ANALISIS ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU TEKS SISWA “IPA UNTUK SD DAN MI KELAS IV”
Abstract
ABSTRAK
Riset ini merupakan penelitian yang mendeskripsikan tentang sajian Aspek Keterampilan Proses Sains dasar yang terdapat pada buku teks siswa IPA untuk Kelas IV SD yang digunakan pada SDN 1 Cempaga, Bangli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif (menghitung). Dalam penelitian ini, buku teks siswa IPA untuk Kelas IV SD yang digunakan sebagai bahan kajian dan sumber data objek penelitian. Instrument (rubric) yang digunakan dalam melakukan kajian pada buku ini, yaitu menggunakan system chek-list. Tujuan dilakukannya chek-list untuk memperoleh data yang valid dan jelas, berdasarkan aspek keterampilan proses sains dasar yang tertuang di dalam buku teks siswa IPA untuk Kelas IV SD. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengkaji study dokumentasi, dengan data berupa buku teks siswa IPA untuk Kelas IV SD. Data yang ditelaah pada objek penelitian, diberikan chek-list di setiap aspek keterampilan proses sains dasar yang tersaji pada buku teks. Data diolah, dengan menghitung persentase pada sajian buku yang telah memfasilitasi aspek keterampilan proses sains pada buku teks siswa IPA untuk Kelas IV SD. Dari hasil analisis, ditunjukan sebanyak 95,16% dengan kategori sangat memfasilitasi. Namun dari keseluruhan, aspek mengamati paling mendominasi sebanyak 287 kegiatan, dan yang paling sedikit adalah kegiatan menyimpulkan sebanyak 29 kegiatan. Secara keseluruhan, buku teks siswa IPA untuk Kelas IV SD sudah menyajikan dan memfasilitasi materi dan kegiatan aspek keterampilan proses sains dasar untuk siswa.
Kata kunci: analisis; keterampilan proses; buku IPA.
ABSTRACT
This research is a study that describes the presentation of the basic Science Process Skills Aspects contained in the science textbooks for fourth grade elementary students used at SDN 1 Cempaga, Bangli. This research is a descriptive study using a quantitative approach (counting). In this study, science textbooks for fourth grade elementary school students were used as study materials and data sources for the research object. The instrument (rubric) used in conducting the study in this book is a check-list system. The purpose of the check-list is to obtain valid and clear data, based on aspects of basic science process skills contained in science textbooks for fourth grade elementary school students. The data collection technique in this study examines the study documentation, with data in the form of science textbooks for students in the fourth grade of elementary school. The data analyzed on the object of research is given a check-list in every aspect of the basic science process skills presented in the textbook. The data is processed, by calculating the percentage in the presentation of books that have facilitated aspects of science process skills in science textbooks for fourth grade elementary school students. From the results of the analysis, it was shown that 95.16% were in the very facilitating category. However, from the overall aspect, observing the most dominated as many as 287 activities, and the least was concluding activities as many as 29 activities. Overall, the science textbooks for Grade IV Elementary School students have presented and facilitated materials and activities for the basic science process skills aspects for students.
Keywords: analysis; process skills; science books.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifa, F. N. (2021). PERAN GURU DALAM PEMULIHAN PENDIDIKAN PASCAPANDEMI DAN TANTANGANNYA.
Darmayanti., Wijaya., Sanjayanti., &, & Janawati. (2021). Analisis aspek keterampilan proses sains dasar pada buku teks ipa siswa sekolah dasar kelas vi. 7, 130–145.
Eliyana, E. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA BELAJAR IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU PADA SISWA KELAS V SDN 3 PANJEREJO DI MASA PANDEMI COVID-19. 2(2), 87–100.
F.N., L. R., & ., Setiono., S. (2020). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Ekosiste. 6, 8–39.
Fauziah, A. (2018). METODOLOGI PENELITIAN DESKRIPTIF KUANTITATIF. 2015.
Fauziyah Naviyati, D., & Sudibyo., E. (2022). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 10(1), 26–32.
Ghozali., I. (2017). PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. 04(01), 1–13.
Hafidz, J. (2018). KARAKTERISTIK KEBIJAKAN PENDIDIKAN TINGGI HUKUM INDO- NESIA BERDASARKAN PANCASILA DAN UNDANG - UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945. 1, 22–37. https://doi.org/10.22225/kw.12.1.420.22
Hilpan, M. (2014). Analisis ketersediaan keterampilan proses sains (kps) dalam buku sekolah elektronik (bse) fisika kelas xi pada konsep fluida.
Muhammedi. (2016). Perubahan kurikulum di indonesia : studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan islam yang ideal. 49–70.
Nurlaela, M. I. (2020). Mila Ismi Nurlaela, 2020 ANALISIS BUKU TEKS IPA JELAJAH SAINS SD KELAS IV DITINJAU DARI ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS. 27–35.
Pendidikan, B. S. K. dan A. (2022). Kebijakan Kurikulum.
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). INSTRUMEN PENELITIAN.
Suryana, C., Nurwahidah, I., & Hernawan, A. H. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. 6(4), 5877–5889.
Tim Pengembang SPMI Kementerian Riset, Teknologi, P. D. J. P. dan K. D. P. M. (2018). Standar Nasional Pendidikan Tinggi ( SN Dikti ).
Wahidmurni. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF. 1–16.
Yuliananingsih., & Rokhimawan, M. A. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PADA BUKU TEMATIK KELAS V TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA. 7(1), 81–89.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: