EFEKTIVITAS TRACKER VIDEO ANALYSIS DALAM PRAKTIKUM FISIKA UNTUK MENENTUKAN PERCEPATAN GRAVITASI

Iryan Dwi Handayani, Fahrudin Ahmad, Diah Aryati P.L

Abstract


ABSTRAK

Fisika adalah ilmu dasar yang digunakan untuk membahas kejadian alam di sekitar kita. Fenomena buah yang jatuh selalu jatuh ke bawah merupakan salah satu kejadian karena adanya gravitasi bumi. Tarikan gravitasi bumi pada bulan dapat dipandang sebagai interaksi antara medan gravitasi bumi di lokasi bulan dengan masssa bulan. Pembelajaran di era pandemi seperti sekarang ini banyak dilakukan secara online, sehingga praktikum secara langsung baik di laboratorium ataupun tidak akan susah dilaksanakan. Saat ini terdapat software Tracker yang memungkinkan siswa untuk melakukan penelitian dalam hal kinematika secara komprehensif. Software ini melalui metode analisis video tentang kejadian kejadian alam terutama yang berhubungan dengan kelajuan, kecepatan, percepatan, gaya, medan gravitasi, konversi dan konservasi energi Dengan tracker video analysis bisa digunakan untuk alternatif penyelesaian masalah praktikum non laboratorium secara mandiri. Praktikum fisika ayunan sederhana direkam video, kemudian video yang dihasilkan di analisis dengan menggunakan Video tracker analysis.

Dengan panjang tali 83,7 cm dan dimasukkan dalam rumusan . Dengan mengubah-ubah panjang tali, maka diperoleh nilai rata-rata perceptan grafitasi adalah 9,98 m/s2. Setelah mendapatkan nilai gravitasi dari percobaan yang dilakukan mahasiswa, kemudian peneliti menganalisis efektivittas analisis menggunakan video tracker ini. Data diperoleh dengan menggunakan angket dan hasil yang diperoleh dari 30 sampel yang diambil dengan menggunakan 5 pertanyaan tentang keefektifan penggunaan video tracker analyisis, diperoleh 83,83%, sehingganpenggunan VTA ini efektif untuk proses perkuliahan terutama praktikum fisika.

 

Kata kunci: tracker video analysisis; gravitasi.

 

ABSTRACT

Physics is the basic science used to discuss natural events around us. The phenomenon of falling fruit always falling down is one of the events due to the earth's gravity. The gravitational pull of the earth on the moon can be viewed as the interaction between the earth's gravitational field at the location of the moon and the mass of the moon. Learning in the current pandemic era is mostly done online, so hands-on practicum either in the laboratory or in the laboratory will not be difficult to carry out. Currently there is Tracker software that allows students to conduct research in terms of kinematics comprehensively. This software uses video analysis methods about natural events, especially those related to speed, velocity, acceleration, force, gravitational field, energy conversion and conservation. With a video analysis tracker, it can be used as an alternative to solving non-laboratory practicum problems independently. The simple swing physics practicum is recorded on video, then the resulting video is analyzed using Video tracker analysis. With a rope length of 83.7 cm and put in the formula . By varying the length of the rope, the average value of the gravitational perception is 9.98 m/s2. After getting the gravity value from experiments conducted by students, the researchers then analyzed the effectiveness of the analysis using this video tracker. Data was obtained using a questionnaire and the results obtained from 30 samples were taken using 5 questions about the effectiveness of using video tracker analysis, obtained 83.83%, so that the use of VTA is effective for the lecture process, especially physics practicum.

 

Keywords: tracker video analysisis; gravitasi.


Keywords


tracker video analysisis; gravity.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2016). Besaran-Besaran Gerak. Fisika Dasar 1, 81–159.

Asrizal, A., Yohandri, Y., & Kamus, Z. (2018). Studi Hasil Pelatihan Analisis Video dan Tool Pemodelan Tracker pada Guru MGMP Fisika Kabupaten Agam. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 41. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/84

Gregorio, J. B. (2015). Using Video Analysis , Microcomputer-Based Laboratories ( MBL ’ s ) and Educational Simulations as Pedagogical Tools in Revolutionizing Inquiry Science Teaching and Learning. K‐12 STEM Education, 1(1), 43–64.

Hockicko, P., Krišt′ák, L., & Němec, M. (2015). Development of students’ conceptual thinking by means of video analysis and interactive simulations at technical universities. European Journal of Engineering Education, 40(2), 145–166. https://doi.org/10.1080/03043797.2014.941337

Muhammad Habibbulloh, 1) Madlazim. (2014). Penerapan metode analisis video software tracker dalam pembelajaran fisika konsep gerak jatuh bebas untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas x sman 1 sooko mojokerto. 4(1), 15–22.

Oktova, R. & S. (2013). Pemanfaatan Tracker Dalam Eksperimen Ayunan Bandul Teredam Untuk Penentuan Koefisien Viskositas Udara Dengan Hukum Landau-Lifshitz. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 5(1986), 43–59.

Raflesiana, V., Herlina, K., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Tracker Pada Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Interpretasi Grafik Siswa. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.30870/gravity.v5i1.5207

Ristiawan, A. (2018). Analisis Gerak Jatuh Bebas Dengan Metode Video Based Laboratory (Vbl) Menggunakan Software Tracker. Journal of Teaching and Learning Physics, 3(2), 26–30. https://doi.org/10.15575/jotalp.v3i2.6556

Sitorus, R., Dewi, T., Wungu, K., & Hendrajaya, L. (2016). Modul Praktikum Fisika Matematika : Mengukur Koefisien Gesekan pada Osilasi Teredam Bandul. Prosiding Skf 2016, 383–389.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: