Eksperimen dan Demonstrasi Alat Praktikum Fisika Sederhana

Ode Junita, Nur Hayati Mahdi

Abstract


Abstract: Natural Science (IPA) is a science related to the way humans understand nature systematically. This activity aims to increase student motivation and introduce practicum tools that are easy to make so that they can be used in science learning, especially in physics learning with fun. The methods carried out in the implementation of this activity are the preparatory stage and the implementation stage. The results of the activity that 1) Simple physics practicum tools were produced 2) Experimental activities and demonstrations of simple physics practicum tools carried out have provided benefits in overcoming participants' problems, namely, can improve students' knowledge and skills in doing physics practicum.

Abstrak: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu sains yang berkaitan dengan cara manusia dalam memahami alam secara sistematis. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan mengenalkan alat praktikum yang mudah dibuat sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya pada pembelajaran fisika dengan menyenangkan. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Hasil kegiatan bahwa 1) Dihasilkan alat-alat praktikum fisika sederhana 2) Kegiatan eksperimen dan demonstrasi alat praktikum fisika sederhana yang dilakukan telah memberikan manfaat dalam mengatasi permasalahan peserta yaitu, dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam melakukan praktikuk fisika.


Keywords


Demonstrations; Props; Physics experiments

Full Text:

PDF

References


Admoko, S., & Supriyono, S. (2016). Workshop Peningkatan Kemampuan Merancang Kegiatan Laboratorium Berorentasi Pada Pendekatan Saintifik Bagi Guru Fisika Sidoarjo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA). https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n1.p34-42

Ariyati, T. (2021). Eksperimen Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah 5 Rawalo Melalui Permainan Rainbow Walking Water (Air Pelangi Berjalan). Khazanah Pendidikan. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10361

Kamala, I. (2019). Pembiasaan Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Sarana Implementasi Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.187

Mahsup, & Anwar, Y. S. (2020). Development of structured modules to improve the mathematical understanding of the circle concept in class VIII Mataram 17 junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012074

Meliansari, V., Alpusari, M., & Alim, J. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Pada Materi IPA Siswa Kelas V SDN 090 PEKANBARU. Jurnal Kiprah Pendidikan. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.138

Misbah, M., Wati, M., Rif’at, M. F., & Prastika, M. D. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Dasar I Berbasis 5M Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains dan Karakter Wasaka. Jurnal Fisika FLUX. https://doi.org/10.20527/flux.v15i1.4480

Rostikawati, D. A., Khaerudin, D., & Kiawati, E. S. (2021). Workshop Dan Sosialisasi Penggunaan Alat Praktikum IPA Sekolah Dasar Di SDN Pulo Panjang. National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET). https://doi.org/10.46306/ncabet.v1i1.33

Rostikawati, Y., & Kartiwi, Y. M. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal High Order Thinking Skill (HOTS). Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia.

Saprudin, S., Rahman, N. A., Amiroh, D., & Hamid, F. (2021). Studi Literatur: Analisis Penggunaan e-Book dalam Pembelajaran Fisika. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences. https://doi.org/10.30599/jti.v13i2.1144

Suyatman, & Chusni, M. M. (2023). Pembelajaran IPA Berbasis Riset. Penerbit Tahta Media.

Suyoso, S., Subroto, S., & Istiyono, E. (2017). Pelatihan Kit Alat Fluida Bergerak Untuk Guru SMA/MA Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12968




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v3i2.12636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.