PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN 05 Twi Mentibar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Sampling Jenuh. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah kelas IV A dan IV B dengan jumlah peserta didik 52 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dua sampel untuk mengetahui perbedaan dari kedua kelas dan selanjutnya menggunakan rumus effect size untuk melihat seberapa besarapa besar pengaruh metode pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching dengan kelas yang menggunakan metode ceramah, jika dilihat dari hasil perhitungan terhadap hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan uji T dua sampel menunjukkan bahwa adalah 5,094 dan adalah 2,008, diperoleh yaitu maka diterima dan ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelas yang diberikan metode pembelajaran Quantum Teaching dengan metode ceramah; (2) metode pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar IPA Siswa dengan menggunakan rumus effect size dengan nilai 2,11; (3) terdapat pengaruh aktivitas siswa yang tinggi dengan menggunakan metode Quantum Teaching dengan menggunakan rumus perhitungan rata-rata persentase pertemuan pertama dan kedua didapat hasil 74,177.
Kata Kunci: model pembelajaran quantum teaching; hasil belajar IPA; materi energi dan perubahannya.
ABSTRACT
This study aims to examine the effect of the Quantum Teaching learning model on the science learning outcomes of fourth grade students at SDN 05 Twi Mentibar. The type of research used is quantitative research with experimental research methods. The research design used was a non-equivalent control group design. The technique used in sampling is Saturated Sampling. The sample to be taken in this study is class IV A and IV B with a total of 52 students. The data analysis technique used in this study is a two-sample t-test to determine the difference between the two classes and then use the effect size formula to see how much influence the learning method used is. The results of the study showed: (1) there is an influence between the class that uses the Quantum Teaching learning method and the class that uses the lecture method, when viewed from the results of the calculation of the learning outcomes of the experimental class using the two-sample T test, it shows that t_count is 5.094 and t_table is 2.008, obtained t_hitung>t_table is 5,094>2,008 then H_a is accepted and H_o is rejected, it means that there are differences in students' science learning outcomes between classes given the Quantum Teaching learning method and the lecture method; (2) the Quantum Teaching learning method has a high effect on students' science learning outcomes by using the effect size formula with a value of 2.11; (3) there is a high influence of student activity using the Quantum Teaching method by using the formula for calculating the average percentage of the first and second meetings, the results are 74,177.
Keywords: quantum teaching learning model; science learning outcomes; chapter energy and its form.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aswad, H. H. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Practice Rehearsal Pairs Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 104204 Sambirejo Timur.
Cahyaningrum, Dwi, Amaliyah., Yahya AD., Asyhari, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matemtika, 2(3), 372–379.
Deporter, B. (2010). Mempraktikkan Quantum Teaching Learning Diruang- Ruang Kelas. Kaifa.
Dewi, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sdn 003 Pelintung Kecamatan Medang Kampai. Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–10.
Hanafi, H. d. (2018). didikan, 5 (1) 1-10 Hanafi, H. d. . Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran. Deepublish.
Jayanti, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 283–295.
Mirandanda, A. (2019). Aktivitas pembelajaran disekolah dasar. PGRI Provinsi Kalbar.
Novanto Setya Yogi., Anitra Rien., & W. F. . (2020). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 205-211.
Nurul Hayati.,Rika Wahyuni., & N. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geomatris Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele Di Kelas VIII Mts Al-Fatah Singkawang. Jurnal Of Education Review And Research, 1(2), 68–79.
putri, E .A., Sari, P.M., Anitra, R.,&Sulastri, E. (2021). Pengaruh model pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar IPA siswa. Pedagogik: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 127–138.
Sa’ud, U. S. (2014). Inovasi Pendidikan. Alfabeta.
Safriadi, Darma, M. (2017). Pengaruh Metode el Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Dikelasxi Sman 3 Aceh Barat Daya.
Sahruddin, A. (2018). Meningkatkan Hasil IPA Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual (Film Projector) SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makasar.
Sohaimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sujana, A. (2014). Dasar-Dasar IPA dan Aplikasinya. UPI Press.
Tursinawati. (2013). nalisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran. Jurnal Pionir, 169–178.
Wijayanti, A. (2016). Pengaruh Metode Quantum Teaching Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil belajar Kelas III SD SE-GUGUS 2 Hasanudin. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 3.187-3.195.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: