PENINGKATAN PENGETAHUAN UMKM MAKANAN DAN MINUMAN TENTANG INFORMASI NILAI GIZI MELALUI ALIH TEKNOLOGI
Abstract
Abstrak: Informasi Nilai Gizi (ING) wajib dicantumkan dalam kemasan pangan baik yang diproduksi skala UMKM, industri kecil maupun industri besar. Tujuan dilakukan kegiatan adalah meningkatkan pengetahuan UMKM makanan dan minuman tentang ING. Metode yang digunakan adalah alih teknologi dengan ceramah, dan diskusi. Khalayak sasaran yang dilibatkan adalah UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Purbalingga dengan jumlah peserta 20 orang. Hasil kegiatan alih teknologi menunjukkan sebelum kegiatan, pengetahuan peserta tentang fungsi informasi nilai gizi, komponen yang dicantumkan dalam ING, sangsi bagi pelanggar ING, cara pencantuman ING dan manfaat ING bagi masyarakat serta cara perhitungan Angka Kecukupan Gizi masing-masing sebesar 35; 0; 20; 5 dan 10%. Setelah kegiatan menunjukkan persentase pengetahuan tersebut masing-masing menjadi 100; 95; 100; 90; 100 dan 80%. Melalui kegiatan alih teknologi terjadi peningkatan pengetahuan peserta tentang ING.
Abstract: This activity’s purpose to enhance the knowledge of food and beverage MSMEs regarding Nutritional Value Information (NVI). The method used involved technology transfer through lectures and discussions. The target audience consisted of 20 participants from food and beverage MSMEs in Purbalingga Regency. The results indicated that, before the activity, participants' knowledge of the functions of nutritional information, components included in NVI, penalties for NVI violations, methods of displaying NVI, the benefits of NVI for the community, and the calculation of the Nutritional Adequacy Rate was 35%, 0%, 20%,5%, and 10%, respectively. After the activity, these percentages increase to 100%, 95%, 100%, 90%, and 80% respectively. The technology transfer activity significantly improved participant’s knowledge of NVI.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Apdoludin, Fadli, R., Hakiki, M., Putra, Y. I., Ridoh, A., & Fauziah. (2021). Edukasi Pemanfaatan Internet sebagai Sarana Pendidikan dan Dakwah di Kelurahan Taman Agung Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 1(2), 1–6. http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JPPM
Aprianti, Mubarokah, K., Yuantari, C., & Rahma, N. S. (2023). Literasi Informasi Nilai Gizi pada Masyarakat Usia Produktif di Kota Semarang, Indonesia. Amerta Nutrition, 7(3), 406–412.
Aprila, P., Handayani, A., Faris, A., Himawan, I., & Cahyadi, N. (2023). Pengaruh Lama Usaha, Tingkat Pendidikan, dan Teknologi Terhadap Pendapatan UMKM Furniture di Menganti. Sibatik Journal, 2(8), 2461–2468. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i8.1271
Churiyah, M., Sholikhan, Susanti, E., & Pratikno, H. (2021). Strategi Penguatan Daya Saing UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karinov, 4(2), 129–135.
Dewi, N. T., Yunita, L., Sukanty, N. M. W., & Ariani, F. (2023). Edukasi Label Informasi Nilai Gizi sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan Membaca Label Gizi Siswa di SMAN 5 Mataram. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 4(1), 246–252. https://doi.org/10.35311/jmpm.v4i1.225
Fitri, A., Burhanudin, H., Huda, N., & Ikhsan, R. (2022). Pelatihan Pemasaran Produk melalui Media Online dan Pembuatan Izin Usaha bagi Pelaku UMKM di Desa Simorejo Bojonegoro. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 706–713. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.625
Hayun, S. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif, Afektif, dan Psikomotor pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(1), 49–64.
Husen, Z., & Jannang, A. R. (2023). Bisnis Kuliner Makanan dan Minuman sebagai Penggerak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Gambesi. Jurnal Pedimas Pasifik, 2(2), 64–71.
Ismawartati, Karlina, D., Yaniza, T., Windah, & Harvanto, B. F. (2023). Pembangunan UMKM Melalui Pelatihan Label Pangan dan Kebersihan Produk bagi Pelaku Usaha “Snack Makasih” di Desa Jawa Tengah Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 1726–1731.
