SOSIALISASI PENGGUNAAN FINGER PRINT PADA SEKOLAH AUTIS DI KOTA SURABAYA

Anfazul F Azizah, Rokhmatul Insani, Tanfirul Roibafi, Nabilah Monica Hidayat

Abstract


Abstrak: Penggunaan absensi manual masih banyak digunakan di yayasan autis. Tentunya hal ini menyulitkan beberapa guru autis. Peran guru autis sangat besar terlebih sejak memasuki pintu gerbang sekolah autis, konsentrasi guru autis tertuju kepada anak autis. Hal ini dikarenakan, perilaku anak autis yang sulit dikontrol sehingga memerlukan perhatian khusus. Aktifitas ini tentunya menimbulkan kesulitan para guru jika absensi kehadiran guru di sekolah autis masih menggunakkan manual dengan menulis di beberapa kertas. Untuk itu, ITTelkom Surabaya memberikan kontribusi berupa absensi digital yaitu fingerprint. Sehingga para guru autis dapat dengan tenang, mudah melakukan absensi kehadiran tanpa harus tergesa – gesa menulis sambil memantau anak autis di sekeliling mereka. Metode yang digunakan berupa pelatihan penggunaan fingerprint untuk seluruh guru di yayasan autis, AGCA Center Surabaya. Hasil dari kegiatan terlihat perbedaan yang jauh siginifikan seperti penghematan biaya operasional yayasan, kemudahan pimpinan dalam memantau absensi kehadiran para guru di seluruh cabang dan memudahkan para guru autis untuk lebih fokus memberikan pengawasan.


Abstract: The use of manual attendance is still widely used in autism foundations. This makes it difficult for some autistic teachers. The role of the autistic teacher is very large, especially since entering the gate of the autistic school, the autistic teacher's concentration is focused on the autistic children. This is because the behavior of autistic children is difficult to control, so it requires special attention. This activity certainly causes difficulties for teachers if teacher attendance at autistic schools still uses manuals by writing on several papers. Because of that, ITTelkom Surabaya contributes in the form of digital attendance,that is fingerprint. So that autistic teachers can calmly, easily do attendance without having to rush to write while monitoring autistic children around them. The method used is training in the use of fingerprints for all teachers at the autism foundation, AGCA Center Surabaya. The results of the activities showed significant differences such as savings in foundation operational costs, ease of leadership in monitoring the absence of teachers' attendance in all branches and making it easier for autistic teachers to focus more on providing supervision.


Keywords


Attendance; Autism; Digital; Fingerprint, Teacher.

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, I., & Yunus, M. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Guru SMP Dalam menggunakan liveworksheets secara pesat dari awal pandemi hingga sekarang ini . Adapun aplikasi zoom dan media lainnya . Akan tetapi , whatsapp sebagai media mengembangkan kreativitas dalam proses pembelajaran . Akibatnya mengembangkan materi dan membuat siswa aktif yaitu dengan menyusun Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) seperti yang kita ketahui pembelajaran dalam menyampaikan materi kepada siswa agar siswa dapat. 5(4), 1–8.

Balikpapan, K. (2021). Meningkatkan Produktivitas Peternak Ayam Di Karang. 5(4), 1–8.

Chan, S., Cai, Y., Lu, A., Tun, N. Z., Huang, L., & Chandrasekaran, I. (2016). Virtual Reality Enhanced Pink Dolphin Game for Children with ASD. 215–218.

Daniel, S. (2019). Jo l P re of. The Arts in Psychotherapy, 101595. https://doi.org/10.1016/j.aip.2019.101595

Dhanotia, J., Chatterjee, A., Bhatia, V., & Prakash, S. (2018). A simple low cost latent fingerprint sensor based on deflectometry and WFT analysis. Optics and Laser Technology, 99, 214–219. https://doi.org/10.1016/j.optlastec.2017.09.005

Di, K., & Pandemi, M. (2021). Strategi meningkatkan kepatuhan terhadap protokol. 5(4), 1–8.

Dris, A. Bin, Alsalman, A., Al-Wabil, A., & Aldosari, M. (2019). Intelligent Gaze-Based Screening System for Autism. 2nd International Conference on Computer Applications and Information Security, ICCAIS 2019, 1–5. https://doi.org/10.1109/CAIS.2019.8769452

Kristanto, T., Faridatul Azizah, A., Shofi Akbar, F., Sayid Albana, A., & Pudji Istyanto, N. (2020). Sosialisasi Pencegahan Penanganan Wabah COVID-19 Terhadap Komunitas Tunarungu Di Kota Surabaya. Jurnal Abdidas, 1(2), 43–47. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i2.12

Kristanto, T., Rahmawati, D., Wahyuni, A. E., Nasrullah, M., Fadillah, R. A., & Amalia, A. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Pemasaran Online Produk Nasi Tiwul Di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada Mitra Pengabdian , maka nasi tiwul ( Alimuddin et al ., 2021 ). Solusi yang ditawarkan kepada mitra. 5(4), 1–8.

Ma, Y. H., Han, Y., Lin, J. Y., Cosentino, S., Nishio, Y., Oshiyama, C., & Takanishi, A. (2018). A Synchronization Feedback System to Improve Interaction Correlation in Subjects with Autism Spectrum Disorder. 2018 9th International Conference on Awareness Science and Technology, ICAST 2018, 285–290. https://doi.org/10.1109/ICAwST.2018.8517233

Malang, U. M. (2021). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Digital Berbasis Kontekstual. 5(4), 1–8.

Mindarti, L. I., Saleh, C., & Galih, A. P. (2021). Kelurahan Tentang Keterbukaan Informasi Publik Secara Efektif Telah Diberlakukan Informasi Publik Kepada Lembaga-Lembaga Public ( Yanti , 2020 ), baik itu Lembaga / Badan Non-Pemerintah hingga kelurahan sebagai unsur. 5(4), 1–8.

Misesani, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online. 5(4), 1–8.

Suhesty, A., & Rasyid, M. (2021). Sosialisasi Protokol Kesehatan Di Era New Normal. 5(4), 1–8.

Susanto, A., Sari, M. P., & Purwantiningrum, H. (2021). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Covid-19. 5(4), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anfazul F Azizah, Rokhmatul Insani, Tanfirul Roibafi, Nabilah Monica Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: