PENGARUH PEMANFAATAN ALAT PERAGA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NURUL IMAN NW KEMBANG KERANG LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
terhadap peningkatan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan model One-Group Pretest- Posttes Design. Teknik analisis data menggunakan pre test dan post test menggunakan rumus uji pengaruh atau uji t, sebelum data dianalisis menggunakan uji t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas.Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap analisis data dengan menggunakan uji t. Jika t hitung < t tabel maka perbedaan test tidak signifikan atau bisa dikatakan tidak memiliki pengaruh, sebaliknya jika
thitung > ttabel maka perbedaan tes signifikan atau bisa dikatakan memiliki pengaruh. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai thitung (6,11) lebih besar dari ttabel (2,04). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat
peraga alam terhadap peningkatan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 1995. Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.
Dirjen Dikdasmen, No.024/c/kep/R.1994
Dediknas. 2006. Kurikulum Pendidikan Dasar. Dirjen Dikdasmen: Jakarta.
Iskandar, Srini. 1997. Pendidikan IPA. Jakarta: Depdikbud
Julaiha, J., Islahudin, I., Sabaryati, J, (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbantukan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 3 Mataram. ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 3(2), 1-7
Khanafiah, Siti. 2005. Metode Eksperimen Fisika. Diktat Kuliah. Semarang: Jurusan Fisika FMIPA UNNES.
Nurkancana, dkk. 1991. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
_________. 1983. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sugiono 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & d. Bandung: CV Alfabeta.
________. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & d. Bandung: CV Alfabeta.
Suparno, Paul. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v3i2.1005
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: