PELATIHAN RANCANGAN PENELITIAN BAGI PERAWAT KLINIS

Dheni Koerniawan, Pra Dian Mariadi, Ketut Suryani, Maria Tarisia Rini, Vausta Nurjanah

Abstract


Abstrak: Penelitian merupakan “jembatan” antara teori dan Praktik khususnya dalam keperawatan. Penelitian mengungkapkan hal-hal praktis dalam asuhan yang sehari-hari diberikan kepada pasien sebagai bentuk praktik yang berbasis bukti. Kebutuhan perawat klinis dalam tuntutan jenjang karir, pendidikan keperawatan berkelanjutan, dan standar nasional akreditasi rumah sakit mendorong perawat untuk membudayakan suasana ilmiah yang salah satunya dalam bentuk penelitian. Hal ini pun juga dialami oleh mitra, sehingga dibutuhkan pendampingan dalam bentuk pelatihan untuk merancang rencana penelitian keperawatan. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan mitra dalam merancang penelitian. Metode dilaksanakan dalam bentuk kegiatan paparan materi, praktikum, dan presentasi proposal penelitian yang dilakukan selama tiga hari. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa hasil pretest terdapat 20 orang (71,4%) yang memiliki kategori pengetahuan kurang, 8 orang (28,6%) dengan kategori sedang. Sedangkan, hasil posttest terdapat 5 orang (17,9%) dengan kategori pengetahuan sedang dan 23 orang (82,1%) dengan kategori baik. Sehingga, terjadi peningkatan tingkat pengetahuan sebanyak 26 orang (96,43%) dan satu orang (3,57%) berada pada tingkat pengetahuan yang tetap.

 

Abstract:  Research is a "bridge" between theory and practice, especially in nursing. Research reveals practical things in care that are provided daily to patients as a form of evidence-based practice. The need for clinical nurses in the demands of career level, ongoing nursing education, and national standards of hospital accreditation encourages nurses to cultivate a scientific atmosphere culture, which one of it is research. This is also experienced by partners, so it requires assistance in the form of training to design a nursing research plan. The solutions offered are carried out in the form of material exposure activities, practicum, and presentation of research proposals conducted for three days. The results showed that the pre-test results were 20 persons (71.4%) who have less knowledge category, 8 persons (28.6%) with medium category. Meanwhile, post-test result there are 5 persons (17.9%) with medium knowledge category and 23 persons (82.1%), with medium category. Thus, there are increasing knowledge as 26 persons (96.43%) and one of them not change (3.57%).


Keywords


Clinical Nurses; Nursing; Proposal; Research; Training.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


AbuRuz, M. E., Hayeah, H. A., Al-Dweik, G., & Al Akash, H. Y. (2017). Knowledge, Attitudes, and Practice about Evidence-Based Practice: A Jordanian Study. Health Science Journal, 11(2). https://doi.org/10.21767/1791-809x.1000489

Cruz, J. P., Colet, P. C., Alquwez, N., Alqubeilat, H., Bashtawi, M. A., Ahmed, E. A., & Cruz, C. P. (2016). Evidence-based practice beliefs and implementation among the nursing bridge program students of a Saudi University. International Journal of Health Science, 10(3), 405–414. https://doi.org/10.12816/0048735

Dizon, J. M. R., Grimmer-Somers, K. A., & Kumar, S. (2012). Current evidence on evidence-based practice training in allied health: A systematic review of the literature. International Journal of Evidence-Based Healthcare, 10(4), 347–360. https://doi.org/10.1111/j.1744-1609.2012.00295.x

Fajarini, M., & Rahayu, S. (2020). Karakteristik Pasien Rawat Inap Meninggal ≥48 Jam Dirawat: Pelatihan Penelitian bagi Perawat. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 77–83. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i1.1559

Grol, R., Wensing, M., Eccles, M., & Davis, D. (2013). Improving Patient Care: The Implementation of Change in Healthcare (2nd ed.). John Wiley & Sons Ltd.

Hidayat, W., Yusuf, S., Erika, K. A., & Kadar, K. (2019). Pendidikan evidence-based practice melalui mentoring program oleh perawat di rumah sakit: A literature review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(2), 174–186.

KARS. (2017). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit edisi 1. In Standar Akreditasi Rumah Sakit (p. 421).

Kemenkumham RI. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia No. 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan. In Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (38 tahun 2014).

Kemenkumham RI. (2015). PPRI no. 93 tahun 2015 tentang Rumah Sakit Pendidikan. In Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (93 tahun 205).

Kementrian Kesehatan RI. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no. 40 tahun 2017 tentang Pengembangan Jenjang Karir Profesional Perawat Klinis. In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (40 tahun 2014).

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no. 26 tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang no. 38 tahun 2014 tentang Keperawatan. In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (26 tahun 2019).

Kyriakoulis, K., Patelarou, A., Laliotis, A., Wan, A. C., Matalliotakis, M., Tsiou, C., & Patelarou, E. (2016). Journal of Educational Evaluation for Health Professions Educational strategies for teaching evidence-based practice to undergraduate health students: systematic review. J Educ Eval Health Prof, 13(34), 1–10. http://dx.doi.org/10.3352/jeehp.2016.13.34

Llasus, L. S. M. (2011). Graduating BSN students’ EBP knowledge, EBP readiness and EBP implementation. Graduating BSN Students’ Ebp Knowledge, Ebp Readiness & Ebp Implementation, 233 p-233 p. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ccm&AN=109857702&site=ehost-live

Melynk, B. M., & Fineout-Overholt, E. (2011). Evidence-Based Practice in Nursing and Healthcare: A Guide to Best Practice. Lippincott Williams & Wilkins.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2014). Nursing Research: Principles and Methods (12th ed.). Lippincott Williams & Wilkins.

Potter, P. A., Perry, G. A., Stockert, P. A., & Hall, A. H. (2021). Fundamental of Nursing (10th ed.). Elsevier.

PPNI. (2016). Pedoman Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan (PKB) (2nd ed.). PPNI.

Stevens, K. R. (2013). The impact of evidence-based practice in nursing and the next big ideas. Online Journal of Issues in Nursing, 18(2), 4. https://doi.org/10.3912/OJIN.Vol18No02Man04




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.3908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dheni Koerniawan, Pra Dian Mariadi, Ketut Suryani, Maria Tarisia Rini, Vausta Nurjanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: