PEMBUATAN E-COMMERCE UNTUK PRODUK INTERIOR PADA PENGRAJIN KOMUNITAS HOBI KAYU PADANG

Selvi Zola Fenia, Hadi Syahputra, Romi Wijaya

Abstract


Abstrak: Salah satu pemanfaatan teknologi terdapat pada pemanfaatan internet dalam hal ekonomi, banyak sekali perusahaan kecil ataupun besar yang menggunakan internet untuk mengembangkan bisnisnya. Hobi Kayu Padang (HKP) adalah sebuah komunitas dari para pengrajin kayu yang berdiri pada tahun 2018 di Padang dengan jumlah anggota 23 orang. Metode pelaksanaan dalam kegiatan PKM ini berupa sosialisasi dalam membangun sistem e-commers berbasis website dan memberikan pelatihan untuk pemakaian aplikasi e-commers. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di worshop dan basecamp Aur Duri Padang yang dilaksanakan selama 2 hari, pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2023, dihadiri oleh 19 orang peserta yang merupakan bagian dari keanggotaaan komunitas Hobi Kayu Padang (HKP). Manfaat dari kegiatan ini adalah untuk mempermudah anggota komunitas Hobi Kayu Padang (HKP) mempromosikan dan mengenalkan produk atau hasil karya di bidang kayu interior secara online dengan menggunakan aplikasi e-commers. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk memudahkan anggota HKP dalam memasarkan hasil karya, supaya produk dapat dilihat oleh masyarakat dengan melihat gambar dan membaca description dan langsung menghubungi contact anggota komunitas HKP yang tersedia. Dari kegiatan PKM ini didapatkan hasil bahwa 75% anggota HKP yang mengikuti kegiatan ini dapat menikmati kemudahan untuk memasarkan produk dan hasil karyanya sehingga menjadi peluang besar untuk pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya serta memungkinkan UMKM melakukan pemasaran dengan tujuan pasar global, sehingga berpeluang menembus ekspor.

Abstract: One of the uses of technology is the use of the internet in economic terms. Many small and large companies use the internet to develop their business. Padang Wood Hobby (HKP) is a community of wood craftsmen which was founded in 2018 in Padang with 23 members. The implementation method for this PKM activity is in the form of socialization in building a website-based e-commerce system and providing training for using e-commerce applications. This PKM activity was carried out at the Aur Duri workshop and basecamp in Padang which was held for 2 days, on 28 and 29 October 2023, attended by 19 participants who were part of the Padang Wood Hobby (HKP) community. The benefit of this activity is to make it easier for Hobi Kayu Padang (HKP) community members to promote and introduce products or work in the interior wood sector online using the e-commerce application. The aim of this PKM activity is to make it easier for HKP members to market their work, so that the product can be seen by the public by looking at the picture and reading the description and directly contacting the available contacts of HKP community members. From this PKM activity, the result was that 80% of HKP members who took part in this activity were able to enjoy the ease of marketing their products and work, making it a great opportunity for MSME players to develop their business and enabling MSMEs to market with the aim of the global market, so that they have the opportunity to penetrate exports.


Keywords


E-commers, Marketing, Websites, Community.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ancilla, D., Sari, S. M., Poillot, J. F., Studi, P., Interior, D., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2016). Pendekatan Ruang Fleksibel. 4(2), 413–422.

Aynie, R. Q., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi pemasaran electronic word of mouth pada e-commerce dalam menghadapi era digital 4.0 di indonesia. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Manajemen, 17(1), 136–143. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI

Bojonegoro, K., Bojonegoro Vallen Laurinda Defrina Widyawan, K., Indah Mindarti, L., & Setyowati, E. (2019). Pengembangan Industri Pengolahan Kayu Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi pada Desa Sukorejo. Jap), 3(7), 1105–1110.

Dewanti, F. D., Guniarti, G., Sulistyono, A., Koentjoro, Y., & Liliek, L. (2021). Pengembangan dan peningkatan kualitas usaha kerajinan berbasis limbah kayu jati. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 118. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.9108

Dong, Z. (2021). Construction of Mobile E-Commerce Platform and Analysis of Its Impact on E-Commerce Logistics Customer Satisfaction. Complexity, 2021. nama jurnal? vol? issue? halaman?https://doi.org/10.1155/2021/6636415

Fenia, S. Z., & Candra, Y. (2022). The Role of the Hobi Kayu Padang in Developing Talent for Obtaining Business Opportunities. 6(3), 378–384.

Kurniawans, R., & Anwar, S. N. (2017). Membangun Situs E-Commerce Penjualan Dan Pemesanan Miniatur Bus Menggunakan Metode Waterfall.nama jurnal? Sintak, 1,issue? 340.

Naibaho, O. B. (2021). Produk Interior Modular Berbasis Budaya Nusantara Dengan Memanfaatkan Material Rotan Untuk Interior Cafe. Jurnal Desain Interior, 6(2), 81. https://doi.org/10.12962/j12345678.v6i2.8125

Nanda, A. Y. (2018). Analisis Strategi Pemasaran yang Efektif bagi Pengguna E- Commerce. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(1), 11–19. https://doi.org/10.15642/manova.v1i1.346

Rahmatullah, M. (2019). Manajemen Produksi Mebel Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Di Home Industri Surya Jati Mekar Di Desa Beraim Kecamatan Raya Tengah Kabupaten Lombok Tengah). Desember. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Rofiki, M., & Muhimmah, K. (2021). Strategi Pemasaran Online Shop: Upaya Untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.30739/istiqro.v7i2.981

Sidik, M. (2019). Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research and Development. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), 04(01), 2548–1916.

Sukamdani, N. B., & Istuningsih, W. (2018). Perancangan Strategi E-Commerce Berbasis Website Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus “Songketkito” Kain Khas Palembang). Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, VII(1), 77–89.

Syahputra, H., Mahessya, R. A., & Jamhur, A. I. (2021). Sosialisasi Aplikasi Sketchup Untuk Umkm Komunitas Hobi Kayu Padang Dalam Mendesain Produk Interior. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 1(2), 144–147.

Wahyuningrum, R. (2018). Analisis Strategi E-Marketing Untuk Meningkatkan Minat Beli Online. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(3), 275–290. https://ibn.e-journal.id/index.php/ESENSI/article/view/143




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.22470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Selvi Zola Fenia, Hadi Syahputra, Romi Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: