DESAIN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE REAL EXPERIMENTS DAN VIRTUAL EXPERIMENTS

Hikmawati Hikmawati, Kosim Kosim, Sutrio Sutrio

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan metode real experiments dan virtual experiments sebagai upaya meningkatkan kecakapan hidup siswa. Manfaat yang diharapkan adalah tersedianya perangkat pembelajaran fisika yang dapat dijadikan acuan oleh guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dengan metode real experiments dan virtual experiments. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas enam komponen yaitu: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Materi Pokok untuk Suhu dan Kalor, Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan saintifik, Media Pembelajaran (media tiga dimensi dan simulasi komputer), dan Tes Hasil Belajar yang diintegrasikan dengan kecakapan hidup. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap Design telah dilakukan perancangan prototype perangkat pembelajaran sehingga penelitian ini telah menghasilkan draf produk prototype perangkat pembelajaran fisika dengan metode real experiments dan virtual experiments. Tahap Design telah selesai dilakukan sehingga penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu tahap Develop dan Disseminate.

 

Kata kunci: desain pembelajaran; real; virtual; experiments.

 

ABSTRACT

This study aims to develop physics learning devices with methods of real experiments and virtual experiments as an effort to improve students' life skills. The expected benefit is the availability of physics learning devices that can be used as a reference by teachers in preparing learning tools with methods of real experiments and virtual experiments. The learning tool developed consists of six components: Syllabus, Learning Implementation Plan, Basic Material Book for Temperature and Heat, Student Worksheet based on a scientific approach, Learning Media (three dimensional media and computer simulation), and Learning Results Test integrated with Life Skill. The device development model used is the 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). In the design stage has been done designing prototype learning device so that this research has resulted draft product prototype device of physics learning with method of real experiments and virtual experiments. Stage Design has been completed so that the study of learning device development can be continued to the next stage of development and Disseminate stage.

 

Keywords: learning design; real; virtual; experiments.


Keywords


learning design; real; virtual; experiments.

Full Text:

PDF

References


Abdi , A. (2014). The Effect of Inquiry-based Learning Method on Students’ Academic Achievement in Science Course. Universal Journal of Educational Research, 2(1): 37-41.

Ajredini, F., Izairi, N., Zajkov, O. (2013). Real Experiments versus Phet Simulations for Better High-School Students’ Understanding of Electrostatic Charging. European Journal of Physics Education, 5(1), 59-70.

Anwar. (2006). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education): Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, A. Harjono, H. Sahidu, L. Herayanti. (2017). Virtual Laboratory Of Electricity Concept To Improve Prospective Physics Teachers’ Creativity. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 13(2). 102-111.

Hart, C., Mulhall, P., Berry, A., Loughran, J., Gunstone, R. (2000). What is the Purpose of this Experiment? Or Can Students Learn Something from Doing Experiments?. Journal Of Research In Science Teaching. 37(7). 655-675.

Hatika, R. G. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Animasi Komputer. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 12(2). 113-117.

Hikmawati, Rokhmat, J., Sutrio. (2015). Penyuluhan Pembuatan Media Tiga Dimensi Dan Penerapannya Melalui Model Siklus Belajar 5E Pada Guru-Guru Di MGMP Fisika Se-Lombok Barat. Laporan Pengabdian. Mataram: Universitas Mataram.

http://phet.colorado.edu/in/about

Ibrahim, M. (2003). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.

Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan: Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya: Unesa University Press.

Jufri, A. W. (2010). Belajar dan Pembelajaran Sains. Lombok Barat: Arga Puji Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA) Mata Pelajaran Fisika. Jakarta: Kemendikbud.

Mugambi, M. M. & Muthui, R. K. (2013). Influence Of Structural Context On Implementation Of Secondary School Life Skills Curriculum In Kajiado County, Kenya. International Journal of Education and Research. 1(3).

Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., and Wieman, C. (2006). PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics. THE PHYSICS TEACHER, 44. 4-59.

Prince, M. (2004). Does Active Learning Work? A Review of the Research. Journal of Engineering Education, 93(3), 223-231.

Puspendik. (2015). Laporan Hasil Ujian Nasional, http://118.98.234.50/lhun/daya_serap.aspx

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sahidu, C. (2013). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika (P3F). Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Penada Media.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, Melvyn I. Semmel..(1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in Teaching the Handicapped.

Tim BBE Depdiknas. (2012). Pola Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup. Surabaya: SIC.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Tüysüz, C. (2010). The Effect of the Virtual Laboratory on Students’ Achievement and Attitude in Chemistry. International Online Journal of Educational Sciences, 2010, 2(1), 37-53.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: