Implementasi Etika Bisnis Islam pada Rumah Makan Ayam Squer Kota Mataram

Nur’Aini Nur’Aini, Suwandi Suwandi, Baiq Reinelda Tri Yunarni

Abstract


Abstract: This research aims to analyze the application of sharia business ethics at Squer Chicken Restaurant in Mataram City. Sharia business ethics are guidelines that direct business practices to be in accordance with Islamic principles, which include unity, balance, free will, responsibility and virtue. The method used in this research is a qualitative study with a descriptive approach. The research results show that Squer Chicken Restaurant applies the principle of oneness by guaranteeing halal and quality products, as well as prioritizing the principle of balance in a price strategy that is affordable for various groups. In addition, the principle of free will is implemented through a strong commitment in the employment contract, while the principle of responsibility is manifested in consistent pricing on all menus. Lastly, the principle of benevolence is implemented through friendly and fair service to customers. The overall implementation of sharia business ethics not only supports business sustainability, but also increases customer satisfaction and loyalty.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis syariah pada Rumah Makan Ayam Squer di Kota Mataram. Etika bisnis syariah merupakan pedoman yang mengarahkan praktik bisnis agar sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, yang mencakup keesaan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Makan Ayam Squer menerapkan prinsip keesaan dengan menjamin produk yang halal dan berkualitas, serta mengedepankan prinsip keseimbangan dalam strategi harga yang terjangkau untuk berbagai kalangan. Selain itu, prinsip kehendak bebas diterapkan melalui komitmen yang kuat dalam kontrak kerja, sementara prinsip tanggung jawab diwujudkan dalam penetapan harga yang konsisten pada semua menu. Terakhir, prinsip kebajikan diimplementasikan melalui pelayanan yang ramah dan adil kepada pelanggan. Keseluruhan penerapan etika bisnis syariah ini tidak hanya mendukung keberlanjutan usaha, tetapi juga meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

 


Keywords


Sharia Business Ethics; Restaurant; Responsibility and Virtue.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agustina, A., Putri, R. S., & Saputra, D. (2021). Islamic Service Development: Analysis of Customer Satisfaction in the Cafeteria of Muhammadiyah Mataram University. 1(2), 18–21. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jseit

Ahmad Syafiq. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam. El-Faqih : Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam. https://doi.org/10.29062/faqih.v5i1.54

Akhmadi, S., & Kholish, A. (2017). Prinsip-Prinsip Fundamental Ekonomi Islam. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam. https://doi.org/10.24090/ej.v4i1.2016.pp97-118

Albanjari, F. R. (2023). Pengaruh Kepribadian Karyawan Dan Etika Kerja Islam Terhadap Kinerja Pada Baitul Maal Wat Tamwil Binaan Pinbuk Tulungagung. Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE). https://doi.org/10.24269/mjse.v12i1.7005

Arrosyid, A. (2021). Islam Dan Moral Ekonomi Dalam Pemikiran Sjafruddin Prawiranegara. Masyrif : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.28944/masyrif.v2i1.495

Barus, E. E., & Nuriani, N. (2017). Implementasi Etika Bisnis Islam (Studi Pada Rumah Makan Wong Solo Medan). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam. https://doi.org/10.24815/jped.v2i2.6690

Bombang, S. (2018). Etika Dan Prinsip Perbankan Syariah Dalam Persfektif Hukum Ekonomi Islam. Jurnal Hukum Unsulbar. https://doi.org/10.31605/j-law.v1i1.48

Desiana, R., & Afrianty, N. (2017). Landasan Etika Dalam Ekonomi Islam. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah.

Juliyani, E. (2016). 63 Etika Bisnis Dalam Persepektif Islam. Jurnal Ummul Qura.

Nafis, D. (2019). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Usaha Rumah Makan (Studi Kasus Usaha Rumah Makan Wong Solo Batoh, Kec. Lueng Bata Kota Banda Aceh). Skripsi.

Nawatmi, S. (2010). Etika Bisnis Dalam Persepektif Islam. Jurnal Fokus Ekonomi.

Ningrum, R. T. P. (2015). Familism Dan Guanxi Pada Chinese Work Value Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Etnis Cina Di Madiun). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan ….

Rosyid, M. (2015). Dimensi Kemanusiaan dalam Sistem Ekonomi Islam (Sebuah Kajian dengan Pendekatan Filsafat Hukum Islam). Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora. https://doi.org/10.18592/khazanah.v13i1.515

Siti Hofifah. (2020). Analisis Persaingan Usaha Pedagang Musiman di Ngebel Ponorogo ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.25299/syarikat.2020.vol3(2).6469

Taqiyudin, H. (2020). Konsep Etika Muamalah Dalam Islam. Muamalatuna. https://doi.org/10.37035/mua.v11i1.3326

Zainur Ridho, Siti Aisyah, & Abdul Mannan. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada UKM Sate Khas Madura. ILTIZAMAT: Journal of Economic Sharia Law and Business Studies. https://doi.org/10.55120/iltizamat.v2i2.1378




DOI: https://doi.org/10.31764/jseit.v5i1.27750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur’Aini Nur’Aini, Suwandi Suwandi, Baiq Reinelda Tri Yunarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism
http://journal.ummat.ac.id/index.php/jseit
Email: [email protected] || WA: +62 819-0691-8915
Universitas Muhammadiyah Mataram
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115, Indonesia.