PELATIHAN ENDNOTE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS FLORES

Yulius Laga

Abstract


Abstrak: Kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan sebagai upaya dalam membantu mahasiswa untuk membuat referensi yang cepat dan efektif dan cara mensitasi tulisan pada jurnal atau penelitian. Kegitan ini melibatkan 251 orang Mahasiswa Semester VII dari Fakultas Ekonomi yang mendaftarkan diri secara gratis. Peserta merupakan mahasiswa yang berada pada tahap penyusunan proposal penelitian dan skripsi. Pengukuran pemahaman mahasiswa setelah mengikuti kegiatan pelatihan dilakukan dengan menggunakan angket/kuisioner. Kegiatan ini dilakukan di Laboratorium Fakultas Ekonomi selama 1 minggu, dari tanggal 11 sampai dengan 16 Oktober 2021. Kegiatan pelatihan ini menggunakan Software Endnote Versi X7. Hasil kegiatan menunjukan bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Flores mampu untuk membuat daftar referensi dan mensitasi pada tugas akhir yang akan dikerjakan. Pengukuran pemahaman mahasiswa yang berkaitan dengan Pemahaman sitasi dan bibliografi sebesar 91 persen, cara mengkoleksi referensi 90 persen, sitasi pada microsoft word 92 persen, dan mendesain gaya luaran (format sitasi) sebesar 92 persen semua item pengukuran mahasiswa sudah sangat paham dalam menggunakan aplikasi Endnote.

Abstract: This training activity aims to increase understanding and as an effort to help students make quick and effective references and how to cite writings in journals or research. This activity involved 251 Semester VII students from the Faculty of Economics who registered for free. Participants are students who are in the stage of preparing research proposals and theses. Measurement of student understanding after participating in training activities is carried out using a questionnaire/questionnaire. This activity is carried out at the Laboratory of the Faculty of Economics for 1 week, from October 11 to 16, 2021. This training activity uses Endnote Software Version X7. The results of the activity showed that students of the Faculty of Economics, University of Flores were able to make a list of references and cite the final project to be done. The measurement of student understanding related to citation and bibliographic understanding is 91 percent, how to collect references is 90 percent, citations on Microsoft Word are 92 percent, and designing the output style (citation format) is 92 percent. All student measurement items are very familiar with using the Endnote application.


Keywords


Training; Reference; Citation, Endnote

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anggraini, H. W., Eryansayah, Petrus, I., Jaya, H. P., & Kurniawan, D. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office Dalam Proses Pembelajaran Bagi Guru Bahasa Inggris Tingkat SMP Di Kota Palembang. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 173–177.

Baa, S., Haryanto, H., & Nasta, M. (2019). Pelatihan pembuatan perpustakaan online berbasis EndNote program pada penulisan karya ilmiah. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019(7), 689–693.

Balkist, P. S., Nurcahyono, N. A., Lukman, H. S., Setiani, A., Agustiani, N., Mulyanti, Y., & Imswatama, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Microsoft Kaizala Sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika Di Era New Normal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(Vol 5, No 1 (2021): Februari), 55–64. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/downloadSuppFile/3235/772

Dehistora, W. (2009). Chemistry Style in Endnote for making Manuscript.

Djunaidi. (2019). Sumber Rujukan Sebagai Referensi yang Mendukung Karya Tulis Ilmiah Bagi Pustakawan. Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca, 33(2), 1–11.

Ernawati, M. D. W., Minarni, Yusnaidar, Yusnelti, & Hsb, H. E. (2021). Penggunaan Program Endnote Untuk Mempermudah Penulisan Karya Ilmiah Guru SMA Negeri 3 Kabupaten Muaro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pinang Masak, 1(1), 1–10.

Herianto, A., Ali, I., Arif, A., & Khosiah, K. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru MTs dan MI Darul Masakin Desa Bilelando Lombok Tengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 58. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.922

Larasati, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengoperasikan Reference Management Software Zotero Dan End-Note Untuk Guru Smkn 6 Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 28. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i1.15777

Nuraini, M. W. (2020). Analisis Perbandingan Aplikasi Manajemen Referensi Zotero 5.0.66. dan Endnote X9. Publication Library and Information Science, 3(2), 80. https://doi.org/10.24269/pls.v3i2.2112

Nurdin, N., & Djam’an, N. (2019). Pengelolaan literatur dengan EndNote (Getting started with Endnote). Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018(2), 125–128.

Putra, I. N. T. D. (2019). Pelatihan Citation dan Reference Berbasis Aplikasi dengan Mendeley dan Endnote bagi Dosen di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Hospitality, 8(1).

Putri, N. W. S., Suryati, N. K., Kartini, K. S., & Krisna, E. D. (2020). Peningkatan Softskill ICT Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Microsoft Office dan Sosial Media. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 507–517.

Saleh, S., Darwis, M., & Arhas, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik dan Non-Elektronik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 73–80.

Somantri, O., Pratiwi, A. F., & Ikhtiagung, G. N. (2020). Workshop Pelatihan Manajemen Referensi dan Sitasi Untuk Karya Ilmiah Menggunakan Mendeley. JAMAIKA : Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 23–31.

Yusdita, E. E., & Utomo, S. W. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Sebagai Reference Tool Pada Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unipma. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 36. https://doi.org/10.29407/ja.v3i1.13525

Yusuf, G., Fahurrahim, Putra, I. N. T. D., & Masyhudi, L. (2021). Pelatihan Citation dan Reference Berbasis Aplikasi dengan Mendeley dan Endnote bagi Dosen Di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Journal Of Responsible Tourism, 1(1), 9–18.

Zainul, R. (2016). Pintar Endnote : Kiat Praktis Sitasi Ilmiah dan Bangun Sendiri Library Online (Nomor July).

Zainul, R. (2018). Studi Literasi Menggunakan Endnote dan Aplikasi Pembantu (Google Translator, Google Cendikia, Google Sites, Chemoffice 2008, e-learning, dan Snipping Tool). https://doi.org/10.31227/osf.io/5ncpe

Zainul, R., Oktavia, B., & Nasra, E. (2018). Model Penulisan Karya Tulis Berbasis Data Online dengan Aplikasi Endnote.

Zainul, R., Oktavia, B., Nasra, E., Arianti, V. A., Fatimah, P., Liza, Y. M., & Setiadi, T. (2019). Development Study and Effectiveness of Online Data Based Scientific Writing Model Using Endnote Application for MGMP Chemistry Teachers Padang Panjang City. Pelita Eksakta, 2(2), 84. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol2-iss2/43

Zuraiyah, T. A., Marota, R., Hayati, Y. H., Sadiah, H. T., Sagala, D. S. A., Huda, A. S. M., & Wahyuni, Y. (2021). Evalusi Pelatihan Learning Management System Berbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Vokasi Universitas Pakuan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 585–595.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yulius Laga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: