PEMBUATAN MODEL E-MODUL PROBLEM SOLVING BERBASIS ANDROID PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA
Abstract
ABSTRAK
Salah satu materi fisika yang dianggap menantang oleh siswa adalah materi fluida statis. Hal ini berdasarkan hasil survei terhadap 100 siswa kelas XI dari tiga SMA di Padang. Paradigma pemecahan masalah mendorong siswa untuk menemukan solusinya sendiri dan merupakan model berbasis masalah. Studi ini merupakan studi pengembangan 4D, meskipun hanya mencakup tiga tahap pertama: mendefinisikan, mendesain, dan mengembangkan. Tiga validator, dua instruktur fisika, dan 28 siswa kelas XI SMA menjadi peserta penelitian. Meskipun item tersebut adalah model e-modul berbasis Android untuk penyelesaian masalah. Rumus Aiken V digunakan untuk mengolah data validitas, kepraktisan data penelitian yang merupakan data primer yang berasal dari ketelitian angka. Berdasarkan temuan pretest-posttest siswa dan pilihan skor interpretasi, data kemudian dinilai secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki nilai validitas 0,86 memenuhi kriteria sangat valid, nilai kepraktisan 86,45% dari guru, nilai kepraktisan sangat 88,4% dari siswa, dan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pretest dan posttest sebesar 82,14%, membuat e-modul efektif. Ditentukan bahwa model e-modul penyelesaian masalah fluida statis untuk siswa kelas XI SMA yang dibuat sangat valid, sangat berguna, dan efisien.
Kata kunci: e-modul; model problem solving; android; fluida statis; 4D models
ABSTRACT
One of the physics topics that students find challenging is static fluid material. This is based on survey findings from 100 students in class XI from three high schools in Padang. The problem-solving paradigm encourages pupils to find solutions on their own and is a problem-based model. This study is a 4D development study, although it only covers the first three stages: define, design, and develop. Three validators, two physics instructors, and 28 high school class XI students made up the research participants. Although the item is an Android-based e-module model for issue resolution. The Aiken V formula is used to process the practicality of the research data, which is primary data derived from the accuracy of the figures. Based on the findings of the students' pretest-posttest and a selection of interpretation scores, the data was then descriptively and qualitatively assessed. The study's findings showed that the developed product had a validity value of 0.86, meeting very valid criteria, a practicality value of 86.45% from teachers, a very practicality score of 88.4% from students, and an increase in the completeness of students' results between the pretest and posttest of 82.14%, making the e-module effective. It was determined that the static fluid problem-solving e-module model for high school class XI pupils that was created was extremely valid, extremely useful, and efficient.
Keywords: e-module; model problem solving; android; static fluid; 4D models
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aiken, L. R. (1985). Three Coefficient For Analyzing The Reliability And Validity Of Ratings. Eucational and Psychological Measurement, 45.
Al-idrus, S. Q. M. J. (2017). Aplikasi Android pada Pembelajaran Fisika: Sebuah Solusi Mutakhir Pembelajaran Fisika di Era Global. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2, 214. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16398
Angraena. (2021). Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika KEVALIDAN DAN RESPON E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS. 3(2), 158–171.
Annisa Fadhilah, Fatni Mufit, A. A. (2020). Lembar Analisis Validitas dan Praktikalitas Kerja siswa Berbasis Konflik Kognitif pada Materi gerak Lurus dan Gerak Parabola. Pillar of Physics Education, 13.
Arif, M., Festiyed, Desnita, & Dewi, W. S. . . (2019). Pembuatan bahan ajar berbasis android untuk pembelajaran fisika pada materi gelombang bunyi, gelombang cahaya dan alat optik di kelas XI SMA/MA. Pillar of Physics Education, 12(3), 457–464.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694
Faridatul Rofiqoh, I. Ketut Mahardika, Y. Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Disertai Media Monopoli Games Terintegrasi Pendeketan Problem Solving Pada pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember.
Kemendiknas. (2010). Panduan Pengembangan LKS Berbasis TIK. 1–22.
kesya Glory Sitompul, Sutarno, D. hamdani. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Melatih Kemampuan Berfikir Analisis Siswa pada Materi Gelombang Bunyi. DIKSAINS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2.
Novita Utami , Nurlaeli, M. H. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Kelas Iv Tema 6 Subtema 3 Di Sd Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal Raden Fatah, I(ll).
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Purwanto. (2009). Prinsip-Prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran.
Ramahanty. (2020). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN E-MODUL BERBASIS CTL DENGAN BUKU TEKS FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON GRAVITASI DAN USAHA ENERGI KELAS X SMAN 2 PADANG Nadia Ramadhanty 1) Desnita 2) Asrizal; 2) Yenni Darvina 2) 1). Physics Education, 13(3), 419–426.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen penelitian.
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia (Vol. 3, Issue 2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sulistyawatia, N., Budi, E., & Siswoyo, S. (2019). Pengembangan E-Modul Fisika Tegas (Tegangan, Regangan, Dan Modulus Young) Berbasis Android Dengan Pendekatan Inquiry Based Learning Pada Materi Elastisitas Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. VIII, SNF2019-PE-151–158. https://doi.org/10.21009/10.21009/03.snf2019.01.pe.19
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: