Pengaruh Brand Ambassador Dan Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi

Bagus Sanjaya, M. Ilham muddin, Rus minah

Abstract


Abstract: This research was conducted to test the influence of Brand Ambassador and Advertising on Xiaomi smartphone purchase decisions. This type of research is associative with a quantitative approach. The population in this study was all students of Mataram University. The number of samples used in this study was 100 people using the survey method. The data collection techniques used are observation, questionnaire / questionnaire and online survey by disseminating questionnaires through google form that contains statements about Brand Ambasssador, Advertising and Purchasing Decisions. The data analysis tool used is the Hypothesis Test which is the t test and f test using the SPSS 25 for windows program. The results of the t test analysis showed that there was a positive influence and significance of the Brand Ambassador (X1) on the Purchase(Y) decision with a thitung> ttabel (2,003 > 1.9847) and a significance level of 0.048 less than the standard level of significance of 0.050. And the positive influence and significance of Advertising (X2) on purchasing decisions (Y) with a value of thitung> ttabel (2.054 > 1.9847) and a significance level of 0.043 is smaller than the standard level of significance of 0.050.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Brand Ambassador dan Advertising terhadap keputusan Pembelian smartphone Xiaomi. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Mataram. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket/kuisioner dan online survey dengan menyebarkan kuisioner melalui google form yang berisi pernyataan tentang Brand Ambasssador, Advertising dan Keputusan Pembelian. Alat analisis data yang digunakan adalah Uji Hipotesis yaitu uji t dan uji f dengan menggunakan program SPSS 25 for windows. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikansi Brand Ambassador (X1) terhadap keputusan Pembelian(Y) dengan nilai thitung> ttabel (2,003 > 1,9847) dan tingkat signifikansi 0,048 lebih kecil dari taraf standar signifikansi 0,050. Dan pengaruh positif dan signifikansi Advertising (X2) terhadap keputusan Pembelian (Y) dengan nilai thitung> ttabel (2,054 > 1,9847) dan tingkat signifikansi 0,043 lebih kecil dari taraf standar signifikansi 0,050.


Keywords


brand ambassador; advertising; purchasing decision

References


Abdullah, M. Faisal. (2005). Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi Kedua, Cetakkan Kelima. Malang : Penerbitan Universitas Muhammadiyah.

Armstrong dan Philip Kotler. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT.Indeks Gramedia.

Doucett, Elisabeth. (2008). Creating Your Library Brand, Communicating Your Relevance and Value to Your Patrons. Chicago : American Library Association (E-books).

Fandy Tjiptono, Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta 2017.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

J. Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Cetakan Pertama, Penerbit Kencana. Jakarta.

Kotler dan Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Armstrong. 2008. Prinsipprinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller K Lane. 2012. 14 Edition. Marketing Management. New Jersey : Pearson Presentice Hall.

Lea-Greenwood, Gaynor. (2012). Fashion Marketing Communications E-book. Somerset, NJ, USA: Wiley.

Malhotra, N.K., 2009, Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta

Royan, Frans M. (2004). Marketing Selebrities “Selebriti Dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri”. Jakarta : Alex Media.

Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Riset, 1(1), 001–015.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Tambunan, L. T. (2019). Faktor Dominan Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Suatu Produk. 16(1), 35– 45.




DOI: https://doi.org/10.31764/jseit.v2i2.8349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bagus Sanjaya, M. Ilham muddin, Rus minah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism
http://journal.ummat.ac.id/index.php/jseit
Email: [email protected] || WA: +62 819-0691-8915
Universitas Muhammadiyah Mataram
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115, Indonesia.