Pelatihan Membaca Al Qur'an dengan Metode Tahsin Tilawah Untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Bagi Remaja Masjid Nurul Iman Sumbawa

David Hermansyah, Aqodiah Aqodiah

Abstract


Abstrak: Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang muslim karena membaca Al-Qur’an merupakan petunjuk hidup dan sumber inspirasi. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an bagi remaja Masjid Nurul Iman Sumbawa melalui pelatihan menggunakan metode Tahsin Tilawah. Tahapan kegiatan terdiri dari pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan tilawah pada diri mitra dengan rata-rata skor sebesar 11,73. Sedangkan rata-rata persentase (%) peningkatan kemampuan tilawah mitra pada masing-masing tingkatan nada atau bacaan diantaranya ta’awudz sebesar 47,27, basmalah sebesar 47,27, qoror (nada dasar) sebesar 38,18, nawa (menengah) sebesar 36,36, jawab (tinggi) sebesar 34,55, jawabul jawab (tertinggi) sebesar 30,91. Hal ini menandakan kegiatan berjalan dengan lancar memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kualitas bacaan Al-Qur'an remaja Masjid Nurul Iman Sumbawa.

Abstract: The ability to read the Qur'an is an ability that must be possessed by a Muslim because reading the Qur'an is a guide to life and a source of inspiration. This PKM activity aims to improve the quality of Qur'an reading for teenagers of Nurul Iman Mosque Sumbawa through training using the Tahsin Tilawah method. The stages of activities consist of pre-activity, implementation of activities and evaluation. The results of the training showed an increase in recitation skills in partners with an average score of 11.73. While the average percentage (%) increase in the ability of tilawah partners at each level of tone or reading including ta'awudz of 47.27, basmalah of 47.27, qoror (basic tone) of 38.18, nawa (intermediate) of 36.36, answer (high) of 34.55, answerul jawab (highest) of 30.91. This indicates that the activity runs smoothly making a positive contribution to the development of the quality of Qur'an reading for teenagers of Nurul Iman Mosque Sumbawa.


Keywords


Remaja Masjid, Teknik Membaca Al-Qur’an, Tahsin Tilawah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2016). Gerakan Radikalisme Dalam Islam: Perspektif Historis. Addin. 10(1) 1-28 https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1127

Afrida, T., & Wiza, R. (2023). Persepsi Mahasiswa Prodi PAI Angkatan 2022 terhadap Mata Kuliah Tashih Tilawah Al-Qur’an. ISLAMIKA. 5(3) 1252-1266 https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3672

Alwi, A. (2022). Kaderisasi da’iyah Nahdlatul Wathan: studi pada Ma’had Darul Qur’an Walhadist NW Anjani Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur [UIN Mataram]. https://etheses.uinmataram.ac.id/4428/

Ariyanti, Kesbi, F. G., Tari, A. R., Siagian, G., Jamilatun, S., Barroso, F. G., Sánchez-Muros, M. J., Rincón, M. Á., Rodriguez-Rodriguez, M., Fabrikov, D., Morote, E., Guil-Guerrero, J. L., Henry, M., Gasco, L., Piccolo, G., Fountoulaki, E., Omasaki, S. K., Janssen, K., Besson, M., … A.F. Falah, M. (2021). Pengaruh Murottal Al-Qur’an Sebagai Terapi Kesehatan Untuk Pasien Skizofrenia Di Yayasan Aulia Rahma Kemiling Bandar Lampung. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan.

Della Indah Fitriani, & Fitroh Hayati. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. 5(1) 15-30 https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.227

Farhan, A. (2020). Narasi Hijrah: Sebuah Fenomena Living Qur’an pada Komunitas Biker Muslim Bengkulu. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis. 9(1) 167-183 https://doi.org/10.29300/jpkth.v9i1.2883

Farid, A., & Purwaka, S. (2022). Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Pada Santri Tpq Ababil Sentani Kabupaten Jayapura. Waniambey: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 3(1) 52-65

Hidayah, R. N., Mukhlisah, I., & Ulfah, Y. F. (2023). Implementasi Metode Tahsin Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Sukoharjo. Mamba’ul ’Ulum. 19(1) 47-58 https://doi.org/10.54090/mu.94

Hikmah, N., & Mualimin, M. (2023). Tahsin Method as an Effort of Islamic Religious Education Teachers in Facing Learning Loss. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES). 5(2) 180-193 https://doi.org/10.33367/ijies.v5i2.2911

Istiqomah, D., Subandi, S., & Jatmiko, A. (2023). Pengaruh Media Al-Qur’an Tematik Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Sman 1 Banjar Margo Tulang Bawang. Jurnal Ilmiah Mandala Education. 9(2) 1232-1240 https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5060

Khasanah, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tartil Bagi Santri Di Pondok Pesantren Al Fatimiyyah Al Islamy Desa Adiluhur Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur. In Skripsi.

Rokhmawan, T., Wulandari, B., Fitriyah, L., Pairiyadi, F., Ghoniman, S., & Rofiq, A. (2020). Pengembangan Kegiatan Seni Dan Budaya Islami Sebagai Bentuk Kegiatan Positif Remaja Pada Masa Pandemi Di Desa Sumber Dawe Sari Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarkat. 1(2) 23-34

Sari, T. P. (2019). Gaya Tilawah Jawi Muhammad Yaser Arafat. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni. 12(2) 79-92 https://doi.org/10.33153/dewaruci.v12i2.2530

Septian Nur Azmi Ulinafiah. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Membaca Al-qur’an dengan metode An-Nahdliyah Di Madrasah Diniyah Roudatul Huda Desa Sukoharjo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Ponorogo. Skripsi.

Syaharuddin, Mandailina, Riadi. (2018). Peningkatan Manajemen Tata Kelola dan Metode Baca Tulis Al Qur ’ an Guru dan Santri Kelompok TPQ di Lombok Tengah NTB. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 1(1), 10-19.

Ulfi, U., & Jalius, J. (2022). Hubungan Metode Pembelajaran Alquran dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Progam Tahsin Tilawah di Masjid Raya Korong Pasir Baru Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Family Education. 2(1) 109-116 https://doi.org/10.24036/jfe.v2i1.38




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v3i2.21118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.