RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APPY PIE POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI SMA

Yuliyantika Yuliyantika, Alex Harijanto, Maryani Maryani

Abstract


ABSTRAK

Teknologi informasi yang semakin canggih berpengaruh pada dunia pendidikan dan pembelajaran di Indonesia. Perkembangan alat komunikasi yang banyak digunakan adalah smartphone. Media pembelajaran berbasis android merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang kompatibel dengan smartohone yang dapat digunakan oleh guru. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang dapat digunakan kapan saja dan dari mana saja, media pembekajaran berbasis android dapat dikemas secanggih mungkin. Dalam merancang media pembelajaran berbasis android harus mampunyai dasar- dasar programing (coding). Namun saat ini banyak sekali website yang menawarkan software untuk membuat media pembelajaran berbasis android tanpa coding, salah satunya appy pie. Tujuan penelitian ini untuk merancang media pembelajaran berbasis android menggunakan appy pie pokok bahasan gerak lurus siswa kelas XI SMA, dan respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode  MDLC (Multimedia Development Life Cycle) untuk merancang media pembelajaran. Hasil rancangan media pembelajaran dalam bentuk apk (aplikasi). Hasil penelitian respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android materi gerak lurus mendapatkan presentase rata- rata 81,5% dalam kategori sangat baik, dan hasil respon guru terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis android mendapatkan presentase 86% dalam kategori sangat baik.

 

Kata kunci: media pembelajaran; android; MDLC; gerak lurus.

 

ABSTRACT

Increasingly sophisticated information technology affects the world of education and learning in Indonesia. The development of communication tools that are widely used is smartphones. Android-based learning media is one type of learning media that is compatible with smartphones that can be used by teachers. To make it easier for students to understand material that can be used anytime and from anywhere, android-based learning media can be packaged as sophisticated as possible. In designing android-based learning media must have the basics of programming (coding). However, currently there are many websites that offer software to create android-based learning media without coding, one of which is appy pie. The purpose of this study was to design android-based learning media using appy pie on the subject of straight motion for class XI high school students, and student and teacher responses to android-based learning media. This research uses the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method to design learning media. The results of the learning media design in the form of apk (application). The results of student response research on android-based learning media for straight motion material get an average percentage of 81.5% in the very good category, and the results of the teacher's response to the use of android-based learning media get a percentage of 86% in the very good category.

 

Keywords: learning media; android; MDLC; straight motion


Keywords


learning media; android; MDLC; straight motion

Full Text:

PDF

References


Aini, Y. . (2019). Pemanfaatan media pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Anesia, R., B.S. Anggoro, dan I. G. (2018). Pengembangan media komik berbasis android pada pokok bahasan gerak lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 53–57.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Cahyono, A. (2019). Tip dan Trik Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android. In S. Arifin (Ed.), CV.Pustaka Mediaguru. CV.Pustaka Media Guru.

Chusni, M.M., R. Zakwandi., S. Ariandini., M.R. Aulia., M.F. Nurfauzan, dan T. A. A. (2018). Appy Pie Untuk Edukasi Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android. Media Akademi.

Driyani, D. (2018). Perancangan media pembelajaran sekolah dasar berbasis android menggunakan metode rekayasa perangkat lunak air terjun (waterfall). Jurnal String, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/string.v3i1.2725

Fauzi, A. . (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kubus dan Balok. Media Sains Indonesia.

Fitriah, D., dan M. U. M. (2019). Kesiapan guru dalam menghadapi tantangan pendidikan berbasis teknologi. Prosiding Seminar Nasional, 3 Mei 2019, 148–153.

Hadijah, S. (2018). Analisis respon siswa dan guru terhadap penggunaan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 176–183.

Iskandar, A., A. Sudirman., M. Safitri., O.K. Sulaiman., R.Ramadhani., D. Wahyuni., M.A. Kurniawan., N. Mardiana., Jamaludin, dan S. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK (p. 170). Yayasan Kita Menulis.

Ismayani, A. (2018). Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android Dengan Thunkable. PT Elex Media Komputindo.

Jalinus, N. dan A. (2016). Media dan Sumber Belajar. Kencana.

Kusairi, S. (2019). Analysis of Students Understanding of Motion in Straight Line Concepts : Modeling Instruction with Formative E-Assessment. International Journal of Instruction, 12(4), 353–364.

Lestari, A.I., A.J. Senjaya, dan D. I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan appy pie untuk melatih pemahaman konsep turunan fungsi aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1437

Naufal, E. M. (2021). Asiknya Pembelajaran Fisika dalam Jaringan di Tengah Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Fisika). UAD Press.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Universitas Islam Jakarta.

Rubianto, A. (2020). Pengembangan modul berbasis aplikasi android untuk mata kuliah ilmu bahan teknik pada prodi D3 teknik mesin universitas negeri malang. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 2(2), 124. https://doi.org/10.17977/um054v2i2p124-133

Rukayat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Deepublish.

Sutiyah, S. (2013). Upaya guru sejarah dalam menyiasati tuntutan pemanfaatan ict dalam pembelajaran di sma. Historical Studies Journal, 23(1), 114–125.

Suyadi, A. (2020). Teknologi Pembelajaran Jilid 1. CV Jejak (Jejak Publisher).

Taufan, M, dan L. N. (2022). Mobile learning terintegrasi appy pie desain dan kelayakannya untuk membantu proses pembelajaran geometri 3D di masa pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 124–132.

Yanti, N.S, dan Y. H. (2020). Analisis tingkat kelayakan aplikasi appy pie sebagai media pembelajaran. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 8(4), 114–120. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110256

Zainuddin., R.P. Sari, dan A. K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Fisika Konsep Gerak Lurus pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan. Jurnal Kulidawa, 2(1), 7–13.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.13880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: