STUDI LITERATUR: PENGARUH PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Noorhalida Noorhalida, Hadma Yuliani, Santiani Santiani

Abstract


ABSTRAK

Studi literatur dari berbagai sumber terkait pengaruh model pembelajaran fisika SMA menemukan bahwa Project Based Learning banyak digunakan terutama dalam peningkatan kemampuan siswa. Penggunaan model Project Based Learning dalam pembelajaran terkhusus pada SMA saat ini jarang di terapkan sekolah padahal penggunaan model ini sangat berguna dalam pembelajaran, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasi kelebihan dan kekurangan dari Project Based Learning dalam pembelajaran fisika agar sekolah banyak dalam menerapkannya. Studi ini dirancang dan dilakukan dalam tinjauan jurnal nasional yang akurat dan terindeks Sinta dalam jangkauan 5 tahun terakhir. Kriteria jurnal yang digunakan ialah mencakup hasil singnifikan yang tinggi, professional, dan terakreditasi. Berdasarkan hasil kajian pustaka, kelebihan pengaruh Project Based Learning pada pembelajaran fisika terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dan kekurangan Project Based Learning pada pembelajaran fisika yaitu alokasi waktu yang terlalu lama ketika diterapkan. Diharapkan dengan adanya penelitian ini membuat banyak peneliti menggunakan model Project Based Learning dalam pembelajaran dengan meninjau kelebihan dan kekurangan yang ada sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dengan model Project Based Learning yang diterapkan.

 

Kata kunci: pengaruh; model pembelajaran; project based learning; pembelajaran fisika

 

ABSTRACT

Literature studies from various sources related to the influence of the high school physics learning model found that Project-Based Learning is widely used, especially in improving students' abilities. The use of the Project Based Learning model in learning, especially in high school, is currently rarely applied to schools even though the use of this model is very useful in learning, therefore this study aims to compare the advantages and disadvantages of Project Based Learning in spectacle learning so that many schools apply it. This study was designed and carried out in reflection of the accurate and indexed national journal Sinta within the last 5 years. The journal criteria used include high significant results, professionalism, and accreditation. Based on the literature review, the excess influence of Project-Based Learning on physics learning increased students' creative thinking abilities and the disadvantages of Project-Based Learning on physics learning were the time allocation that was too long when applied. It is hoped that this research will make many researchers use the Project Based Learning model in learning by reviewing the strengths and weaknesses that exist so that they can improve students' abilities with the Project Based Learning model applied.

 

Keywords: influence; learning model; project based learning; physics learning


Keywords


influence; learning model; project based learning; physics learning

Full Text:

PDF

References


Agus Susanta, E. S. R. (2020). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 61. https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2219

Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 12(2), 51–57. https://ranahresearch.com.

Amalia, L. N., Saefan, J., & SIswanto, J. (2019). Keefektifan model Project Based Learning (Pjbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Kstarian 2 Semarang Pada Materi Usaha dan Energi. Prosisding Seminar Nasional. http://conference.upgris.ac.id/index.php/lpf/article/download/626/374

Astutik, F. I., Nur, M., & Prastowo, T. (2020). Perangkat Pembelajaran Fisika Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains SMA. Fikrotuna, 10(02), 1338–1347. https://doi.org/10.32806/jf.v10i02.3791

Aulia, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 284–290.

Dinantika, H. K., Suyanto, E., & Nyeneng, I. D. P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 73–80. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.473

Fajrina, R. N. A. A., Handayanto, S. K., & Hidayat, A. (2018). Peran model project based learning dalam kemampuan berpikir kreatif kelas XI IPA melalui materi fluida statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 291–295. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10625/5202

Ferawati Artauli Hasibuan, & Tetti Hasibuan. (2023). Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kreativitas Dan Inovatif Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sibolga. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 84–93. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.90

Fitri, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Penilaian Portofolio pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 1–8. http://www.jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/1043

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Prambanan. Diss. Universitas Ahmad Dahlan, 1–18. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15846

Hindriyanto, R. A., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1092. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12682

Isna, R. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) dan Analogi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Materi Hukum Gravitasi …. 09(10). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/70027/Pengembangan-Modul-Fisika-Berbasis-Problem-Based-Learning-PBL-dan-Analogi-untuk-Meningkatkan-Kemampuan-Literasi-Sains-pada-Materi-Hukum-Gravitasi-Newton-Kelas-X-SMA%0Ahttps://digilib.uns.ac.id/dokumen/downloa

Isrok’atun, & Amelia, R. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. 1–23.

Jatmiko, M. A., Hatibe, A., & Darsikin, D. (2021). Pengaruh Keterampilan Proses Sains dengan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA. Media Eksakta, 17(1), 24–27. https://doi.org/10.22487/me.v17i1.815

Kamariah, Muhlis, & Ramdani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 210–215. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2925.

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955

Khoiriyah, R. M. H., Sudarti, S., Nuraini, L., & Rozak, A. (2023). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEORI KINETIK GAS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI SMAN 5 JEMBER. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i1.36283.

Kristanti, Y. D., Subiki, S., & Handayani, R. D. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma 1). Jurnal Pembelajaran FIsika, 5(2), 122–128. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3958/3086

Makrufi, A., Hidayat, A., & Muhardjito, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pokok Bahasan Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7), 878–881. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11291/5386

Maulana, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika Siapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 39–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.678

Maysyaroh, S., & Dwikoranto, D. (2021). Kajian Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 44. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4433

Monika, Y., Mayub, A., & Purwanto, A. (2018). Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Model Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 25–30. https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.25-30

Nawahdani, A. M., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Melisa, D. (2021). Analisis Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains Departemen Pendidikan Matematika Dan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Wiralodra, 348–354. https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/185%0Ahttps://prosiding.biounwir.ac.id/article/download/185/144

Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(2), 42–51. https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403

Nusa, J. G. N., Lumentah, L., & Mambu, M. C. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 AIRMADIDI. SOSCIED, 5(2), 312–215. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v5i2.581.

Permata, M. D., Koto, I., & Sakti, I. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.30-39

Plucker, J. A., Beghetto, R. A., & Dow, G. T. (2004). Why isn’t creativity more important to educational psychologists? Potentials, pitfalls, and future directions in creativity research. Educational Psychologist, 39(2), 83–96. https://doi.org/10.1207/s15326985ep3902_1

Pramudita Sari, W., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan, 3(6), 751–757. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11155.

Puspitasari, L., Astuti, B., & Masturi, M. (2020). Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa pada Konsep Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Physics Education Research Journal, 2(2), 69. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.4959

Rahayu, H., Purwanto, J., Hasanah, D., Studi, P., Fisika, P., Studi, P., Fisika, P., Sarjanawiyata, U., & Yogyakarta, T. (2010). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT. 21–28. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/1384.

Rahayu, S., Nurhayati B, N. B., & Idris, I. S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA/MA. Biology Teaching and Learning, 4(2), 26–39. https://doi.org/10.35580/btl.v4i2.25888

Rante Datu, H., Qadar, R., & M. Junus. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 138–144. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.231

Roziqin, M. K., Lesmono, A. D., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Minat Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Fisika Di Sman Balung. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 108. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7232

Sahida, D. (2021). … Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Fisika Di Kelas X …. Edu Research, 2(4), 71–78. https://doi.org/10.47827/jer.v2i4.62.

Salman, L., Suleman, N., & Kilo, A. La. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang Disertai dengan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPHP SMK Negeri 2 …. Jambura Journal of Educational, 12, 193–200. https://www.neliti.com/publications/277432/pengaruh-model-pembelajaran-project-based-learning-pjbl-yang-disertai-dengan-pet

Sari, N. A., Yulianto, Y., & Yuliani, H. (2021). Studi Literatur Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Pembelajaran Fisika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 18. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2791

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. https://doi.org/10.24127/jpf.v11i1.5474.

Sofianto, E. W. N., & Irawati, R. K. (2020). Upaya Meremediasi Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 107–120. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2188

Sonia, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 14. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2437

Sternberg, R. J., & Lubart, T. I. (2014). The Concept of Creativity: Prospects and Paradigms. Handbook of Creativity, 3–15. https://doi.org/10.1017/cbo9780511807916.003

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292

Umamah, C., & Andi, H. J. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Fisika Terapan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(1), 70. https://doi.org/10.26877/jp2f.v10i1.3507

Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–19. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Wahyudi, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis Danlistrik Dinamis Siswa Kelas X Rpl 1 Smk N I Dlanggu.Kab. Mojokerto Tapel 2018/2019. Journal of Education Action Research, 5(1). https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31997

Wahyuningsih, E. T., Purwanto, A., & Medriati, R. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Project Based Learning Di Kelas Xi Mipa Sman 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.77-84

Wahyuningtyas, N. I. (2021). Pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X. SKRIPSI Mahasiswa UM. http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/69992.html

Widiarini, P., Pramadi, I. P. W. Y., & Mardana, I. B. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantu Lab Virtual Terhadap Kreativitas Mahasiswa. Orbita, 7(1), 25–29.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.15688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: