KOMPARASI KEMAMPUAN MENJAWAB PERTANYAAN SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN STAD

Andrian Andrian, Desnita Desnita

Abstract


ABSTRAK

Hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran adalah cara guru mengajar atau menyampaikan pelajaran dengan tujuan menarik perhatian siswa. Untuk menarik perhatian siswa, guru dituntut untuk mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi untuk mengaktifkan siswa dalam belajar. Kenyataan di lapangan, model pembelajaran yang digunakan guru masih secara konvensional, dimana pembelajaran berpusat pada guru yang membuat kemampuan menjawab pertanyaan siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan siswa. Solusi yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran NHT dan STAD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah randomize posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan nilai rata-rata pada kelas NHT 78 lebih tinggi dari kelas STAD 71,9. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,24 dan ttabel = 1,672. Pada penelitian ini thitung lebih besar dari ttabel yaitu (2,24 > 1,672). Oleh karena itu H1 diterima dan H0 ditolak artinya ada perbedaan peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan siswa kelas XI MIA SMAN 2 Koto XI Tarusan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dan STAD.

 

Kata kunci: kemampuan menjawab pertanyaan; NHT; STAD

 

ABSTRACT

Things that need to be considered in the learning process is the way the teacher teaches or delivers lessons with the aim of attracting students' attention. To attract students' attention, teachers are required to be able to choose and apply various learning methods to activate students in learning. The reality on the ground, the learning model used by teachers is still conventional, where teacher-centered learning makes students' ability to answer questions low. This study aims to determine differences in the increase in the ability to answer students' questions. The solution that can be done is to apply the NHT and STAD learning models. This type of research is experimental research. The research design used was a randomized posttest only control group design. The population of this research is class XI MIA students. The data analysis technique used is descriptive analysis, normality test, homogeneity test, and hypothesis testing at the 0.05 significance level. Based on the results of research data analysis, it was found that the average value in the NHT 78 class was higher than the STAD 71.9 class. The results of testing the hypothesis obtained tcount = 2.24 and ttable = 1.672. In this study, tcount is greater than ttable, namely (2.24 > 1.672). Therefore H1 is accepted and H0 is rejected, meaning that there is a difference in the increase in the ability to answer questions of class XI MIA students at SMAN 2 Koto XI Tarusan using the NHT and STAD learning models.

 

Keywords: ability to answer questions; NHT; STAD


Keywords


ability to answer questions; NHT; STAD

Full Text:

PDF

References


Abadiyah, Rifdah. 2016. “Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Bank Di Surabaya.” JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan) 2(1): 49–66.

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Astuti, Siwi Puji. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5(1): 68–75.

Desnita. 2015a. “Kurikulum Tersembunyi Lingkungan Di Dalam Materi Energi Terbarukan Untuk Fisika SMA.” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika: 7–12.

———. 2015b. “Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Dilengkapi Dengan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMANo Title.” . Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal).

Elizabeth, Hurlock. 2001. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Etin. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Festiawan, Rifqi. 2020. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” Universitas Jenderal Soedirman: 1–17.

Fisika, Jurnal Pendidikan. 2017. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SPOTLIGHT TERHADAP KEMAMPUAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA MATA PELAJARAN FISIKA.” 5(1): 14–18.

Haniah, Nisrina. 2013. “Uji Normalitas Dengan Metode Liliefors.” Statistika Pendidikan (1): 1–17.

Harlyana, ledhyane ika. 2012. “Paparan Uji Hipotesis Statistik.” University of Brawijaya (Mam 4137): 1–12.

Hum. 2021. “POPULASI DAN TEKNIK SAMPEL ( Fenomena Pernikahan Dibawah Umur Masyarakat 5 . 0 Di Kota / Kabupaten X ) MAKALAH Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Hukum Dosen Pengampu : HINDUN UMIYATI PROGRAM PASCASARJANA JURUSAN DIRASAH ISLA.” 19(June): 1–25.

Lenaini, Ika. 2021. “Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling.” Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah 6(1): 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D.

Matondang, Zulkifli. 2009. “Pengujian Homogenitas Varians Data.” Taburlaasa PPS UNIMED 22(1): 1–12.

richard oliver ( dalam Zeithml., dkk 2018 ). 2021. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: 2013–15.

Rifai, Moh. 2016. “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Stad Pada Pembelajaran Ips Siswa Kelas Iv Min Manisrejo Kota Madiun.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 4(02): 156–69.

Santoso, Drajat. 2021. “Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri.” Repository.Radenfatah.Ac.Id (Mi): 1–72.

Septian, Ari, Deby Agustina, and Destysa Maghfirah. 2020. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika.” Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 2(2): 10.

Slavin. 2005. ..Cooperative Learning Teori, Riset, Dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sri Fatoyah, Akhmad Nayazik, and Arie Wahyuni. 2020. “Studi Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Dan Student Teams Achievement Division (Stad).” Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 4(1): 50–55.

Utami, Sri. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa.” Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34720.

Wina, Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Yanti, Wahid Andri, and Siti Sriyati. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Kemampuan Siswa Mengajukan Pertanyaan Pada Tema Pemanasan Global.” Edusains 9(1): 24–33.

Zulherman, Desnita, dan Erfan Handoko. 2015. “Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Fisika SMA Kelas XI Semeter II Pada Materi Fluida Dinamis.” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015. Vol IV. p-ISSN: 2339-0654. e-ISSN: 2476-9398: 191.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: