EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA FISIKA MATERI GELOMBANG DAN OPTIK TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Linda Sekar Utami, N.W.S Darmayanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas pembelajaran multirepresentasi untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa Fisika materi Gelombang Optik Tahun Akademik 2018/2018. Desain
penelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design . Tenik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berbentuk esay. Teknik pengumpulan data dengan pretest dan posttes kemudian data dianalisis menggunsksn teknik Gain Standar. Nilai Gain Standar yang diperoleh adalah 0,69 berada pada kategori sedang. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode multirepresentasi dapat menigkatkan pemahaman konsep mahasiswa
Pendidikan fisika pada matakuliah gelombang optik tahun akademik 2018/2019.

Keywords


Metode multirepresentasi, pemahaman konsep.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrul., Ananda,R., & Rosnita. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Budiharti, R. 2011. Kemampuan Mahamahasiswa Prodi Fisika Dalam Mengembangkan Tes Essey Materi Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika,Volume 1(1) .

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

Harjanto,. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Koyan,W. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.

Nurkancana, W & Sunartana, P.P.N. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Osnal., Suhartoni., & Wahyudi, I. 2016. Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop Di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Pancaran, Vol. 5, No. 1, hal 67-82.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Santrock, J. W. 2008. Psikologi Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N & Ibrahim. 2014. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensido




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: