Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli pada Pedagang di Pasar Pagesangan Mataram
Abstract
Abstract: The high number of market demand for needs makes businesses increase, but many of them do not fully understand Islamic business ethics in buying and selling transactions. This study aims to find out and analyze the application of Islamic business ethics in buying and selling transactions of traders in the Pagesangan Market, Mataram. The research method used is a descriptive qualitative method. The techniques used in collecting research data are using observation, interviews, and documentation. The results of this study state that the application of Islamic business ethics in buying and selling transactions at traders at the Pagesangan Market in Mataram. The results of this study show that traders in the Pagesangan traditional market do not fully understand Islamic business ethics. So that the application of Islamic business ethics to traders in buying and selling transactions in the traditional market of Pagesangan, Mataram City, has not been optimally applied to the five principles of Islamic business ethics. There are still traders who do not apply the principle of responsiveness (responsibility) and the principle of benovelenece (ihsan). Although the five principles of Islamic business ethics have not been fully implemented, there are still traders who apply some of the five principles of Islamic business ethics. This is proven that there are still traders who are kind and friendly when explaining the condition of their merchandise and giving freedom to buyers to bid on their merchandise. However, it is necessary to maximize the application of Islamic business ethics so that no party feels disadvantaged in transactions.
Abstrak: Tingginya jumlah permintaan pasar terhadap kebutuhan membuat usaha semakin meningkat, tetapi banyak dari mereka tidak sepenuhnya paham tentang etika bisnis islam dalam Transaksi jual beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis terkait Penerapan etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli pedagang di Pasar Pagesangan Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deksriptif. Teknik yang Digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan etika bisnis Islam dalam Transaksi jual beli pada pedagang di Pasar Pagesangan Mataram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang di pasar tradisional Pagesangan belum sepenuhnya paham mengenai etika bisnis Islam. Sehingga penerapan etika bisnis Islam pada pedagang dalam transaksi jual beli di pasar tradisional Pagesangan Kota Mataram belum diterapkan dengan optimal kelima prinsip etika bisnis Islam. Masih ada pedagang yang tidak menerapkan prinsip responbilty (tanggunjawab) dan prinsip benovelenece (ihsan). Walaupun kelima prinsip etika bisnis Islam belum terlaksana semua tetapi, masih ada pedagang yang menerapkan beberapa diantara kelima prinsip etika bisnis Islam. Hal ini terbukti masih ada pedagang yang bersikap baik dan ramah ketika menjelaskan bagaimana kondisi barang dagangannya serta memberikan kebebasan kepada pembeli untuk menawar barang dagangannya. Namun perlunya memaksimalkan penerapan etika bisnis Islam agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan dalam bertransaksi.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abubakar, A., & Basri, H. (2023). Prinsip Kejujuran dalam Jual Beli Menurut Pespektif Al-Qur’an. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6).
Alfianto, Titis, and Khusnul Fikriyah. 2021. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Komunikasi Pemasaran Travel Umrah (Studi Pada PT Ebad Alrahman Wisata Sidoarjo).” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 4 (1).https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n1.p65-77
Aprianto, I., Andriyansyah, M., Qodri, M., & Hariyanto, M. (2020). Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam. Deepublish.
Basyariah, N. (2022). Larangan jual beli gharar: Kajian Hadist Ekonomi Tematis Bisnis Di Era Digital. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 7(1).
Chaudry, M. S. (2016). Sistem Ekonomi Islam Prinsip Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hotijeh, H., & Rohman, A. (2023). Analisis Manajemen Koperasi Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Berbasis Ekoproteksi Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1).
Ihna Nilava, Ahmad Fauzi. 2020. “Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri.” At-Tamwil 2 (2): 139–52.
Jumardi, J., Rizkiani, R., & Abidin, Z. (2021). Etika Bisnis Islam: Urgensi Implementasi Manajemen Bisnis Islam Pasca Puncak Pandemi Pada UMKM di Kabupaten Sinjai. Prosiding UMY Grace, 2(1).
Lubis, Akrim Ashal. 2018. “Analisis Aspek Religiusitas Terhadap Etika Bisnis Pedagang Pasar Muslim Pusat Pasar Kota Medan.” Dusturiyah: Jurnal Hukum Islam, Perundang-Undangan Dan Pranata Sosial 7 (1). https://doi.org/10.22373/dusturiyah.v7i1.2339.
Maharti, Resti Kartika, and Arasy Fahrullah. 2021. “Penerapan Etika Bisnis Syariah Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Yayasan Aqiqoh Nurul Hayat Surabaya.” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 4 (1): 207–18. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n1.p207-218.
Muthmainnah MD, Nursyamsu. 2017. “Landasan Hukum Islam Etika Bisnis Syariah Dan Faktor Pengembangannya.” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 5: 54–78.
Nurul Huda, Khamim Hudori, Rizal Fahlevi, Badrussa’diyah, Dea Mazaya, Dian Sugiarti. 2017. Pemasaran Syariah: Teori Dan Aplikasi. 1st ed. Depok: Kencana. https://books.google.co.id/books?id=3hVNDwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
Prameswary, Titan Nia, Sri Abidah Suryaningsih. 2020. “Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam di Lazizaa Chicken & Pizza Kedungturi Sidoarjo”. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 3: 54–66. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/9862/4797.
Qohar, A., Wakhid, A. A., & Faizal, L. (2022). Model Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pasar Tradisional untuk Meningkatkan Daya Saing Terhadap Pasar Modern. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 18(2).
Reza, V. (2023). Transformasi Ekonomi Syariah Di Era Ekonomi Global. IndraTech, 4(1).
Sahnan, M., Ismail, N., & Al-Ayyubi, S. (2023). Analisis Prinsip Konsumsi Islam Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Online Shop. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2).
DOI: https://doi.org/10.31764/jseit.v5i1.27958
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Hulaimi, Asmawati Juma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism
http://journal.ummat.ac.id/index.php/jseit
Email: [email protected] || WA: +62 819-0691-8915
Universitas Muhammadiyah Mataram
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115, Indonesia.