PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEFA (TEACHING FACTORY ) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
Abstract
ABSTRAK
Penelitian mengenai penerapan model pembelajaran Teaching Factory (TeFa) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika. Pembelajaran fisika di sekolah masih menggunakan metode konvensional yang cenderung berpusat pada guru. Pengelolaan KIT di sekolah yang kurang optimal juga menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi penelitian ini. Melalui penerapan model pembelajaran Teaching Factory ini, diharapkan pembelajaran fisika dapat lebih melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, juga dapat menjadi alternatif solusi untuk masalah rendahnya optimalisasi KIT yang ada di sekolah. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran fisika, juga dapat mencapai tujuan pembelajaran fisika yang meliputi hasil belajar meningkat baik pada Domain proses, Domain kreativitas dan Domain sikap. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-DKV sebanyak 31 siswa sebagai kelas Eksperimen dan X-DPIB sebagai kelas Kontrol sebanyak 30 siswa di salah satu SMK Negeri 1 Buer di kabupaten Sumbawa semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 . Peningkatan hasil belajar siswa pada domain pengetahuan/knowledge domain diketahui dengan menghitung skor pretes dan postes. Perolehan rata-rata N-gain Score untuk pengetahuan adalah sebesar 64,36 % dengan kategori Cukup Efektif. Sedangkan profil hasil belajar siswa pada domain proses sains/process of science domain dengan rata-rata IPK sebesar 77,26 % dengan kategori terampil, profil hasil belajar pada domain kreativitas/creativity domain dengan rata-rata IPK sebesar 81,44 % dengan kategori terampil, dan profil hasil belajar pada domain sikap/attitudinal domain dengan rata-rata IPK sebesar 81,67 % dengan kategori baik..
Kata kunci: materi energy dan perubahan; model pembelajaran Teaching Factory.
ABSTRACT
The research on the application of the Teaching Factory (TeFa) learning model in physics learning to improve student learning outcomes is motivated by the low student learning outcomes in physics subjects.Physics learning in schools still uses conventional methods that tend to be teacher-centered. The management of KIT in schools that is less than optimal is also one of the factors behind this research. Through the application of the Teaching Factory learning model, it is hoped that physics learning can involve students more actively in learning, and can also be an alternative solution to the problem of the low optimization of KIT in schools. So that in the end it can improve student learning outcomes in physics lessons, can also achieve physics learning goals which include increased learning outcomes both in the process domain, creativity domain and attitude domain. The research method used is a quasi-experimental method with a research design of One Group Pretest-Posttest Design.The subjects of this study were 31 students in class X-DKV as Experiment class and X-DPIB as control class as many as 30 students at one Buer State Vocational School in Sumbawa district in the odd semester of the 2022/2023 academic year. The increase in student learning outcomes in the knowledge domain is known by calculating the pretest and posttest scores. The average N-gain score for knowledge is 64.36% with the category of Quite Effective. While the profile of student learning outcomes in the domain of the process of science / process of science domain with an average GPA of 77.26% in the skilled category, the profile of learning outcomes in the domain of creativity / creativity domain with an average GPA of 81.44% in the skilled category , and the profile of learning outcomes in the attitude domain/attitudinal domain with an average GPA of 81.67 % with a good category.
Keywords: energy and change material; Teaching Factory learning model.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. (2004). IPA FISIKA. ESIS.
Adirmawan. (2022). Strategi Pengembangan Sekolah dengan Menerapkan Pembelajaran Berbasis Tefa (Teaching Factory) untuk Menghasilkan Project Dan Inovasi untuk Mewujudkan SMK Blud di SMKN 1 Buer Kabupaten Sumbawa. JUSTEK, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11795
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta.
Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.
Fatmaryanti, S. D. (dkk). (2017). Implementasi Model Pemebelajaran Guided Inquiri dengan Multi Representasi. Deepublish.
Fahmi, K. N. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Teaching Factory pada materi Redoks Terintegrasi Kompetensi Keahlian Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur. Journal of Educational Chemistry (JEC). https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.2.4433
Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference.
Hanisa Putri, D., Risdianto, E., & Hamdani, D. (2022). Pelatihan Penerapan Model Blended Learning Pada Pembelajaran Fisika Di SMAN 3 Bengkulu Utara. DIKDIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.58723/dikdimas.v1i1.9
Martawijaya, D. H. (2011). Model pembelajaran teaching factory untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mata pelajaran produktif. 229.
Muhitasari, R., & Purnami, A. S. (2022). Manajemen Pembelajaran Teaching Factory dalam Mewujudkan Jiwa Kewirausahaan pada Siswa. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 194–202. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i2.8206
Munaf, S. (2001). Evaluasi Pendidikan Fisika. Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.
Najwa, N., Gunawan, G., Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. https://doi.org/10.29303/jpft.v8ispecialissue.3420
Nurfitri, A., Tayubi, Y. R., Fisika, J. P., Pendidikan, F., & Pengetahuan, I. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif-Produktif Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma. 1(3), 1–11.
Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan Model Teaching Factory Di Sekolah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 467–483. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/447-454
Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi simulasi phet dan kit sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2505
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Pendidikan.
Rafiqah, R., Ikbal, M. S., & Budiarti, A. (2022). Analisis Intensitas Pemanfaatan Laboratorium dan Dampaknya terhadap Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4964
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.
Suluh, M., & Bitu, Y. S. (2022). IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DUA DIMENSI DI SMA KECAMATAN LOURA DAN KOTA TAMBOLAKA. Jurnal Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.24127/jpf.v10i1.4188
Umar, U., Hasratuddin, H., & Surya, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Think Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri 067248 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1884
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.11718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: