EDUKASI KEGIATAN LITERASI-NUMERASI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR

Hariyanti Hariyanti, Filma Alia Sari, Gigieh Cahya Permady, Dini Handayani, Saepudin Karta Sasmita

Abstract


Abstrak: program kampus mengajar bertujuan untuk meningkatkan kualitas literasi numerasi di persekolahan yang cenderung masih rendah, dibuktikan dari kurangnya minat baca dan kunjungan ke perpustakaan hingga pengelolaan fasilitas literasi yang belum memadai. Literasi-numerasi dilakukan dengan berbagai kegiatan harian. Metode pengabdian yang dilakukan yakni edukasi, sosialisasi dan pembiasaan. Mitra dari pengabdian ini adalah sekolah dasar 011 Desa Baru Kabupaten Kampar, Riau, yang terdiri dari 1145 orang peserta didik dan 63 orang guru ditambah tenaga kependidikan. Adapun kegiatan dari pengabdian ini diantaranya literasi kelas, mading, pembuatan poster, penataan perpustakaan, penanaman toga serta pembuatan media numerasi. Edukasi dan pembiasaan ini cukup berdampak yang terlihat dari hasil pre test AKM numerasi yakni 66 dan mengalami kenaikan pada angka 71 saat post test AKM. Direkomendasikan agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh tim pengabdi kampus mengajar terus dilanjutkan oleh mitra untuk perbaikan literasi numerasi siswa kedepannya.

Abstract: The campus teaching program aims to improve the quality of numeracy literacy in schools which tends to be low, as evidenced by the lack of interest in reading and visits to the library to the management of inadequate literacy facilities. Numeracy literacy is carried out through various daily activities. The community service methods used are education, socialization and habituation. The partner of this community service is elementary school 011 Desa Baru, Kampar Regency, Riau, which consists of 1145 students and 63 teachers plus education staff. The activities of this community service include classroom literacy, wall magazines, poster making, library arrangement, planting toga and making numeracy media. This education and habituation have had quite an impact as seen from the results of the AKM numeracy pre-test, which was 66 and increased to 71 during the AKM post-test. It is recommended that the activities carried out by the campus teaching community service team continue to be continued by partners to improve students' numeracy literacy in the future.


Keywords


Education; Literacy; Numeracy; Teaching Campus; Elementary School.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aan, W., Saidatul, I., & Kholida, F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar (The Role Of The Teacher In The Literacy Movement Elementary Schools). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 2021.

Dewi, P. Y. A. (2019). Gerakan Membaca Di Awal Pelajaran Guna Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 77–85.

Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachman. A, Veniaty, S., & Ramadhan, I. (2021). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(No.1), 102–113.

Hariyanti, dadang sundawa. (2023). Penguatan pendidikan karakter melalui program kampus mengajar di sekolah dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 08(02), 29–42.

Hariyanti, et all. (2023). Kampus mengajar angkatan 4 dan peningkatan literasi numerasi peserta didik berkebutuhan khusus. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(2), 1482–1496.

Hariyanti, et al. (2023). Campus teaching: an effort to enhance the primary education quality in remote area. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(2), 122–138.

Ifrida, F., Huda, M., Joko Prayitno, H., Purnomo, E., & Sujalwo. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94

Lindawati, R. (2022). Bakti untuk Negeri melalui Program Kampus Mengajar: Sharing Session. Jurnal Abdidas, 3(1), 176–180. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.556

Mengajar, T. P. K. (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023.

Mengajar, T. program kampus. (2022). buku panduan kampus mengajar angkatan 4. In kementerian pendidikan kebudayaan, riset dan teknologi.

Net, W. W. W. P., Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The Impact of “ Kampus Mengajar MBKM Program ” on Students ’ Social Skills. 12(3), 220–225. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23

Pardede, S. D., Ongsina, O., Sidabutar, A. D., Simamora, S., & Tobing, S. B. (2022). Analisis Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 2 terhadap Peningkatan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar Akreditasi C. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4864–4868. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1071

Pardede, S. D., Pardede, S., & Siregar, H. A. (2022). Analisis Kegiatan Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 4(4), 5422–5431.

Prayudi, A., Islamiyah, M., Yanbaqi Abidin Putra, M., Nurhairatu, N., Febriyanti, Y., & Nurfadillah, S. (2023). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Di SDN 12 Dompu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1175–1186. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.337

Rizky Kertanegara, M., Nabila, A., Nanda Berlian, C., Jeaniffer, E., Dwi, F., & Sabrina, I. (2020). The Effect of Media Literacy Level on the Behavior of Hoax Spread among Generation Z (Study of SMA Negeri 4 Depok Students). Jurnal Konvergensi, 2(1), 108–126.

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Tobing, E., Junaedi, Irbath, N., Wagiran, Ginting, M., Putri, A. A., Jesica, A. M., Sunarni, R. R., Cahyono, E., Hendrastomo, G., Nursa’ban, M., Sondang, A., Fitriana, N., WY, H. J., Sampe, M. Z., Sandi, F. A., & Aryo, R. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar angkatan 3 tahun 2022.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hariyanti, Filma Alia Sari, Gigieh Cahya Permady, Dini Handayani, Saepudin Karta Sasmita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: