SISTEM PEMANATAUAN AKUAPONIK UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM GAHARU
Abstract
Abstrak: Sekolah Alam Gaharu merupakan sekolah alam yang mengutamakan interaksi siswa dengan alam dalam process pembelajarannya. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh Sekolah Alam Gaharu adalah sistem akuaponik sebagai media belajarnya. Untuk mengoptimalkan akuaponik sebagai media belajar, pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dikembangkan dan diimplementasikan sistem pemantauan akuaponik berbasis IoT sebagai media pembelajaran STEM di Sekolah Alam Gaharu. Sistem ini memonitor parameter penting seperti pH dan suhu air yang dikirimkan ke cloud dan ditampilkan melalui website. Proses implementasi meliputi pengembangan alat, instalasi sistem, dan survei evaluasi kepada pengguna. Dari hasil survei mengenai sistem yang diimplementasikan sebagai media belajar terhadap 10 guru di Sekolah Alam Gaharu menunjukkan bahwa sistem ini diterima dengan baik, dengan 80% responden menyatakan sangat setuju dan 20% setuju bahwa sistem tersebut mendukung pembelajaran STEM. Selain memberikan wawasan praktis tentang keberlanjutan, sistem ini meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep STEM melalui pendekatan berbasis teknologi. Kegiatan ini berhasil menunjukkan bahwa IoT dapat menjadi solusi efektif untuk mendukung pendidikan berbasis alam.
Abstract: Gaharu Nature School is a nature-based school that prioritizes student interaction with the environment in its learning process. One of the facilities provided by the school is an aquaponics system used as a learning medium. To optimize aquaponics as an educational tool, this community service activity developed and implemented an IoT-based aquaponics monitoring system as a STEM learning medium at Gaharu Nature School. The system monitors key parameters such as pH and water temperature, sending the data to the cloud and displaying it through a website. The implementation process included tool development, system installation, and a user evaluation survey. Results from a survey of 10 teachers at the school indicated that the system was well received, with 80% of respondents strongly agreeing and 20% agreeing that the system supports STEM learning. In addition to providing practical insights into sustainability, the system enhances students’ understanding of STEM concepts through a technology-based approach. This activity successfully demonstrated that IoT can be an effective solution to support nature-based education.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ashoka Indonesia. (2016). Lendo Novo: Pendiri Sekolah Alam, Penggagas Sobat Bumi. Retrieved from https://pembaharublog.wordpress.com/2016/10/28/lendo-novo-pendiri-sekolah-alam-penggagas-sobat-bumi-bagian-i/
Asma, T. H., Mohamed, H., & Kaouther, L. O. (2023). IOT Design and Water Monitoring of an Aquaponic System. 2023 IEEE Third International Conference on Signal, Control and Communication (SCC), 1–6. doi: 10.1109/SCC59637.2023.10527643
Baganz, G. F. M., Junge, R., Portella, M. C., Goddek, S., Keesman, K. J., Baganz, D., Staaks, G., Shaw, C., Lohrberg, F., & Kloas, W. (2022). The Aquaponic Principle—It Is All About Coupling. Reviews in Aquaculture, 14(1), 252–264. doi: 10.1111/raq.12596
Bunga, J., Siammukaromah, N., & Hujjatusnaini, N. (2024). Implementasi Sistem Aquaponik sebagai Media Pembelajaran pada Modul P5PPRA di Madrasah Aliyah Hidayatul Insan. doi: 10.62951/manfaat.v1i4.139
Dimyati A, M., Suwardiyanto, D., Yuliandoko, H., & Arief W, V. (2018). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (On Line) Bagi Guru Dan Siswa Di SMK NU Rogojampi. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). doi: 10.25047/j-dinamika.v2i2.565
Ifa Khoiria Bingrum, & Yuniarti Ita Purnama. (2019). Sekolah Alam. Kun Fyakum.
Istiqomah, I., Aziz, A. A., Rizal, A., Bahrudin, M. F., Soediponegoro, S., Azriansyah, A., Abas, A. I., & Salman, M. Y. (2023). Pemenuhan Kebutuhan Media Pembelajaran Di Sekolah Alam Dengan Mengimplementasikan Sistem Pemantauan Kolom Ikan Di Beberapa Titik Berbasis IoT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3749. doi: 10.31764/jmm.v7i4.16318
Istiqomah, I., Aziz, A. A., Rizal, A., Bahrudin, M. F., Soediponegoro, S., Azriansyah, A., Sundawa, N. W., Isnaini, A. N., & Antu, V. A. F. (2024). Penerapan Panel Surya Sebagai Media Pembelajaran Energi Terbaharukan Dan Energi Listrik Tambahan Di Sekolah Alam Gaharu. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 1704. doi: 10.31764/jmm.v8i2.21562
Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013. Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-2013/
Laili, N., Nurjanah, U., & Hakim, M. (2020). Implementasi Sistem Akuaponik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTS Zainul Hasan Balung. Jurnal Bioshell, 9(1), 16–20. doi: 10.36835/bio.v9i1.759
Maryati. (2007). Sekolah Alam, Alternatif Pendidikan Sains Yang Membebaskan Dan Menyenangkan.
Megawati, D., Masykuroh, K., & Kurnianto, D. (2020). Rancang Bangun Sistem Monitoring PH dan Suhu Air pada Akuaponik Berbasis Internet of Thing (IoT). TELKA - Telekomunikasi Elektronika Komputasi Dan Kontrol, 6(2), 124–137. doi: 10.15575/telka.v6n2.124-137
Muhammad Nur Faizi, Angga Rusdinar, & Azam Zamhuri Fuadi. (2022). Sistem Pengendali dan Pemantauan pH Air pada Tanaman Akuaponik dengan Metode Fuzzy Logic Controller.
Program Studi Buiddaya Ikan, M., Seruyan Jl Yani Kuala Pembuang II, P. A., Hilir, S., & Tengah, K. (n.d.). Pengelolaan Kualitas Air Untuk Sistem Budidaya Aquaponik Water Quality Management For Aquaponic Farming Systems. Jurnal Belida Indonesia, 4(2).
Ririsna Girsang, A., Thesalonika, E., & Tambunan, J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 230–240. doi: 10.56855/intel.v3i4.1207
Ronaldi, R., & Supriyoko, S. (2020). Manajemen Pembelajaran Alam Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik. Media Manajemen Pendidikan, 2(3), 389. doi: 10.30738/mmp.v2i3.6778
Sariman, S., Fitriyah, A. T., Patandean, A. J., Swandi, A., & Putri, F. M. (2024). Penerapan Sistem Aquaponik Berbasis Energi Baru Terbarukan Sebagai Sarana Pembelajaran Ipa Dan Produk Kewirausahaan Sekolah. In Communnity Development Journal (Vol. 5, Issue 5).
Udin Harun Al Rasyid, M., Mubtadai, N. R., Sukaridhoto, S., Ardianto, R., Fahmi, N., Nugraha, A. Y. D., & Faisal, M. (2022). Water quality monitoring system in aquaculture environment based on internet of things. IET Conference Proceedings, 2021(11), 195–200. doi: 10.1049/icp.2022.0340
‘Ulum, I. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2). doi: 10.21831/jpa.v3i2.11707
Yep, B., & Zheng, Y. (2019). Aquaponic trends and challenges – A review. Journal of Cleaner Production, 228, 1586–1599. doi: 10.1016/j.jclepro.2019.04.290
Yunike, Ira Kusumawaty, & Sri Martini. (2021). Mengedukasi Orang Tua Siswa Di Sekolah Alam Palembang Tentang Pengasuhan Positif.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29355
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Istiqomah, Arif Abdul Aziz, Achmad Rizal, Teguh Patriananda, Abdillah Nur Isnaini, Mayco Ikhsan Hanafi, Zaidan Fitra Baihaqi, Ni Kadek Cindy Sriastiti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: