Fenomena Endorsement terhadap Etika Bisnis Islam
Abstract
Abstract: This research aims to analyze the phenomenon of endorsement in the context of Islamic business ethics using a descriptive qualitative method. Through interviews and observations with consumers, the findings reveal that respondents agree that endorsements are effective in increasing sales. However, respondents feel that this practice is not fully aligned with Sharia principles. Some influencers tend to downplay the shortcomings of products, which can pose a risk of deception and contradict the value of honesty in Islam. This study recommends that business practitioners and influencers pay attention to ethical principles, such as transparency and social responsibility, to ensure that endorsements are not only economically beneficial but also in line with Islamic values. It is hoped that the results of this research will provide insights for the industry on the importance of Islamic business ethics in endorsement practices.
Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena endorsement dalam konteks etika bisnis Islam dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Melalui wawancara dan observasi terhadap konsumen, hasil penelitian ditemukan bahwa responden setuju bahwa endorsement efektif dalam meningkatkan penjualan. Namun, responden merasa praktik ini belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Beberapa influencer cenderung menutupi kekurangan produk, yang dapat menimbulkan risiko penipuan dan bertentangan dengan nilai kejujuran dalam Islam. Penelitian ini merekomendasikan agar pelaku bisnis dan influencer memperhatikan prinsip etika, seperti transparansi dan tanggung jawab sosial, untuk memastikan bahwa endorsement tidak hanya menguntungkan secara ekonomi tetapi juga sejalan dengan nilai-nilai Islam. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi industri tentang pentingnya etika bisnis Islam dalam praktik endorsement.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Astuti, A. R. T. (2020). Etika Bisnis Islam. In M. S. Prof. Dr. Nasir Hamzah, S.E. (Ed.), PT. Nasya Expanding Management. (Cetakan 1). IAIN Parepare Nusantara Press.
Felicia Neva Ayuningtyas. (2021). Strategi Promosi Endorsement Oleh Digital Influencer Dalam Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4, 160–173.
Hanifah Noor Setyawan, & Amin Wahyudi. (2022). Tinjauan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Praktik Pemasaran Bawang Merah Di Pasar Malon, Sukorejo, Ponorogo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 305–332.
Hapsari, L. F. (2022). Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Skincare Lokal Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Generasi Millenial di Kota Bandar Lampung). Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.
Helbert J, A. I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement Vs. Influencer Endorsement Vs. Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Pada Produk Skincare. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2).
Herdiyani, S., Safa’atul Barkah, C., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103–121.
Kanaya, W. T. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional Dalam Persepektif Ekonomi Islam ( Studi Pada Pasar Baru Desa Sukapura Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan ). universitas islam negri raden intan lampung.
Lailatul, kumala indah. (2023). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Dan Kualitas Produk Olahraga Pada Toko Djember_Sport.Id Di Shopee (Issue April).
Laksana, A. B. (2022). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Strategi Pemasaran dengan Sistem Endorsement (Studi Kasus Onlineshop @afi_collection). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen. Universitas Islam Negeri Walisongo
Mubaroq, A. bustan sukron, & Faristiana, A. R. (2023). Pemanfaatan Instagram @Madiunumbulsquare Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Taman Wisata Madiun Umbul Square. In Jurnal Sosial Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial (Vol. 24, Issue 2).
Nisa, H. K. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam Pedagang Pakaian Terhadap Tingkat Penjualan Di Pasar Legi Citra Niaga Jombang. Ekonomi Bisnis, 4(1), 10–21.
Sendianto. (2021). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya (Studi Kasus Pada Pt. Askotama Inti Nusantara). Jurnal Manajemen & Bisnis Aliansi, 16(2), 85–94.
Suha Muflihatun Naziih1, Khresna Bayu Sangka2, Dini Octoria3 Prodi Pendidikan Ekonomi, FKIP, U. (2021). Pengaruh Influencer Review Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Beli Produk Fashion Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Uns Angkatan 2018-2020. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 7(1), 1–7.
Wardani, R. K. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Bisnis Online Perlengkapan Alat Shalat Di Sanaya Kids Ponorogo [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. In Skripsi.
Zakiyah, Z. (2021). Fenomena Endorsement Terhadap Penjualan Suatu Produk Ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Al Iqtishadiyah Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah, 7(2), 107.
DOI: https://doi.org/10.31764/jseit.v5i1.27957
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Fitri Hidayanti, Rahmat Rahmat, Aprilian Nabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism
http://journal.ummat.ac.id/index.php/jseit
Email: [email protected] || WA: +62 819-0691-8915
Universitas Muhammadiyah Mataram
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115, Indonesia.