Juwita, Qodaruddin, M., & Sulvinajayanti. (2022). Comparative Study of One Way and Two Way Communication Da’wah in the Religious Development of Mosque Youth. Jurnal Kajian Manajemen Dakwah, 4(2), 92–100.
Kholik, A., & Rahmi, D. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Makanan dan Minuman di Kelurahan Tamansari Kota Bandung. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 133–142. https://doi.org/10.29313/jrieb.v3i2.2796
Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan Labeling Kemasan Produk UMKM Mitra Binaan Posyantek Al-Ikhlas. JUrnal Masyarakat Mandiri, 5(2), 624–632. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4105
Melinda, A., & Farida, E. (2021). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Ilmu Keolahragaan UNNES dalam Membaca Label Informasi Nilai Gizi. Indonesia Journal of Public Health and Nutrition, 1(3), 491–498. https://doi.org/10.15294/ijphn.v1i3.47863
Nurmala, Sinari, T., Lilianti, E., Jusmani, Emilda, Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner sebagai Penggerak UMKM pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 65–74.
Perdana, F., Pratiwi, W., Assaat, L. D., Denny, Y. R., Hartono, R., Ramdani, S. D., & Nuradhiani, A. (2024). Assessment of Nutritional Composition, Quality, and Microbiological Safety of Nasi Padang In-Flight Meals Provided by PT. X. Jurnal Gizi Kerja Dan Produktivitas, 5(1), 190–196. https://doi.org/10.62870/jgkp.v5i1.27914
Prawira, I. K. P. Y., Wijaya, H., & Prangdimurti, E. (2016). Korelasi Informasi Nilai Gizi terhadap Keputusan Pembelian Biskuit dan Kukis oleh Konsumen Jakarta dan Sekitarnya. Jurnal Mutu Pangan, 3(2), 138–144.
Qudsi, L. J., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja UMKM Jakarta. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 1151–1164. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4376
Sari, D. W., Pratikto, H., & Sopiah, S. (2022). Pengaruh Gender Pada Kinerja UMKM: Sebuah Literatur Review. Jurnal NUsantara Aplikasi Managemen Bisnis, 7(2), 194–205. https://doi.org/10.29407/nusamba.v7i2.16837
Sumartan, S., & Wahyuddin, N. (2023). Peranan Bisnis Makanan dan Minuman Berbasis Home Industry Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Pelaku UMKM di Kawasan Kuliner Monumen Ganggawa Kabupaten Sidenreng Rappang. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(4), 15–32. https://doi.org/10.30640/trending.v1i4.1434
Sunardi, N., Sarwani, Nurzaman, E., Pranoto, & Hasmanto, B. (2020). Peran Digital Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan UKM yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat di Kab. Purwakata di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1), 58–67. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH
Supriyanto, Suri, A., Irfan, Y., Adriansyah, P. N. A., & Fina, D. H. (2024). Sosialisasi dan Pencantuman Informasi Nilai Gizi Pada Produk Stik Mangrove. Jurnal Pelita Pengabdian, 2(1), 1–6. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jpp/
Suwandi, A., Rahmalina, D., Susilawati, & Rudiatin, E. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM Piseminasi Teknologi. SULUH: Jurnal Abdimas, 4(2), 138–147. http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/SULUH
Syahadatina, R., Purwanto, & Bustaram, I. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Keberhasilan Umkm. Jurnal Ekonomi Dan Managemen Teknologi, 6(2), 280–285. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.636
Umar, F., Sari, R. W., Thasim, S., Hasnaeni, H., & Ananda, S. R. (2024). Penguatan Branding Aspek Gizi dan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Mutu dan Daya Saing UMKM. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 5(1), 77–85. https://doi.org/10.36590/jagri.v5i1.1020
Utami, A. D., Wardani, K. D. K. A., & Gorda, E. S. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM Kuliner dI Desa Adat Panjer melalui Pengembangan Media Pemasaran Berbasis Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.38458
Widawati, & Rizqi, E. R. (2023). Pendampingan Pelaku UMKM dalam Pencantuman Informasi Nilai Gizi Mie Kelor Instan. Care: Journal Pengabdian Multi Disiplin, 2(2), 115–121.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Isti Handayani, Aisyah Tri Septiana, Pepita Haryanti, Masrukhi, Tegar Nadhifah Risdayanti, Kharisma Muliawardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: