Supporting Media for Physics Practicum: The Process of Making and Using a Simple Ticker Timer
Abstract
Abstract: Writing this article aims to describe the process of making and using a simple ticker timer in physics practicum activities related to straight motion material. The ticker timer tool is included in one of the tools used in learning to make it easier for students to understand the straight motion material. The ticker timer tool developed is a modification of the ticket timer set using simple and easy-to-obtain materials. The process of making a ticket timer consists of three stages, namely 1). The preparation stage is in the form of tools, materials, and design of the tool model to be developed, 2). The manufacturing stage, and 3). The stage of use applied to measure the phenomenon of regular straight motion and regular change of straight motion. Based on the data obtained at the time of using the tool, it is known that the tool can work and be used to measure the time and speed of an object that is observed under certain conditions so that it can be used as a reference to the teacher in supporting the learning process in the classroom.
Abstrak: Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan dan penggunaan alat ticker timer sederhana dalam kegiatan praktikum fisika yang berkaitan dengan materi gerak lurus. Ticker timer termasuk dalam salah satu alat yang digunakan dalam pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami materi gerak lurus. Alat ticker timer yang dikembangkan merupakan modifikasi dari ticker timer menggunakan bahan yang sederhana dan mudah didapatkan. Proses pembuatan ticker timer terdiri dari tiga tahapan, yaitu 1). Tahap persiapan berupa alat, bahan, dan desain model alat yang akan dikembangkan, 2). Tahap pembuatan, dan 3). Tahap penggunaan yang diterapkan untuk mengukur fenomena gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Berdasarkan data yang diperoleh pada saat menggunakan alat diketahui bahwa alat dapat bekerja dan digunakan untuk mengukur waktu dan kecepatan suatu benda yang diamati pada kondisi tertentu sehingga dapat dijadikan sebagai acuan kepada guru dalam mendukung proses pembelajaran di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. (2017). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45-62
Fatimah, Z., Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(2).
Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Jawa Tengah: Universitas Jenderal Soedirman.
Firdaus, A. H. (2019). Pengembangan modul fisika berbantuan" Lectora Inspire 17" untuk menganalisis besaran pada gerak lurus bagi siswa Kelas X SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Kanginan, M. (2016). Fisika Untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.
Nastiti, R. (2019). Pengembangan media pembelajaran komik fisika SMA berbasis instagram dengan aplikasi comic life pada pokok bahasan gerak lurus. SKRIPSI Jurusan Fisika-Fakultas MIPA UM.
Nurhayati, E., Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2020). The Correlation of Digital Literation and STEM Integration to Improve Indonesian Students’ Skills in 21st Century. International Journal of Asian Education, 1(2), 73-80
Rizaldi, D. R., Makhrus, M., & Doyan, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Perubahan Konseptual Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 74-81.
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamal, J. (2020a). PhET: SIMULASI INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14.
Rizaldi, D. R., Harwati, K., Fatimah, Z., & Makhrus, M. (2020b). Pembuatan KIT Sederhana Rangkaian Listrik Dinamis Sebagai Produk Akhir Pada Mata Kuliah Praktikum IPA. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(2).
Rizaldi, D., Nurhayati, E., & Fatimah, Z. (2021a). The Effectiveness of Project-Based Learning with the Blended Learning System to Improve 21st Century Skills during the COVID-19 Pandemic. Jurnal Scientia, 9(2, Februar), 46-52.
Rizaldi, D. R., Doyan, A., Makhrus, M., Fatimah, Z., & Pineda, C. I. S. (2021). The Relationship Between Learning Style and Critical Thinking Skills in Learning Kinetic Theory of Gases. Journal of Science and Science Education, 2(2), 72-76.
Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran langsung berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46-55.
Serway, R. A & Jewett, J. J. (2010). Fisika untuk Sains dan Teknik Buku 1 Ed. 6. Jakarta: Salemba Teknik.
Sundari, T., Pursitasari, I. D., & Heliawati, L. (2017). Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum pada topik laju reaksi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1340-1347.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 2(2).
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v4i2.5997
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: