STRATEGI PEMASARAN DAN PROMOSI PRODUK UMKM 3D NGUDI REJEKI DI ERA PANDEMI COVID-19

Hanifah Rahmi Fajrin, Putri Rachmawati, Arlan Febriansyah Lagaendo

Abstract


Abstrak: Pemasaran dan penjualan produk secara online merupakan jalan keluar yang sangat solutif agar tidak terjadi kerugian pada pengusaha dan produk UMKM tetap menggeliat pada masa pandemi Covid-19 ini. UMKM 3D Ngudi Rejeki merupakan salah satu UMKM yang bergerak pada produksi makanan keripik pisang yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kurangnya daya beli masyarakat selama wabah ini mengakibatkan UMKM ini mengalami pelemahan income. Hal ini mendasari untuk dilakukannya program pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi agar pemasaran dan branding produk bisa dilakukan dengan bantuan platfrom online seperti e-commerce. Diharapkan dengan adanya program ini dapat membantu pemilik UMKM dalam meningkatkan animo masyarakat untuk membeli produk keripik pisang. Pengabdian masyarakat sudah dilaksanakan meliputi: pembuatan akun Instagram dan shopee, melakukan pengambilan foto produk untuk dishare di media sosial dan akun marketplace, mendesain ulang logo dan packaging serta membuatkan banner untuk promosi UMKM.


Abstract:  Marketing and selling products online is a very helpful solution so that there is no loss to entrepreneurs and MSME products are still stretched during this Covid-19 pandemic. 3D-Ngudi Rejeki is one of the MSMEs engaged in the production of Banana chips, located in Bantul Regency, Yogyakarta. The lack of people's purchasing the products during this outbreak resulted in these MSMEs experiencing a weakening of income. This is the basis for conducting community service programs by utilizing information technology so that product marketing and branding can be done with the help of online platforms such as e-commerce. It is hoped that this program can help MSME owners in increasing public interest in buying Banana chips. The community service has been implemented including creating Instagram and shopee accounts, taking product photos to share on social media and marketplace accounts, redesigning logos and packaging and making banners for MSME promotions.


Keywords


Produk, Marketing, MSME

Full Text:

PDF

References


Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247.

Arrizal, N. Z., & Sofyantoro, S. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila : Jurnal Pemerintahan, Pembangunan, Dan Inovasi Daerah, 2(1), 39–48. http://jurnal.madiunkab.go.id/index.php/bp%0APemberdayaan

Artaya, P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi. Universitas Narotoma Surabaya, April. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10157.95206

Dhimas. (2020). Editing Foto Produk dengan aplikasi. Bhre production.

DPKM-UGM, T. Y. (2020). Dampak Awal Pandemik COVID-19 terhadap UMKM. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram Pada Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2), 239. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.2738

Kusumastuti, A. D. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Bisnis UMKM dalam Mempertahankan Business Continuity Management (BCM). EJournal Administrasi Bisnis, 8(3), 224–232. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jadbis/article/view/4188

Melo, R. de. (2020). Teknik-Foto-Produk-dengan-Smartphone. demelophoto.com.

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Prawita, R., Swasty, W., & Aditia, P. (2017). Membangun Identitas Visual Untuk Media Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Sosioteknologi, 16(1), 27–42. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.3

Rahman, F., & Mawardi, M. K. (2017). Strategi UMKM Dalam Membangun Brand Toko Online Di Marketplace. In skripsi (Vol. 53, Issue 1). universitas Brawijaya.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Sulistiyawati1, E. S., & Anna Widayani. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan Umkm di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133 – 142.

Sunarti, S., Rachmawati, S., & Handayanna, F. (2019). Peningkatan Pendapatan Ukm Pada Hacord Gallery Dengan Aplikasi Web Marketplace E-Commerce. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 166. https://doi.org/10.25273/jta.v4i2.4840

Wahmuda, F., & Hidayat, M. J. (2020). Redesain Logo Dan Media Promosi Sebagai Citra Produk Makanan Ringan Ukm Benok. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 147–159. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3307




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hanifah Rahmi Fajrin, Putri Rachmawati, Arlan Febriansyah Lagaendo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: