PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 3 SD

Diesta Aribawati, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa. PTK adalah jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SD Negeri Tegalrejo 01 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hal ini dilihat dari peningkatan kreativitas belajar pra siklus sebesar 41,38% meningkat menjadi 62,07% pada siklus I dan 89,65% pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar pra siklus menunjukkan ketuntasan belajar sebesar 37,93% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 65,52% dan 93,10% pada siklus II.

 

Abstract:  This study aims to improve the creativity and learning outcomes of science students. PTK is the type of research used in this study. The subjects of the study were the 3rd graders of SD Negeri Tegalrejo 01, which amounted to 29 students. Data collection techniques used are test techniques, observation, and documentation. Data analysis techniques used in the form of descriptive quantitative and qualitative. This is seen from the increase of pre-cycle learning creativity by 41.38% increased to 62.07% in the first cycle and 89.65% in cycle II. While for pre-cycle learning result show mastery learn equal to 37,93% then increase in cycle I become 65,52% and 93,10% in cycle II.

Keywords


Inkuiri Terbimbing, Kreativitas Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: