EDUKASI PENGASUHAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID -19

Eti Sri Nurhayati, Aminah Swarnawati

Abstract


Abstrak: Pengasuhan anak menjadi salah satu persoalan di masa Pandemi Covid-19 khususnya bagi orang tua bekerja karena adanya perubahan besar dimana selama 24 jam anak berada di rumah. Dibutuhkan pengetahuan baru bagi orang tua agar mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada sehingga mereka dapat mendidik, mengasuh, memenuhi kebutuhan keluarga serta memberikan perlindungan dan rasa aman serta nyaman bagi anak. Kegiatan Edukasi Pengasuhan Anak di masa pandemi Covid 19 ini bertujuan meningkatkan pengetahuan orang tua dalam mencegah dan menangani Covid-19 pada anak, membangun resiliensi keluarga, serta mempromosikan lembaga layanan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA). Mitra pengabdian masyarakat ini adalah orang tua atau keluarga. Kegiatan yang diikuti oleh 253 peserta ini dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuesioner menggunakan google form. Hasil evaluasi kegiatan menunjukan 59% peserta menyatakan materi sangat jelas dan mudah diikuti, 57% menyatakan materi sangat bermanfaat, dan 57% menyatakan kegiatan sangat sesuai dan tepat sasaran, serta sebanyak 95% peserta mengetahui layanan PUSPAGA.

Abstract: Parenting became one of the problems during the Covid-19 pandemic, especially for working parents because of major changes where children were at home for 24 hours. New knowledge is needed for parents to be able to adapt with existing conditions so that they can educate, nurture, fulfill family needs, and provide protection and a sense of security and comfort for children. The Activity of Parenting Education at Covid 19 pandemic aims to increase parents' knowledge in preventing and handling Covid-19 in children, building family resilience, and promoting the Family Learning Center (PUSPAGA) service institution. These community service partners are parents or family. The activity which was attended by 253 participants was carried out using lecture and question and answer methods. Evaluation of activities is carried out by distributing questionnaires using GoogleForms. The results of the evaluation of activities showed that 59% of participants stated that the material was very clear and easy to follow, 57% said the material was very useful, and 57% stated that the activities were very appropriate and on target, along 95% of participants know about the Family Learning Center (PUSPAGA) services.

 


Keywords


Parenting; Child; Covid-19 pandemic

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Mengajar Dan Mendidik Anak Dalam Pembelajaran at The Home Masa Pandemi Covid-19 Selama Pandemi. STAINU Purworejo: JurnalAl_Athfal, 3(1), 37–46.

Delvira, Bahrun, Rizka, S.M., Israwati, & R. (2021). Peran Keluaga dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD) Vol.6,6(4), 10–19.

Dewi, P.A.S.C & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 4, 2433–2441. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/324

Erlin, F., Putra, I.D., & Hendra, D. (2020). Peningkatan Pengetahuan Siswa Dalam Pencegahan Penularan Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 663–669. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2652

Fernianti, A. (2022). Analisis Tingkat Stress Orang Tua Ketika Mengasuh Anak Selama Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2276–2286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1932

Hamad, I. (2015). Pengertian Perencanaan Program Komunikasi (PPK) (pp. 1–41). http://repository.ut.ac.id/4418/1/SKOM4206-M1.pdf

Herdiana, I. (2019). Resiliensi Keluarga : Teori, Aplikasi Dan Riset. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi) UMG 2018, 14(1), 1. https://doi.org/10.30587/psikosains.v14i1.889

Hikmawati, Kamid, S. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Tekno-Pedagogi, 3(2), 1–11.

Kemen PPPA, 2020. (2020). Profil Anak Indonesia 2020. In S. Anggraini (Ed.), Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Dilarang.

Kristiyani, V., & Khatimah, K. (2020). Pengetahuan tentang Membangun Resiliensi Keluarga ketika Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 232–237. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/ABD/article/view/3557

Lestari, P.D.A, & Ediati, A. (2021). Self Compassion dan Stres Pengasuhan Orang Tua di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Empati, 10(4), 270–276.

Lubis, M.S.I., Nuraflah, C.A, & Hanum, A. (2021). Strategi Komunikasi Keluarga dalam Mengatasi Stress Belajar Online Anak Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sei Rotan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 140–144. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.536

Makdori, Y. (2021). IDAI: 1 dari 8 Kasus Positif Covid-19 di Indonesia adalah Anak.

Prime, H., Wade, M., & Brown, D. (2020). Risk and resilience in family well-being during the COVID-19 pandemic. American Psychologist, 75(5), 631–643. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1037/amp0000660

Solichah, N, & Shofiah, N. (2021). Mengapa Ketahanan Orangtua Diperlukan? Studi Fenomenologi Tingkat Resiliensi Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 18(1), 201–217. https://doi.org/10.18860/psikoislamika.v18i1.12197

Susilowati, E, &, & Azzasyofia, M. (2020). The Parents Stress Level in Facing Children Study From Home in the Early of COVID-19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Science and Society, 2(3), 1–12. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v2i3.117

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. (2014).

Utami, F., & P. I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

UU Nomor Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. (2014). UU Perlindungan Anak. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38723/uu-no-35-tahun-2014

Wardani A, & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772–782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Yuhenita N.N., & I. (2021). Tingkat Resiliensi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Sekolah dari Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(6), 5336–5341. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1583 Copyright

Yulianingsih, W., Suhanandi, Nugroho, R., & M. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eti Sri Nurhayati, Aminah Swarnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: