INOVASI KEMASAN RAMAH LINGKUNGAN SEBAGAI STRATEGI MENCIPTAKAN NILAI TAMBAH PRODUK PANGAN LOKAL

Indrajit Wicaksana, Satriyo Restu Adhi, Yuridistya Primadhita

Abstract


Abstrak: Desa Pasirukem termasuk desa terkecil di Kabupaten Karawang. Selain bertani, salah satu mata pencaharian mayoritas penduduk adalah menjual produk pangan. Minimnya pengetahuan dan kemampuan produksi membuat proses pembuatan produk pangan masih berlangsung secara tradisional, hanya dikemas dengan plastik, dan tidak memperhatikan keramahan lingkungan. Tujuan program pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pelaku usaha Desa Pasirukem akan pentingnya usaha ramah lingkungan melalui sosialisasi dan pelatihan kemasan ramah lingkungan. Kegiatan diikuti 20 pelaku usaha pangan. Tingkat ketercapaian program terlihat pada peningkatan hasil pre-test dan post-test yang dibagikan kepada peserta. Hasil akhir rata-rata memperlihatkan 92,5% peserta memahami tentang usaha ramah lingkungan dan 87,5% peserta memahami pembuatan kemasan ramah lingkungan. Melalui pelatihan ini tercipta kemasan ramah lingkungan sehingga menciptakan nilai tambah sebagai produk oleh-oleh khas Karawang. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal pembuatan kemasan ramah lingkungan untuk produk pangan lokal lainnya dan meningkatnya daya saing produk pangan lokal Desa Pasirukem.

Abstract: Desa Pasirukem is one of the smallest villages in Kabupaten Karawang. In addition to farming, one of the livelihoods of the majority of the population is selling pfood products. The lack of knowledge and production skills means that the process of making food products is still carried out traditionally, only packaged in plastic, and not pay attention to environmental friendliness. The purpose of this community service program is to increase the knowledge and skills of Desa Pasirukem business actors regarding the importance of environmentally friendly businesses through socialization and training in environmentally friendly packaging. The activity was attended by 20 food business actors. The level of program achievement can be seen in the increase in pre-test and post-test results distributed to participants. The final results on average show that 92.5% of participants understand environmentally friendly businesses and 87.5% of participants understand making environmentally friendly packaging. Environmentally friendly packaging was created through this training, thereby creating added value as a signature Karawang product. This activity is expected to be the forerunner to the creation of environmentally friendly packaging for other local food products and increase the competitiveness of local food products in Pasirukem Village.


Keywords


Environmentally Friendly Packaging; Value Added Products; Training; Food Products; Green Business.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20.

Dewi, H. E., Haryati, N., Aprilia, A., Yuswita, E., Koestiono, D., Pariasa, I. I., Hardana, A. E., Hartono, R., Riana, F. D., Maulidah, S., & Noor, A. Y. M. (2024). Pendampingan Inovasi New-Packaging dan Strategi Pemasaran Produk Teh Bunga Telang dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Produk Lokal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), 2971–2981.

Dewi, R. S., Latif, T., & Falah, B. M. (2023). Strategi Pemasaran Produk Ramah Lingkungan untuk UMKM Kemenangan Andalan Kemasan. Jurnal ,Anajemen Pemasaran Internasional, 1(3), 158–169.

Ermawati, E. (2019). Pendampingan Peranan Dan Fungsi Kemasan Produk Dalam Dunia Pemasaran Desa Yosowilangun Lor. Empowerment Society, 2(2),

Fathihani, F., Randyantini, V., & Saputri, I. P. (2024). Penyuluhan Model Bisnis Hijau UMKM dalam Mendorong Transormasi Ekonomi Hijau. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(2), 361–367.

Fatmawati, K., Susanti, & Rohanda. (2020). Membentuk Masyarakat Peduli Lingkungan dengan Membersihkan Area Sumber Mata Air dan Selokan. Proceding UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(7), 396–407.

Fianda, A. Y. A., Fandinny, I., Kacaribu, L. N. B., Desyani, N. A., Asyifa, N., & Wijayanti, P. (2021). Eco-friendly Packaging: Preferensi dan Kesediaan Membayar Konsumen di Marketplaces. Jurnal Ilmu Lingkungan, 20(1), 147–157.

Fitriyani, I., Sumbawati, N. K., & Rahman, R. (2021). Peran Kemampuan Manajerial dan Lingkungan Industri dalam Meningkatkan Kualitas UMKM. Jurnal Tambora, 5(3), 35–39.

Gotama, S. L., & Natadjaja, L. (2023). Analisis Penggunaan Kardus Sebagai Kemasan dan Dekorasi Ramah Lingkungan Di Dusdukduk Surabaya. DeKaVe, 16(2), 199–214.

Hendarsih, I. (2017). Analisis Konsep Green Product Sebagai Pelaksanaan Etika Bisnis pada Perusahaan. Widya Cipta, 1(1), 76–85.

Krisnanto, A. B. (2017). Strategi Manajemen Hijau untuk Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(1), 50–58.

Mardiyah, S., Anggraeni, S. V., & Muzdalifah, L. (2022). Peran Green Product dan Green Packaging pada Purchase Decision. Greenomika, 4(2), 116–127.

Natsir, K., & Waani, A. M. (2023). Meningkatkan Nilai Produk Kuliner Melalui Inovasi Kemasan. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(3), 661–670.

Novitasari, L., Aziza, E. R. N., Ariani, P., Anjani, A. A., & Puspita, A. M. I. (2024). Sekolah Perempuan untuk Mengembangkan Potensial Pendapatan Perempuan dan Mensukseskan Program 5000 Perempuan di Desa Buluagung Kabupaten Trenggalek. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 670–678.

Partini, & Sari, I. (2022). Kebijakan Pengembangan Kesehatan Pangan Lokal. Agribisnis, 11(1), 78–83.

Permata, A. D., Malaya, A. P., & Kamal, U. (2024). Strategi Pengurangan Penggunaan Plastik Melalui Implementasi Zero Waste Menuju Gaya Hidup Ramah Lingkungan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 371–383.

Primadhita, Y., Budiningsih, S., Wicaksana, I., & Melani, A. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Produk, Dan Inovasi Hijau Terhadap Kinerja UMKM Makanan Dan Minuman. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Digital, 2(1), 49–61.

Primadhita, Y., Primatami, A., & Budiningsih, S. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi perempuan berwirausaha online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(2), 81–90.

Rustiarini, N. W., Anggraini, N. P. N., & Satwam, I. K. S. B. (2021). Perancangan Kemasan Dupa yang Ekonomis dan Ramah Lingkungan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1808–1817.

Safirin, M. T., Samanhudi, D., Aryanny, E., & Pudji W, E. (2023). Pemanfaatan Teknologi Packaging untuk Meningkatkan Kualitas dan Keamanan Produk Pangan Lokal. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 31–41.

Surya, E. P., Wijaya, G. A., Sari, K. A., & Aruna, A. (2023). Pengembangan Kemasan Ramah Lingkungan sebagai Dukungan untuk Keberlanjutan dalam Industri Ecomarketing di Kampung Industri Tempe Sanan. Prosidding Seminar Internasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian, 6(18), 1385–1399.

Wedelia, L., Hutagaol, M. P., & Daryanto, A. (2018). Aksesibilitas Industri Pangan Skala Mikro Kecil Terhadap Sumber Pembiayaan Formal Di Kabupaten Bogor. Jurnal Agribisnis Indonesia, 5(1), 27.

Yuliana, F. H., Pratita, D., Firmansyah, F., & Suganda, V. A. (2022). Meningkatkan Daya Saing Produk Usaha Mikro di Era Digital Melalui Edukasi dan Pendampingan Strategi Branding dan Packaging. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3754–3765.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.26864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indrajit Wicaksana, Satriyo Restu Adhi, Yuridistya Primadhita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: