WORKSHOP BIMBINGAN KLASIKAL PADA GURU BIMBINGAN DAN KOSELING KABUPATEN KARANGANYAR
Abstract
Abstrak: Program pengabdian ini didasari oleh miminmya pemahaman dan kemampuan para guru bimbingan dan konseling terhadap metode dan teknik dalam layanan bimbingan klasikal yang saat ini idealnya telah terintegrasi dengan teknologi informasi dan digital. Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk meningkatan kualitas layanan bimbingan klasikal yang diberikan oleh para guru bimbingan dan konseling kepada siswa disekolah. Pelaksanaan workshop dilaksanakan secara blended learning, selanjutnya dilakukan group assignments dan mentoring kepada para peserta yang terdiri dari para guru bimbingan dan konseling SMP Kabupaten Karanganyar sejumlah 30 orang. Instrumen angket yang digunakan pada kegiatan ini terdiri dari 10 butir pertanyaan dan berdsarkan hasil analisis capaian terhadap peningkatan kemampuan dan pemahaman guru bimbingan dan konseling SMP Kabupaten karanganyar dalam layanan bimbingan klasikal sebesar 73,33 %, Sedangkan kontribusi yang diberikan oleh kegiatan workshop terhadap arah perubahan dan perkembangan para peserta adalah 45,45%. Hal tersebut berdasarkan analisis hasil perhitungan nilai N Gain Score sebesar 0,4545.
Abstract: This service program is based on the lack of understanding and ability of guidance and counseling teachers towards methods and techniques in classical guidance services which are now ideally integrated with information and digital technology. The purpose of this service program is to improve the quality of classical guidance services provided by guidance and counseling teachers to students at school. The implementation of the workshop was carried out by blended learning, then group assignments and mentoring were carried out to the participants consisting of 30 junior high school guidance and counseling teachers in Karanganyar Regency. The questionnaire instrument used in this activity consisted of 10 questions and based on the results of the analysis of the achievement of increasing the ability and understanding of junior high school guidance and counseling teachers in classical guidance services amounted to 73.33%, while the contribution made by workshop activities to the direction of change and development of the participants was 45.45%. This is based on the analysis of the results of the calculation of the N Gain Score value of 0.4545.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abdullah, A., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Pemberdayaan Keberhasilan Pendidikan: Berfikir Sistem, External Pendidikan, Menggali Potensi Diri Dalam Tradisi Kesisteman. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 826–843.
Andriati, N. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/6873/4939
Bahri, S. (2020). Studi Evaluasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Pencerahan, 14(1), 39–61.
Darmawani, E. (2018). Metode Ekspositori dalam Pelaksanan Bimbingan dan Konseling Klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30–44.
Devita, R., & Budiyanto, C. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Kecerdasan Naturlis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sdn 1 Mekarsari Saat Pandemi Covid-19. Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 29–36.
Ersya, Z. L. (2022). Planning Of The Needs Assessment Program For The College In Guidance And Counseling In Junior High School. Journal of Counseling, Education and Society, 3(2), 33–36. https://doi.org/10.29210/08jces188600
Farozin, M. (2012). Pengembangan model bimbingan klasikal untuk meningkatan motivasi belajar siswa SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1.
Ford, M., & Morice, J. (2003). How Fair are Group Assignments?A Survey of Students and Faculty and a Modest Proposal. Journal of Information Technology Education: Research, 2, 367–378. https://doi.org/10.28945/335
Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170.
Fuad, A. H., Salim, M. N., & Hariastuti, R. T. (2022). Experiential Learning Sebagai Teknik Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(3), 250–263.
Halmahera, A. D. S., Pratanti, A. D., Benardy, D. C. S., & Huda, S. (2024). Pelaksanaan Bimbingan Klasikal yang Berpihak pada Peserta Didik: Tinjauan Terhadap Metode, Praktik dan Tantangan. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan. https://doi.org/10.22460/quanta.v8i2.4767
Hanim, W., Mamesah, M., & Anzelyna, R. R. (2018). Pengaruh Bimbingan Klasikal dengan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 56–71.
Harahap, A. C. P., Anggreini, A., Setiawan, B., Ummi, F., Mayarani, L., Sitompul, M. R., Fahmi, M. I., Hsb, R. S. N., & Anggini, Y. C. (2022). Kebermanfaatan Need Assesment bagi Program BK di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6606–6610.
Haughey, C. (1981). Dissemination. Http://Dx.Doi.Org/10.1177/088840648100400202, 4(2), 5–12. https://doi.org/10.1177/088840648100400202
Jeong, S., Irby, B. J., Boswell, J., & Pugliese, E. (2018). Editor’s overview: outcomes and benefits of mentoring. Mentoring and Tutoring: Partnership in Learning, 26(4), 355–357. https://doi.org/10.1080/13611267.2018.1530090
Kemendikbud, B. (2020). Implementasin Bimbingan dan Konseling untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbudristek BSKAP RI, 92.
Khoiriyah, E., Azizah, Z., & Muhid, A. (2021). Program Layanan Bimbingan Klasikal dengan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19: Literature Review. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 11–19.
Pratiwi, I., Utama, B., Azizah, S. N., Purnama, J., & Hijriani, I. (2022). Risalah Kebijakan - Urgensi Penguatan Pemahaman Sekolah dan Kapasitas Guru BK terkait Penghapusan Jurusan. September, 1–8. https://pskp.kemdikbud.go.id/
Rahmat, H. K. (2023). Using Classical Guidance Services To Improve Disaster Literacy for Students. Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research, 2(2), 2962–8350.
Sandra, R., Suhaili, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2022). Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling dan Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Edukasi, 2(1), 55–62.
Saputri, S. M., Prayitno, P., & Jaya, Y. (2018). Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Serta Pembinaannya. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1–20.
Sasmita, H., Neviyarni, N., Ahmad, R., & Syukur, Y. (2021). Management Guidance and Counseling in School. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling. https://doi.org/10.18326/PAMOMONG.V2I1.14-24
Sholihah, I. N., & Handayani, T. (2020). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Bimbingan Klasikal Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 50–58.
Sutirna, S., & Intisari, I. (2022). Analysis of the Importance of Guidance and Counseling Services for Students. JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation. https://doi.org/10.21009/jisae.v8i2.28090
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.27688
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mualwi Widiatmoko, Moh Farozin, Fathur Rahman, Ulvina Rachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: