PENGEMBANGAN MODUL MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Linda Juliarti, Sutrio Sutrio, Muhammad Taufik

Abstract


ABSTRAK

Beberapa faktor yang membuat pembelajaran fisika tidak maksimal yaitu peserta didik menganggap pelajaran fisika membosankan dan tidak menarik disebabkan proses pembelajaran masih terpaku pada guru, di mana peserta didik hanya mendengarkan dan menyelesaikan soal. Di samping itu juga, bahan ajar yang digunakan kurang menarik minat peserta didik untuk membaca sehingga peserta didik masih kurang memahami materi pembelajaran. Sementara itu, peserta didik berharap adanya bahan ajar yang menarik sebagai penunjang pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan modul momentum dan impuls berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampaun pemecahan masalah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research dan Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri atas tahap pendefinisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk modul momentum dan impuls berbasis problem based learning yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di mana kategorinya sangat baik dan memiliki nilai CVI sebesar 1. Hasil belajar peserta didik meningkat dengan skor N-gain sebesar 0,61 dengan kategori sedang sehingga penggunaan modul yang telah dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan kepraktisan modul dapat dilihat dari hasil angkt respon peserta didik dengan perolehan persentase rata-rata 82,03 yang dikategorikan sangat positif sehingga modul sangat prkaktis digunakan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul momentum dsn impuls berbasis problem based learning layak, efektif, dan praktis dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

 

Kata kunci: pengembangan; modul; momentum dan impul; problem based learning; pemecahan

       masalah

 

ABSTRACT

Some of the factors that make physics learning not optimal, namely students think physics lessons are boring and uninteresting because the lerning process is still fixated on the teacher, where students only listen and solve problems. In addition, the teaching materials used do not attract students interest in reading so that students still do not understand the learning material. Meanwhile, students expect interesting teaching materials to support learning. Therefore, this study aims to determine the feasibility, effectiveness, and practically of the momentum and impulse modules based on problem based learning to improve students problem solving abilities. The research method used is Research and  Development (R&D) using a 4D model consisting of stges: define, design, develop, and disseminate. The results show that the momentum dan impulse module products based on problem based learning that have been developed are suitable for use in learning where the category is very good and has a CVI value of 1. Student learning outcomes increase with N-gain score of 0,61 in the medium category so that the iuse of the module that has been developed is effectively used in learning. While the practically of the module can be seen from the results of the students responses with an average percentage gain of 82,03 which is categorized as very positive so that the module is very practical to use. Based on these result, it can be concluded that the momentum and impulse modules based on problem based learning are feasible, effective, and practical in improving students problem solving abilities.

 

Keywords: development; modules; momentum and impulse; problem based learning; problem solving


Keywords


development; modules; momentum and impulse; problem based learning; problem solving

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: