PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEROLEHAN KONSEP BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA MAN 1 MATARAM

Hidayatul Aini, Sutrio Sutrio, Aris Doyan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran perolehan konsep berbasis masalah  terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep fisika peserta didik  kelas XI MIA MAN 1 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 sebanyak 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebanyak 38 peserta didik sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran perolehan konsep berbasis masalah sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Tes uraian digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik berjumlah 5 butir soal dan tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep fisika peserta didik sebanyak 10 butir soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukarannya. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji MANOVA. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00. Taraf signifikan yang digunakan ialah 0,05 maka dapat dikatakan 0,00 < 0,05 yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran perolehan konsep berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI MIA MAN1 Mataram.

 

Kata kunci: model pembelajaran perolehan konsep berbasis masalah; kemampuan pemecahan masalah; pemahaman konsep.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of the learning model of problem-based concept acquisition on problem solving abilities and understanding of physics concepts of students of class XI MIA MAN 1 Mataram. This research is a quasi-experimental with a non-equivalent control group design. The subjects of this study were 37 XI MIA 1 students as experimental class and 38 MIA 2 XI students as control class. The experimental class given treatment problem-based concept learning model while the control class given treatment conventional learning. Description test is used to measure the students 'physical problem-solving abilities totaling 5 items and multiple choice tests to measure students' understanding of physics concepts by 10 items that have been tested for validity, reliability, distinguishing power and degree of difficulty. The research hypothesis was tested using the MANOVA test. The results of the hypothesis test showed a significance value of 0.00. Significant level used is 0.05, it can be said to be 0.00 <0.05, which means that H0 is rejected and Ha accepted, so can be concluded that there are significant acquisition of concept-based learning model on problem solving skills and understanding of physics concepts of students of class XI MIA MAN 1 Mataram.

 

Keywords: concept attainment learning model of problem based; problem solving abilities; understanding concept


Keywords


concept attainment learning model of problem based; problem solving abilities; understanding concept

Full Text:

PDF

References


Eggen, P., & Kauchak, D. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks.

Fadilah, S., & Suyono, S. (2016). Meremediasi Miskonsepsi Siswa Berbasis Gaya Belajar Dimensi Pemahaman Pada Konsep Ikatan Kimia Menggunakan Concept Attainment. Unesa Journal of Chemical Education (ISSN. 2252-9454). 5(9). 464-473.

Hastuti, P., Sahidu, C., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(3).

Herayanti, L., & Habibi, H. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1).

Huda, N., Sadiman, S., & Daryanto, J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Berbantuan Film Dokumenter Penjajahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perjuangan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 4(1).

Kariadinata, R., & Abdurahman, M. (2015). Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung : Cv Pustaka Setia.

Legat, E. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA. Jurnal Riset Fisika dan Edukasi Sains. 5(1).

Listiawati, W., Gunawan, G., Sutrio, S. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pujut Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1).

Maulidi, R., Muhardjito, M., & Zulaikha, S. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Siswa Kelas X SMA. Jurnal Fisika Indonesia. 18(54).

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo:Nizamia Learning Center.

Putri, P. D. 2017. Model Pembelajaran Concept Attainment dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan. 15(1).

Rahmi, F., & Harahap, B. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dengan Menggunakan Peta Pikiran Sebagai Upaya Mengurangi Miskonsepsi Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajajaran Fisika. 1(2).

Riana, R., Kartinawati, K., & Suhito,S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 11 Semarang Melalui Model Group Investigation Berbantuan Colour Ball. Jurnal Prisma. 2(1).

Riduwan. (2018). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Risdawati, R., Mustami, K., & Hamansah, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa di Kelas XI IPA SMAN 11 Bulukumba. Jurnal Biotek. 5(2).

Rusnayati, H., & Prima, E. C. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas pada Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta: 332.

Sahara, L. (2015). Penerapan Model Concept Teaching Pendekatan Concept Attainment Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Fisika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 5 Kendari Pada Materi Pokok Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(2).

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sa’diyah, H., Indrawati, I., & Handayani, R.D. (2015). Model Pembelajaran Concept Attainment Disertai Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA-FISIKA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(3).224 – 229.

Trihono, T. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Kemampuan Kerja Kelompok melalui Penerapan Konstruktivisme pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Playen Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika UAD. 2(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.1629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: