PELATIHAN PACKAGING DAN PEMBUATAN LOGO BAGI PELAKU UMKM UNTUK MENINGKATKAN NILAI EKONOMIS PRODUK

Erick Prayogo Walton, Haiyudi Haiyudi, Ratno Purnamasari, Yudistira Bagus Pratama, Nurjanah Nurjanah, Yurdayanti Yurdayanti, Rajab Vebrian, Silvio Juliana Nabela

Abstract


Abstrak: Kurangnya pemahaman pelaku UMKM terhadap pentingnya identitas dan cara pengemasan produk menjadi permasalahan utama yang ada di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah, Bangka Belitung. Oleh karena itu, tujuan program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM terhadap pentingnya kedua aspek diatas. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dengan tahapan pemaparan dan praktikum. Mitra dalam pelatihan ini adalah sebanyak 15 pelaku UMKM di Desa Batu Beriga. Pre dan Post-test dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman setelah dilakukan pemaparan dan praktik. Ditemukan sebanyak 30% peningkatan pemahaman terhadap aspek penting dalam perancangan logo produk dan 10% dalam aspek pengemasan dengan prosentase akhir sangat baik.

Abstract: The lack of understanding among Micro, Small and Medium Enterprise (MSME) entrepreneurs about the importance of branding and product packaging is a major issue in the village of Batu Beriga, Lubuk Besar District, Central Bangka, Bangka Belitung. Therefore, the goal of this community engagement program is to improve the understanding of MSME entrepreneurs regarding the significance of these two aspects. The method used in this program is training, which includes presentations and practical sessions. The partners in this training are 15 MSME entrepreneurs in Batu Beriga village. Pre- and post-tests were conducted to measure the improvement in understanding after the presentations and practical sessions. It was found that there was a 30% increase in understanding of the key aspects of product logo design and a 10% increase in product packaging, with the final percentage of understanding being rated as excellent.


Keywords


UMKM; Vacuum Sealing; Logo; Kemasan.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adilah, S., Parupi, R., Miranda, M., & Yeni, Y. (2022). Pembaharuan Kemasan Tahu Goreng Sebagai Upaya Perbaikan Kemasan Bagi Umkm Di Desa Alai Selatan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1558–1563. https://doi.org/10.31764/JPMB.V6I3.10506

Adityawan, O., Pratama, S. D., Rahadi, P. F., Ary, M., & Susanti, S. (2023). Brand Identity untuk UMKM Jahe Merah Jahena’ Desa Cintaratu Kabupaten Pangandaran. Jurnal Sosial & Abdimas, 5(1).halaman? https://doi.org/10.51977/JSA.V5I1.974

Agung Jatmiko, H., Nurindra Rahmadia, S., Kurniawan, A., Rufi, I., Reicardi, A., Dahlan, A., & Ringroad Selatan, J. (2024). Perbaikan Kemasan Kripik Kulit Singkong pada UMKM ‘The Jambal’s’ dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering dan Quality Function Deployment. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 11(1), 21–31. https://doi.org/10.24853/JISI.11.1.21-31

Christianingrum, & Rosalina, E. (2017). Science And Technology For Tua Tunu Community In Improving The Economy Through The Utilization Of Pineapple Processed Products Into Products That Have Value Added. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 4(2). halaman? https://doi.org/10.33019/JPU.V4I2.170

Dewanti, R. P., Ningsih, H., Paryanto, E., & Yudhanto, S. H. (2021). Desain Kemasan Produk UMKM Makanan Ringan sebagai Peningkatan Daya Beli Konsumen Keripik Singkong. UN PENMAS (Jurnal Pengabdian Masyarakat Untuk Negeri), 1(2), 50–56. https://doi.org/10.29138/UN-PENMAS.V1I2.1593

Dewi, M., Hubeis, M., Etty Riani, dan, & Kelautan dan Perikanan Gedung Mina Bahari, K. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77–83. https://doi.org/10.29244/MIKM.15.1.77-83

Ermawati, E., Widya, S., & Lumajang, G. (2019). Pendampingan Peranan Dan Fungsi Kemasan Produk Dalam Dunia Pemasaran Desa Yosowilangun Lor. 2(2), 15.

Handayani, T., Sidiq, F., Nur, S., Manajemen, P. S., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Pemalang, A. (2021). Upaya Pengembangan UMKM Melalui Pengelolaan Manajemen pada UMKM Konveksi Mutiara. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02), 44–51. https://doi.org/10.46772/JAMU.V1I02.349

Ilhan, I., Turan, D., Gibson, I., & ten Klooster, R. (2021). Understanding the factors affecting the seal integrity in heat sealed flexible food packages: A review. Packaging Technology and Science, 34(6), 321–337. https://doi.org/10.1002/PTS.2564

Kaliwanto, B., Kusdiyana, Y., Rahmi, R. F., & Hidayat, T. (2022). Strategi Akselerasi Pengembangan Umkm Di Jawa Timur Melalui Teknologi Pengalengan Makanan Tradisional Menuju Rantai Nilai Global. Value Added : Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 54–64. https://doi.org/10.26714/VAMEB.V18I2.10133

Mashadi, M., & Munawar, A. (2021). Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37641/JADKES.V2I1.1402

Patil, A. R., Chogale, N. D., Pagarkar, A. U., Koli, J. M., Bhosale, B. P., Sharangdhar, S. T., Gaikwad, B. V, & Kulkarni, G. N. (2020). Vacuum Packaging Is A Tool For Shelf Life Extension Of Fish Product : A Review. Article in Journal of Experimental Zoology, 23,issue? 807–810.

Reniati, R., Sumiyati, S., & Faisal Akbar, M. (2021). Pelatihan pengolahan ikan dan pengemasan produk pertanian untuk pengembangan industri hilir desa Labuh Air Pandan. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.29408/AB.V2I1.3442

Siwi Agustina, T., & Tri Komalasari, P. (2022). Bunda puspa: edukasi dan pendampingan kemasan produk usaha dari IRT di Desa Banyuurip Kabupaten Gresik. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). halaman? https://doi.org/10.28989/kacanegara.v6i2.1408

Sony Erstiawan, M., Wibowo, J., & Ekonomi Universitas Dinamika Surabaya, F. (2021). Efektivitas Strategi Pemasaran Dan Manajemen Keuangan Pada UMKM Roti. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 2581–1932. https://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/article/view/182

Suryono, C., Ningrum, L., & Dewi, T. R,. (2018). Uji Kesukaan dan Organoleptik terhadap 5 Kemasan dan Produk Kepulauan Seribu secara Deskriptif. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(2), 95–106. https://doi.org/10.31294/PAR.V5I2.3526




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.23313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erick Prayogo Walton, Haiyudi, Ratno Purnamasari, Yudistira Bagus Pratama, Nurjanah, Yurdayanti, Rajab Vebrian, Silvio Juliana Nabela

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: