PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK DUNIA PENDIDIKAN

Muhammad Sholeh, Joko Triyono, Prita Haryani, Erfanti Fatkhiyah

Abstract


Abstrak: Materi pembelajaran yang mengupas Augmented reality (AR) di dalam kurikulum program studi teknologi informasi di sekolah menengah kejuruan belum masuk dalam materi yang wajib diberikan. Agar siswa dapat mengetahui teknologi AR dan dapat mengembangkan aplikasi AR yang sederhana, perlu adanya kegiatan yang diselenggarakan. Sehingga masalah yang ada, yaitu siswa belum mendapatkan pengetahuan AR dapat dijembatani. Perkembangan AR sangat penting diberikan ke siswa agar para siswa dapat mengikuti perkembangan AR. Hal ini karena penggunaan teknologi (AR) saat ini sudah digunakan pada berbagai bidang, termasuk pada bidang pendidikan. Penggunaan AR dalam materi pembelajaran dapat memberikan penjelasan materi yang lebih detail, Dengan menggunakan AR, materi dapat disajikan dalam bentuk 3D dan dapat dilengkapi dengan narasi serta suara. Metode pelaksanaan dilakukan dengan memberikan pelatihan terutama dalam pengenalan AR pada siswa di SMK Negeri 1 Magelang. Tahapan sebelum melakukan pelatihan dalam bentuk webinar adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi kegiatan. Pada tahap evaluasi siswa mengisi kuesioner dan dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil kegiatan adalah webinar pengenalan teknologi AR. Agar siswa dapat membuat aplikasi sederhana yang menggunakan AR, dalam webinar ini software yang digunakan adalah Metaverse dan Unitear. Hasil olah data kuesioner menunjukkan materi yang disampaikan pada webinar mudah dipahami, 25 siswa menjawab sangat setuju, 86 setuju, 8 siswa tidak tahu dan 3 tidak setuju. Jawaban siswa pada pertanyaan apakah membuat aplikasi AR dengan Metaverse mudah dipahami, 16 menjawab sangat setuju, 93 menjawab setuju,11 siswa menjawab tidak tahu dan 2 siswa menjawab tidak setuju. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan dengan SPSS pada semua item kuesioner. Hasil uji validitas untuk semua item adalah valid. Hasil valid ini berdasar pada perhitungan untuk semua item nilai r hitung > r tabel (0.1793) dan uji reliabilitas, nilai Cronbach's Alpha 0.842. Karena nilai Cronbach’s Alpha >0.60, hasil kuesioner dinyatakan reliabel atau konsisten.


Abstract: The implementation of community service carried out aims to determine student interest in learning AR and provide students' understanding in developing AR-based applications. The implementation of the use of Augmented reality (AR) technology is currently being used in various fields, including in the field of education. The use of AR in learning materials can provide a more detailed explanation of the material. By using AR, the material can be presented in 3D and can be equipped with narration and sound. The implementation method is carried out by providing training, especially in the introduction of AR to students at SMK Negeri 1 Magelang. The stages before conducting training in the form of a webinar are the preparation stage, the implementation stage and the activity evaluation stage. At the evaluation stage, students fill out a questionnaire and test the validity and reliability tests. The result of the activity is a webinar introducing AR technology. So that students can create simple applications using AR, in this webinar the software used is Metaverse and Unitear. The results of the questionnaire data showed that the material presented on the webinar was easy to understand, 25 students answered strongly agree, 86 agreed, 8 students did not know and 3 disagreed. Students' answers to the question whether making AR applications with Metaverse are easy to understand, 16 answered strongly agree, 93 answered agree, 11 students answered don't know and 2 students answered disagree. Validity and reliability tests were carried out with SPSS on all questionnaire items. The results of the validity test for all items are valid. This valid result is based on the calculation for all items r arithmetic value > r table (0.1793) and reliability test, Cronbach's Alpha value is 0.842. Because the value of Cronbach's Alpha> 0.60, the results of the questionnaire are declared reliable or consistent.


Keywords


Augmented Reality; Materials; Learning; Students; Questionnaire

Full Text:

PDF

References


Aldi, A. (2017). Aplikasi Pengenalan Hewan dengan Teknologi Marker Less Augmented Reality Berbasis Android. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(1), 1. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i1.1312

Amelia, R., Azizah, R. S. N., Suwandi, A. R., Amalia, I. F., & Ismail, A. (2020). Application of augmented reality to physics practicum to enchane students’ understanding of concepts. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 1128–1131.

Areni, I. S., Niswar, M., & Prayogi, A. A. (2018). Implementasi Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Biologi. 1, 105–110.

Arifitama, B. (2020). Pelatihan Pembuatan Model 3d Alat Peraga Edukasi Hidrologi Berbasis Augmented Reality Untuk Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(2), 110–117.

Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107192019

Auliya, R. N., & Munasiah, M. (2020). Augmented Reality Affects Students’ Attitude and Conceptual Understanding in Learning 3D Geometry. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 203. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.17480

Bakri, F., Ambarwulan, D., & Muliyati, D. (2018). Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 46–56. https://doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4032

Hariawan, A., Hermawan, H., & Waluyo, R. (2020). Pelatihan Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.35970/madani.v2i1.107

Hartono, R., Liliana, L., Yulia, Y., & Basuki, K. (2016). Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Hewan. JURNAL INFRA, 4(2), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Haryanto, E. V., Lubis, E. L., Saleh, A., Fujiati, & Lubis, N. I. (2019). Implementation of Augmented Reality of Android Based Animal Recognition using Marker Based Tracking Methods. Journal of Physics: Conference Series, 1361(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1361/1/012019

Haryanto, T., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2017). Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi Pembelahan Sel dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 5(2), 164–168.

Hidayat, W. N., Sutikno, T. A., Dwi, C., Kartikasari, I., & Firdaus, A. F. (2019). Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Graha Pengabdian (E-ISSN, 1(2), 93–103.

Ilmawan Mustaqim, N. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan Vol.Urnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Ismail, A., Rahayu, G., Putera, M. A. K., Aghniya, N. N., & Gumilar, S. (2021). Development of augmented reality as physics learning media on electric concepts. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(4), 042006. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/4/042006

Ismayani, A. (2020). Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Elex Media Komputindo.

Marti, N. W., Dewi, L. J. E., Pemana, A. A. J., & Ariawan, I. M. Y. (2020). Augmented Reality (AR) based application to introduce animals for children. Journal of Physics: Conference Series, 1516(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1516/1/012022

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 117. https://doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676

Nuvus, H. (2019). Augmented Reality Sebagai Alat Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode Markerless. Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi Dan Komputer, 3(1), 37–42.

Pratama, V. A. (2020). Media Edukasi Pembelajaran 3D Hewan Dan Buah Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Ubiquitous: Computers and Its Applications Journal, 3, 87–92. https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i2.87-92

Puspitasari, D., Praherdhiono, H., & Eka Pramono Adi. (2020). Pengembangan Suplemen Augmented Reality Animation Pada Buku Mata Pelajaran Biologi Untuk Penguatan Kognitif Siswa SMA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p029

Rizky, R. (2019). Panduan Membuat Aplikasi Augmented Reality: Membuat Aplikasi Augmented Reality Sederhana untuk Pemula. Athana Studio.

Sari, K., Ningsih, P. R., Ramansyah, W., Siradjuddin, I. A., & Sophan, M. K. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru SMKN 1 Labang Bangkalan melalui Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality dengan Metaverse. Panrita Abdi, 4(1), 52–59.

Suprapto, N., Nandyansah, W., & Mubarok, H. (2020). An evaluation of the “PicsAR” research project: An augmented reality in physics learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10), 113–125. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.12703

Suraya, Sholeh, M., Andika, M., & Bismin. (2020). Aplikasi Pengenalan Dunia Satwa Berbasis Augmented Reality dengan Menggunakan Metaverse Studio Augmented Reality-Based Application for Introduction to Animal World by Using Metaverse Studio. 175–181.

Yanti, C. P., N.L.Wiwik Sri Rahayu Ginantra, & Andika, I. G. (2020). Pelatihan Pengenalan Augmented Reality Android di SMK Negeri 1 Denpasar. WIDYABHAKTI, 2(2), 49–53. http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/160

Zhou, X., Tang, L., Lin, D., & Han, W. (2020). Virtual & augmented reality for biological microscope in experiment education. Virtual Reality & Intelligent Hardware, 2(4), 316–329. https://doi.org/10.1016/j.vrih.2020.07.004




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Sholeh, Joko Triyono, Prita Haryani, Erfanti Fatkhiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: