Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials

Nurfiati Nurfiati, Vera Mandailina, Mahsup Mahsup, Syaharuddin Syaharuddin, Abdillah Abdillah, Eka Fitriani

Abstract


Abstract: The lowest average daily repeat score data is 65 and has not met the minimum completed criteria of 75. The Make a Match model is very helpful in creating an effective learning environment by utilizing the elements that exist in students. This learning model is a game in the form of question cards and answer cards. The purpose of the study was to determine the influence of the Make a Match learning model on students' math learning outcomes. The research design is quasi-experimental with post-test only. Sampling using random sampling method was taken as many as 2 classes as control class and experimental class. Hypothesis testing used t-test, calculation result obtained t-count of 1,688 while t-table value of 1,645, because t_hitung>t_(table) then H_O rejected and hypothesis received. It is concluded that there are differences in learning outcomes between the control class and the experimental class. It is recommended that teachers can continue to develop the Make a Match model.

 

Abstrak: Data nilai ulangan harian siswa rata-rata paling rendah yaitu 65 dan belum mencampai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Model Make a Match sangat membantu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dengan memanfaatkan unsur-unsur yang ada pada siswa. Model pembelajaran ini berupa permainan berbentuk kartu soal dan kartu jawaban. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa. Rancangan penelitian adalah quasi eksperiment dengan post-test only. Pengambilan sampel menggunakan cara random sampling diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengujian hipotesis digunakan uji t, hasil perhitungan diperoleh t-hitung sebesar 1.688 sedangkan nilai t-tabel sebesar 1.645 karena  maka  ditolak dan hipotesis di terima. Disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperiment. Disarankan guru dapat terus mengembangkan model Make a Match.

Keywords


Learning Outcomes; Make A Match model.

Full Text:

Download (PDF)

References


Aini, B. O., Ayu, K. C., & Siswati, S. (2019). Pengembangan Game Puzzle Sebagai Edugame Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 74. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.768

Alawiyah, F. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Aspirasi, 8(1), 81–92.

Arta Diantoro, S. B., Mahsup, M., & Pramita, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP. Paedagoria | FKIP UMMat, 10(1), 01. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.811

Budi, M. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FKIP, 1–19.

Eka Fitriani, M. M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. JUSTEK : JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 1(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Hardini, A. T. A. (2020). Mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Menggunakan Model Make A Match. Publikasi Pendidikan, 10(2), 88. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.10712

Kabunggul, Y., Pramita, D., Mandailina, V., Abdillah, Mahsup, & Sirajuddin. (2020). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media …. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 3–6.

Mahsup, & Abdillah, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pada Materi Determinan. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 33. https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.643

Mahsup, & Anwar, Y. S. (2020). Development of structured modules to improve the mathematical understanding of the circle concept in class VIII Mataram 17 junior high school. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012074

Mahsup, M. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Memahami Kemampuan Verbal Dalam Membuat Model Matematika Program Linear. Jurnal Ulul Albab. https://doi.org/10.31764/jua.v22i2.594

Mahsup, M., & Anwar, Y. S. (2017). Sosialisasi Media Pita Bilangan Matematika Siswa Sekolah Dasar Desa Gelangsar Lombok Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.10

Mahsup, M., & Anwar, Y. S. (2018). Pengaruh Metode Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Ulul Albab. https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.584

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mahsup, M., Islahudin, I., & Anwar, Y. S. (2018). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Menentukan Volume Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.560

Mandailina, V., & Mahsup, M. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.717

Mandailina, V., Saddam, S., Ibrahim, M., & Syaharuddin, S. (2019). UTAUT: Analysis of Usage Level of Android Applications as Learning Media in Indonesian Educational Institutions. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 2(3), 16. https://doi.org/10.31764/ijeca.v2i3.2080

Mandalina, V., Syaharuddin, Firdaus, M., Abdillah, Pramita, D., & Negara, H. R. P. (2019). Math mobile learning app as an interactive multimedia learning mathematics. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10).

Maulandhiyani, W. T., Mulyana, E., & Azizah, D. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edusentris, 5(2), 114. https://doi.org/10.17509/edusentris.v5i2.298

Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612

Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.760

Sintayana Muhardini, Sukron Fujiaturrahman, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Sd Berbasis Buletin Board Display. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia.

Sukri, A., & Purwanti, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Brain Gym. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 50. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.778

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579

Yusup, A. A. (2017). Meningkatkan hasil belajar matematika. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 124–129.




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: