PELATIHAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOPEDAGOGI MELALUI REFLEKSI BUDAYA LOKAL KABUPATEN TRENGGALEK
Abstract
Abstrak: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman guru tentang desain pembelajaran etnopedagogi, melalui refleksi budaya lokal serta guru masih berpedoman pada buku guru di dalam pengelolaan pembelajaran. Tujuan PkM ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun desain pembealjaran etnopedagogi melalui pelatihan dan pendampingan. Metode PKM mealui pelatihan yang terdiri atas perencanaan dan persiapan, penyusunan desain pembelajaran, pelaksaanaan, dan evaluasi serta monitoring. Sasaran kegiatan ini adalah 42 guru jenjang sekolah dasar di Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur. Evaluasi diukur menggunakan angket. Hasil PKM menunjukkan bahwa >95% guru mampu menyusun desain pembelajaran berbasis etnopedagogi melalui refleksi budaya lokal kabupaten trenggalek. Maka,dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru di Kabupaten Trenggalek mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun desain pembelajaran.
Abstract: This community service (PkM) is motivated by the low understanding of teachers about ethnopedagogy learning design, through local cultural reflection and teachers still refer to teacher's books in learning management. The purpose of this PkM is to improve teachers' ability to compile ethnopedagogy learning designs through training and mentoring. The PKM method is through training consisting of planning and preparation, preparation of learning designs, implementation, and evaluation and monitoring. The target of this activity is 42 elementary school teachers in Trenggalek Regency, East Java Province. Evaluation is measured using a questionnaire. The PKM results show that >95% of teachers are able to compile ethnopedagogy-based learning designs through local cultural reflections in Trenggalek Regency. So, it can be concluded that the implementation of training and mentoring for teachers in Trenggalek Regency is able to improve teachers' ability to compile learning designs.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Andini, D. R., & Sirozi, M. (2024). Integrasi Kearifan Lokal dalam Perencanaan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), Article 3. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i3.566
Anwar, B. (2018). Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran. Shaut al Arabiyyah, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7129
Fuadi, A., Krisnawati, N., Nurlaili, L., Novianto, E., & Nugraha, A. B. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Methik Pari di Desa Sidomulyo Perspektif Psikologi. Global Education Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59525/gej.v1i1.140
Istiningsih, G. (2024). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Etnopedagogi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Magelang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13153
Januardi, A., Superman, S., & Nur, S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Tradisi Masyarakat Sambas dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.604
Kholidah, L. N., Hidayat, S., Jamaludin, U., & Leksono, S. M. (2023). Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Siswa Sd Melalui Sate Bandeng (Chanos Chanos). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8449
Laksana, D. N. L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa SD Kelas Rendah. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 012. https://doi.org/10.17977/um038v7i12024p012
Lidi, M. W. (2019). Ragam Implementasi Materi Lokal Melalui Komponen-Komponen Pembelajaran Dalam Pembelajaran Sains. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.109
Mariana, N., Puspita, A. M. I., Mintohari, M., Muhimmah, H. A., & Abidin, Z. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Etnopedagogi bagi Guru Sekolah Dasar. SABDAMAS, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.25170/sabdamas.v2i1.5049
Mukhid, M. P. (2023). Disain Teknologi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Budaya Organisasi Di Lembaga Pendidikan (B. Saladin, Ed.). Pustaka Egaliter.Com. http://repository.iainmadura.ac.id/904/
Rahmah, S. A. (2020). Implementasi Kearifan Lokal Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh, Silih Wawangi, Silih Wawangi, Silih Wawangi Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/sosietas.v10i1.26008
Ramadhan, Z. H. (2019). Etnopedagogi Di Sd Negeri 111 Kota Pekanbaru. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i3.16354
Saputri, R. M., Rinenggo, A., & Suharno, S. (2021). Eksistensi Tradisi Nyadran Sebagai Penguatan Identitas Nasional Di Tengah Modernisasi. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32585/cessj.v3i2.2080
Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157
Subrata, I. M., & Rai, I. G. A. (2023). Pembelajaran Biologi Berbasis Etnopedagogi Dalam Peningkatan Literasi Sains Dan Karakter Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/santimas/article/view/3242
Sugara, U., & Sugito. (2022). Etnopedagogi: Gagasan dan Peluang Penerapannya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2888
Sunarno, W. (n.d.). Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4.0.
Suroto, S. (2016). Dinamika Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Memperkuat Karakter Unggul Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 1040–1046. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i2.2428
Susilaningtiyas, D. E., & Falaq, Y. (2021). Internalisasi Kearifan Lokal Sebagai Etnopedagogi: Sumber Pengembangan Materi Pendidikan Ips Bagi Generasi Millenial. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i2.49391
Zuriah, N. (2014). Analisis Teoritik tentang Etnopedagogi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa di Perguruan Tinggi.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i1.27986
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ivo Yuliana, Neni Mariana, Nadia Lutfi Choirunnisa, Ari Metalin Ika Puspita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: