PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SDN NGARGOGONDO MAGELANG DALAM MELAKUKAN PENILAIAN MELALUI WORKSHOP EVALUASI KURIKULUM 2013

Aslam Aslam, Sri Lestari Handayani, Zulherman Zulherman

Abstract


Abstrak: Kegiatan pengabdian ini telah dilakasnakan pada 25-26 Februari 2019 dan bermitra dengan SDN Ngargogondo Magelang Jawa Tengah. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan memperdalam pemahaman guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran khususnya penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013. Peserta kegiatan pengabdian ini adalah 21 guru-guru perwakilan SDN di sekitar daerah Ngargogondo. Terdapat 4 sekolah yang menjadi peserta kegiatan pengabdian ini yaitu SDN Tanjungsari, SDN Ngargogondo, SDN Borobudur, dan SDN Wanurejo. Kegiatan pengabdin ini dilakukan berdasarkan informasi bahwa mayoritas guru di SD tersebut mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian Kurikulum 13 yang berbasis komputer. Hal ini dikarenakan mayoritas guru belum mahir dalam mengoperasikan komputer dengan baik dan kemampuan guru dalam melakukan evaluasi masih minim sehingga dibutuhkan pelatihan yang cocok untuk mengatasi hal tersebut yaitu pelatihan penilaiakan K13. Langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan adalah (1) Tahap persiapan berupa observasi, pemantapan dan penentuan lokasi sasaran, dan komunikasi dengan mitra; (2) Tahap pelaksanaan berupa paparan materi dan simulasi; dan (3) Tahap evaluasi diberikan dengan diskusi hasil pelaksanaan kegiatan. Hasil. akhir kegiatan menunjukan bahwaMelalui pelatihan yang dilakukan, kompetensi guru-guru meningkat dalam melakukan evaluasi kurikulum 2013.guru-guru di SDN Ngargogondo dapat meningkatkan pengetahuan dan memperdalam pemahaman guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran khususnya penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013.

 

Abstract: This service activity has been carried out in partnership with SDN Ngargogondo Magelang, Central Java. The purpose of this activity is to increase knowledge and deepen teachers' understanding in evaluating learning, especially the assessment used in the 2013 curriculum. The participants of this service activity are 21 teachers from SDN representatives around the Ngargogondo area. There are 4 schools participating in this service activity, namely SDN Tanjungsari, SDN Ngargogondo, SDN Borobudur, and SDN Wanurejo. This service activity was carried out based on information that the majority of teachers in the elementary school had difficulties in conducting computer-based Curriculum of 13 assessments. The steps of the activities to be carried out are (1) the preparation stage in the form of observation, stabilization and determination of target locations, and communication with partners; (2) The implementation stage is in the form of material exposure and simulation; and (3) the evaluation stage is given a question in the form of a post-test. The final result of the activity shows that the competence of teachers increases in evaluating the 2013 curriculum.This service activity was carried out on February 25-26, 2019, in partnership with SDN Ngargogondo Magelang, Central Java. The participants of this service activity were 21 teachers representing SDN around the Ngargogondo area. Four schools participate in this service activity, namely SDN Tanjungsari, SDN Ngargogondo, SDN Borobudur, and SDN Wanurejo. This service activity was carried out based on information that most teachers in the elementary school had difficulties conducting computer-based K13 assessments. This was because most teachers were not proficient in operating computers properly, and the ability of teachers to conduct evaluations was still minimal, so that appropriate training is needed to overcome this, namely K13 assessment training. The steps of the activities to be carried out are: 1) The preparation stage in the form of observation, stabilization, and determination of target locations, and communication with partners; 2) The implementation stage is in the form of material exposure and simulation; and 3) Evaluation stage. Teachers at SDN Ngargogondo can increase knowledge and deepen teachers' understanding in evaluating learning, especially the assessment used in the 2013 curriculum.

 


Keywords


Assessment; Elementary School Teacher; Evaluation; 2013 Curriculum.

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, R. Y., & Santoso, A. B. (2020). Problamtika Guru Dalam Implementasi Penilaian Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bulukkertowonogiri . Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 7(2), 50–59.

Darmawan, I. K. A., Dantes, N., & Marhaeni, A. (2021). Analisis Keintegrasian Muatan Pelajaran Sekolah Dasar Kelas II Tema Kebersamaan Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32–41.

Demonika, S. ., Mustadi, A., & Rezkillah, I. I. (2019). Implementasi kurikulum 2013 di sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 817–821. https://doi.org/10.31219/osf.io/fe7bt

Dihamri, D., Haimah, H., & Srifitriani, A. (2020). Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013 Guru Sekolah Dasar Negeri Dengan Metode Pendampingan. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.37541/celebesabdimas.v2i1.388

Fitriana Devi. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Kelas IV Sekolah dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 74–79.

Hutagalung, S. M., Manurung, D., & Siallagan, T. K. (2021). Penerapan Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(1), 16–23.

Kuntarto, E., & Susanti, P. (2016). Persepsi Guru Terhadap Aspek Penilaian Sikap dan Aspek Penilaian Keterampilan dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 21–40.

Mutiya, N., Musa, M. I., & Yamin. (2018). Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 108–113. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197.

Purwanti, E., Wahyuningsih, Sulistyorini, & Purnomo. (2019). Sosialisasi Penilaian Sikap Peserta Didik pada Kurikulum 2013 bagi Guru SD Gugus Melati Kec. Ngaliyan Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(1), 12–16.

Putra, I. maulana, & Ningrum, S. (2021). Analisis Nilai - Nilai Karakter yang terkandung pada ada buku mata pelajaran Penjasorkes Kurikulum 2013 kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 64–75.

Saidah, K. (2016). Analisis Kesesuaian Instrumen Penilaian IPS pada Buku Guru Kelas V Tema “Sejarah Peradaban Bangsa Indonesia” dengan Kompetensi dan Prinsip Penilaian IPS SD Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(1), 21–31.

Sari, A. K. P., & Wati, D. P. (2020). Penggunaan Prezi untuk Meningkatkan Keterampilan Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Mengembangkan Multimedia TAVAGIS Kurikulum 2013 Bagi Kemampuan Guru-Guru Sekolah Dasar. Aksiologiya, 4(2), 213–220. http://103.114.35.30/index.php/Axiologiya/article/view/2721

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293

Sulistyorini, S., Hardjono, Harmanto, & Astuti, A. E. (2015). Pelatihan Pengembangan Penilaian Otentik Bagi Guru-Guru Sd Dinas Pendidikan. Abdimas, 19(1), 57–61. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/download/4704/3899

Syukriya, H., Herpratiwi, H., & Yulianti, D. (2016). Evaluasi Implementasi Penilaian Kurikulum 2013. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 1(1), 1–16.

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sdn 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aslam Aslam, Sri Lestari Handayani, Zulherman Zulherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: