2023). Critical thinking & ecoliteracy: kecakapan abad 21 untuk menunjang sustainable development goals. Ideas Publishing.

Utama, I. M. P., Nafisah, B. Z., Terasme, Hanan, A., Sugianto, N., & Imansyah. (2020). Praktik Pelestarian Lingkungan Melalui Kegiatan Penanaman Pohon Di Kawasan Pesisir Pantai Mapak Mataram. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 1(1), 65–69. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2787

Wahdiniawati, S. A., Purnama, G., Apriani, A., & Jumanto, J. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Penghijauan Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Pada Sektor Pariwisata Di Desa Cogreg. Andhara, 2(2), 73–81.

Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu Untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 173–185.

Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2023). The Effectiveness of Teaching Materials of Local-Wisdom Based Picture Storybooks on the Eco-Literacy of Elementary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 10(1), 143–152.

Yunus, E. M., Andika, A., Yani, A., Nisa, M. K., & Muhammad, H. (2021). Revitalisasi tafsir ekologi pada kandungan Surat Al-A’raf [7] Ayat 56-58 dalam rencana penanaman pohon trembesi di lingkungan UIN Walisongo Semarang. Jurnal Riset Agama, 1(3), 112–131.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.22288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dyah Ayu Fajarianingtyas, Ach Puniman, Herowati, Rosydah, Firda, Alifia Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: