PENGELOLAAN SERTA PELATIHAN KERAJINAN SAMPAH DI DESA KEKAIT KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Hamdi Taufik, Baiq Jannati Luklu’il Maknun, Ria Susyatul Fahmi, Priya Teguh

Sari


Pengabdian masyarakat ini diawali dengan Menjalin kemitraan dengan pemerintah setempat, menjalin kemitraan dengan karang taruna Desa Kekait dan menjalin kemitraan yang berkaitaan seperti, Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Dinas Ekonomi Kreatif, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi dan UMKM, dan Dinas Perdagangan. Kemudian melakukan Monitoring dan Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan secara berkala dan melakukan penyesuaian program jika diperlukan.

Kemudian melangsungkan kegiatan pemanfaatan sampah, melakukan proses Reduce, Reuse, Recycle, terbentuknya kelompok masyarakat pengrajin Desa Kekait Lombok Barat, peningkatan SDM serta peningkatan ekonomi masyarakat melalui sosialisasi serta pelatihan pengelolaan sampah, terbentuknya taman berbasis pengolahan sampah dan pemanfaataan digital marketing. Dilanjtkan Audiensi dengan mengundang pemerintahan serta masyarakat setempat, mitra yang bekerjasama dan perguruan tinggi tentang hasil capaian kerja selama kegiatan . Tidak lupa Mendokumentasikan seluruh kegiatan dalam bentuk foto dan video. Mengolah kembali data hasil kegiatan dan menyusun laporan akhir. Pemutakhiran data dan sasaran 2 bulan pasca pelaksanaan program di sistem.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kementerian Pekerjaan Umum, 2014. Buku Pedoman 3R, Jakarta Selatan.

Kuncoro Sejati. 2008. Pengolahan Sampah Terpadu. Yogyakarta: Kanisius.

Mundiatun dan Daryanto, 2015. Pengelolaan Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 13 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, dan Recycle Melalui Bank Sampah

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 59 Tahun 2016 tentang Baku Mutu Lindi Bagi Usaha Dan/Atau Kegiatan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah.

Peraturan Pemerintah No. 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Sudrajat. (2007). Mengelola Sampah Kota, Solusi Mengatasi Sampah Kota dengan Manajemen Terpadu dan Mengelolanya Menjadi Energi Listrik dan Kompos. Jakarta: Bumi Aksara.

Suriawiria, U. (2002). Pupuk Organik Kompos Dari Sampah, Bioteknologi Argoindustri. Bandung: Humaniora Utama Press.




CALL FOR PAPER 2022   

Yth. kepada Penulis, peneliti, praktisi, etc.

Kami mengundang Bpk/Ibu untuk mempublikasikan hasil Pengabdian Kepada Masyarakat bidang ilmu Hukum di Jurnal Pengabdian Ruang Hukum (JPRH) pada:

Volume 1 No. 1, Januari 2022.

Volume 1 No. 2, Juli 2022.

 

Setiap Manuscript Artikel, sebelum submit mohon disesuaikan dengan template.

Silahkan kirim full paper (. * doc) via the Register/Login form.

    

Terimakasih

Hormat Kami,

 

Editor In chief


This publication is indexed by: